Tips Bersihkan Layar Laptop Dengan Noda Bandel, Jaminan Kinclong!

Tips Bersihkan Layar Laptop Dengan Noda Bandel, Jaminan Kinclong!
ilustrasi laptop. liputan6.com
TEKNOLOGI | 24 Januari 2021 10:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Setinggi apapun spesifikasi laptop, sememukau apapun ukuran, dan secanggih apapun fitur dan teknologinya, bagian layar dari laptop tak akan bisa bersih dengan sendirinya. Baik debu, serangga, maupun noda eksternal yang bisa datang dari bersin atau cipratan kopi Anda.

Jika mengamati metode yang direkomendasikan untuk membersihkan permukaan layar laptop, Anda pasti akan menemukan banyak cara dan peraturan yang sering bertentangan satu sama lain. Biasanya, Anda tidak boleh membersihkan layar dengan semprotan aerosol, pelarut, atau pengikis.

Peraturan lainnya adalah tidak boleh menggunakan apapun selain air hangat, jangan menyemprotkan cairan langsung pada layar, jangan menggunakan kain keras, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang merasa bingung, berikut ini kami tampilkan tips mudah untuk membersihkan layar laptop, sebagaimana dikutip dari Tech Radar via Tekno Liputan6.com.

1. Pakai Kain Mikrofiber

Ada baiknya Anda menggunakan kain mikrofiber--biasa digunakan untuk membersihkan kacamata dan lensa kamera. Kenapa? Karena kain ini tidak memiliki serat sehingga aman untuk membersihkan layar Anda tanpa meninggalkan bekas goresan.

Pastikan Anda memilih atau membeli kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk membersihkan kacamata atau lensa kamera.

Sebelum mulai membersihkan layar, matikan laptop terlebih dahulu supaya debu yang menempel di layar laptop mudah terlihat.

Usahakan untuk mengusap ke satu arah dan jangan menekan layar terlalu keras. Hindari mengusap layar dengan gerakkan melingkar, karena hal ini rentan membuat layar tergores.

2. Pakai Spon Lembap

Jika menggunakan kain mikrofiber layar laptop Anda masih belum bersih, alat lain yang dapat digunakan adalah spon lembab. Untuk hal ini, Anda membutuhkan cairan yang dibuat dengan mencampurkan air dan cuka putih. Atau Anda bisa beli cairan pembersih khusus yang dijual secara botolan.

Seperti cara pertama, pastikan Anda sudah mematikan laptop dan tidak terhubung ke stop kontak listrik. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda mencabut baterai dari laptop. Setelah itu, basahi spon dengan cairan tersebut dan peras hingga sampai tidak ada tetesan air yang keluar. Usap layar secara perlahan yang di area yang kotor dengan spon. Tunggu hingga layar benar-benar kering sebelum memakai laptop.

Sumber: Liputan6.com (mdk/idc)

Baca juga:
Cara Batasi Akses Aplikasi Android ke Data Pribadi Anda, Privasi Lebih Aman!
Cara Main Gim Menggunakan Kontroler Fisik di iPhone
Cara Hapus Riwayat Google Chrome Secara Otomatis
Cara Nonaktifkan Notifikasi Pengguna Baru Untuk Telegram dan Signal
10 Cara Perbaiki Notifikasi Instagram yang Mati di Android dan iPhone
4 Tips Hindari Penipuan Online Bermodus Menang Undian
Cara Unduh Data Dari Akun WhatsApp Anda

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami