Tips Proteksi Smartphone Agar Makin Aman

Tips Proteksi Smartphone Agar Makin Aman
TEKNOLOGI | 12 Desember 2019 18:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Smartphone adalah sesuatu yang harus dilindungi. Pasalnya, banyak sekali data pribadi dan informasi sensitif yang ada di dalamnya.

Hal ini jadi sangat penting. Karena saat ini celah sekecil apapun sudah bisa dimanfaatkan oleh hacker jahat atau si tangan jahil yang dapat memperjualbelikan data Anda tanpa Anda sadari.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi smartphone agar semakin aman, seperti yang dilansir dari Digital Unite via Tekno Liputan6.com.

1 dari 2 halaman

1. Back Up Data

Kalau selama ini kita melindungi smartphone dari orang lain dengan screen lock, bagaimana kalau smartphone ternyata berhasil dibobol dan data di dalamnya lenyap? Oleh karenanya, segera lakukan back up data dengan rutin ke internet, misalnya di iCloud (untuk iPhone) atau Dropbox dan OneDrive (untuk Android).

2. Memasang Kode File

Pernahkah kamu mencoba membuka file dengan password di dalamnya? Itu berarti file tersebut telah dienkripsi sehingga hanya yang punya passwordnya yang bisa membukanya. Kamu juga bisa lakukan itu pada filemu.

Banyak aplikasi yang menawarkan layanan enkripsi file, contohnya seperti AutoKrypt. Sebelum diback up, jangan lupa file di smartphone dienkripsi juga.

3. Proteksi Wifi dan Bluetooth

Ternyata, hacker bisa menyerang lewat konektivitas Wifi dan Bluetooth. Artinya, kamu harus selalu mengganti kode keamanan router wifi di rumah atau ponsel pintar (kalau sering dijadikan wifi hotspot). Matikan bluetooth jika tidak digunakan dan atur bluetooth ke mode non discoverable.

Segera tolak jika menerima pop up untuk menghubungkan dengan device lain (pair with a device) yang tidak Anda ketahui.

2 dari 2 halaman

4. Tingkatkan Keamanan Saat Browsing

Kamu harus hati-hati saat browsing apalagi jika sering login ke situs tertentu. Bisa-bisa akun di situs tersebut diretas karena browser menangkap history email dan password. Supaya aman, gunakan mode private di browser.

Pastikan juga kamu mengakses situs yang aman. Tanda situs yang aman adalah adanya logo yang menandakan kalau situs dienkripsi. Lihat juga apakah URL diawali dengan 'https', kalau ya, berarti tidak ada masalah.


5. Matikan Fitur Geotag

Pernahkah kamu melihat tulisan lokasi di foto yang kamu ambil? Itu tandanya, fitur geotag smartphonemu aktif. Sebisa mungkin, matikan saja fitur jika tidak terlalu diperlukan karena hal ini bisa jadi celah bagi peretas untuk mengetahui momen dimana kamu mengambil berbagai foto.

6. Instal Antivirus

Seberapa banyak dari kita yang menginstal antivirus di smartphone? Keberadaan antivirus sangat penting untuk melindungi data agar tidak rusak. Beberapa antivirus yang direkomendasikan ialah Kaspersky, Avast, Bitdefender dan lainnya.

7. Remote Wipe

Jika suatu saat smartphone kamu hilang, tercuri atau berpotensi diretas datanya, dan kamu lupa melakukan back up, kamu bisa melakukan remote wipe, yaitu menghapus seluruh data dari jauh tanpa harus menggunakan smartphone yang ingin dihapus datanya.

Biasanya, layanan ini berbayar, namun ada juga yang gratis seperti AVG Mobilation Free.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Athika Rahma (mdk/idc)

Baca juga:
Cara Periksa Follower Instagram Palsu, Mudah dan Sederhana
Cara Keluar Dari Grup WhatsApp Tanpa Notifikasi ke Pengguna Lain
Cara Mudah Backup Data di Android, Tak Perlu Memori Tambahan Lagi!
3 Pro Kontra Terkain Konsep Cashless, Setuju?
Balasan Twit Bisa Disembunyikan, Ini Caranya!
4 Cara Terbaik Mengecas Smartphone, Baterai dan Charger Tetap Sehat!
4 Cara Cek Kualitas Smartphone Bekas, Awas Salah Beli!

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami