Tingkatkan Kemampuan Personalisasi UKM Indonesia, HP Gelar Workshop Inspiratif

TEKNOLOGI | 14 November 2019 08:12 Reporter : Zaki

Merdeka.com - Pada tanggal 6 November, HP Inc. Indonesia menyelenggarakan workshop untuk meningkatkan pengetahuan pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) tentang pentingnya personalisasi dan kustomisasi brand. Workshop tersebut dihadiri oleh 35 pemilik UKM dari beragam industri seperti makanan dan minuman, party planning, dan beberapa industri kerajinan tangan. Para peserta tertarik untuk memahami penggunaan produk dan layanan inovatif yang dapat membantu mengembangkan bisnis mereka secara efektif.

“HP senantiasa berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan para pemilik UKM dan mendukung meningkatkan bisnis mereka melalui teknologi dan inovasi. Selain aktivitas on-ground, kami mengembangkan HP for Business, sebuah platform online untuk membantu pemilik usaha mendapat dan berbagi pengetahuan serta memiliki akses terhadap inovasi PC dan printer kami. Sebagai mitra terpercaya dan dapat diandalkan, kami senantiasa mendengarkan dan memenuhi kebutuhan pelanggan kami sekaligus memberikan solusi khusus untuk memberdayakan bisnis dengan inovasi yang mudah diintegrasikan dengan pekerjaan, kehidupan pribadi, dan aktivitas di waktu senggang pelanggan kami,” ujar Chief Operating Officer HP Inc. Indonesia Hendry Widjaja.

©2019 Merdeka.com

Workshop pertama yang diadakan pada Juni lalu diminati pemilik usaha yang mencari platform untuk mempelajari keterampilan baru, berbagi ide dan pengalaman dengan pemilik usaha lainnya. Berbekal kesuksesan workshop pertama tersebut, HP kembali mengadakan kegiatan serupa di Bintaro guna menjangkau lebih banyak pemilik UKM yang berada di luar ibu kota.

Acara tersebut membuat pemilik usaha yang hadir dapat belajar tentang pentingnya menggunakan inovasi yang tepat dan tinta serta toner asli HP untuk meningkatkan brand value mereka. Askar Moniaga, Brand Expert dan pendiri Kokken, yang merupakan platform kreatif untuk komunitas UKM, dan Wynda Mardio, pendiri dan pemilik Cupcake Company dan co-owner Steak Hotel by Holycow, berbagi pengalaman dalam mengembangkan bisnis mereka melalui kreativitas dan produk-produk berkualitas tinggi.

“Pemilik usaha dituntut memiliki produk atau pun jasa yang lebih unggul dibanding kompetitor dan mampu memberikan kesan mendalam kepada pelanggan. Kami dapat meningkatkan brand recall tersebut dengan menyesuaikan produk kami dan memberikan add-ons penuh makna seperti kartu ucapan terima kasih, serta mempersonalisasikan label dan kemasan luar dengan menggunakan printer HP,” ucap Askar.

©2019 Merdeka.com

Peserta merasakan secara langsung bagaimana personalisasi dengan menggunakan printer dapat meningkatkan kinerja usaha melalui kustomisasi dan hasil cetak berkualitas tinggi. Mereka diberikan tantangan untuk menciptakan sebuah produk lengkap dengan atribut pemasarannya termasuk label, stiker, kemasan, dan kartu ucapan, yang semuanya dicetak menggunakan HP Smart Tank 515 Wireless All-in-One. Untuk para pemilik UKM dan bisnis rumahan, kualitas hasil cetakan dari produk mereka sangatlah penting. Karena itu, HP juga mendemonstrasikan pentingnya menggunakan tinta dan toner asli HP. Tinta dan toner asli HP mampu memenuhi kebutuhan cetak para penggunanya dengan kualitas terbaik, efisien, dan andal.

©2019 Merdeka.com

“Sebagai pemilik usaha kuliner, saya harus bisa menghemat biaya tanpa mengorbankan kualitas. ‘Selalu memberikan yang terbaik’ adalah moto saya, dan untuk mewujudkannya saya harus mempunyai perangkat yang tepat dan pengetahuan untuk memanfaatkan inovasi terkini secara efektif. Saya yakin para pemilik UKM akan menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh dari workshop HP hari ini untuk meningkatkan kemampuan mereka demi pertumbuhan dan kesinambungan usaha mereka,” ujar Wynda.

©2019 Merdeka.com

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aktivitas selama workshop yang diselenggarakan HP untuk UKM tersebut, lihat Highlight-nya di HP Indonesia Instagram page.

(mdk/aki)