Tunggu Palapa Ring Timur, XL Bakal Lebih Agresif Ekspansi 4G

TEKNOLOGI | 4 Maret 2019 17:03 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Direktur Teknologi XL, Yessie D. Yosetya mengatakan fokus XL untuk pengembangan 4G saat ini masih dilakukan. Khususnya untuk di luar pulau Jawa. Seperti, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTT dan NTB.

"Jadi kita masih fokuskan ekspansi di luar Pulau Jawa. Untuk daerah yang ke wilayah timur sekali itu, masih menunggu Palapa Ring Timur," ungkapnya usai acara konferensi pers Pojok Pintar Sisternet di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Senin (4/3).

Dilanjutkannya, sampai akhir tahun 2018 kemarin, XL telah menjangkau sekitar 85 persen populasi di negeri ini yang sudah terselimuti jaringan 4G. Di tahun 2019, target tersebut akan semakin tinggi. Diklaim hampir akan memenuhi seluruh populasi.

"Jadi kita sampai akhir tahun harus 92 persen populasi tercover dengan 4G. Jadi kalau pas mudik mantengin 4G, harapannya setiap jalannya udah semua. Akhir tahun 2018 kemarin, sekitar 85 persen populasi sudah tercover 4G," terangnya.

Sekadar informasi, sejak Desember 2014, XL telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.

Baca juga:
Pojok Pintar Sisternet Ada di Kemkominfo
4G XL di NTT Jangkau 15 Kota
Harga Last Mile Palapa Ring Masih Jadi Isu
BAKTI Gandeng APJII dan APJATEL Manfaatkan Palapa Ring
Sistem Kabel Laut Penghubung Australia dan Asia Tenggara Siap Beroperasi
Kemkominfo sebut Bolt & First Media Selesaikan Lagi Refund 4.711 pelanggan
Deretan Plus Minus Soal Konektivitas 5G, Apakah Bisa Berbahaya?

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT