Trafik Data Kondisi New Normal Akan Tetap Tinggi

Trafik Data Kondisi New Normal Akan Tetap Tinggi
Ilustrasi BTS. ©2015 Merdeka.com/fauzan
TEKNOLOGI | 30 Juni 2020 13:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kebutuhan akan akses internet diyakini masih tetap tinggi. Pasalnya, saat kondisi new normal, batasan-batasan sosial dan fisik masih tetap diberlakukan karena pandemi Covid-19 yang belum selesai.

Operator seluler Smartfren pun melihat, salah satu pemicu tingginya kebutuhan internet di masa transisi dan new normal adalah kegiatan belajar yang masih dilakukan secara online.

Tak hanya itu, kegiatan bisnis dan perkantoran yang sebelumnya dilakukan dari rumah kini boleh berjalan kembali walau masih ada sejumlah pembatasan.

VP Network Smartfren Munir Syahda Prabowo mengatakan, saat pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yakni saat aktivitas dilakukan di rumah, Smartfren melihat ada kenaikan trafik internet antara 15-20 persen.

Munir menyebut, trafik data saat new normal tetap tinggi dan tak ada perubahan signifikan dari masa PSBB.

"Untuk trafik data tidak ada perubahan drastis secara total volume pemakaian nasional, hanya saja sudah mulai terpantau adanya pergeseran okupansi dari sebelumnya padat di area pemukiman, saat ini mulai ada pergerakan di jalur transportasi komuter yang menuju inner city dan mulai adanya penggunaan di tempat publik, bisnis, atau perkantoran di dalam kota," kata Munir.

Baca Selanjutnya: Lebih lanjut guna memenuhi kebutuhan...

Halaman

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami