Twitter Tunda Pemberantasan Akun Nonaktif

TEKNOLOGI | 10 Desember 2019 16:34 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Beberapa waktu yang lalu, Twitter berjanji akan melakukan pembersihan terhadap akun-akun yang tak aktif, mulai 11 Desember. Namun, ujung-ujungnya hal ini tak jadi dilakukan.

Pasalnya, Twitter tidak mungkin begitu saja menghapus akun yang pemiliknya telah meninggal.

Bahkan, dalam cuitannya Twitter mengakui bahwa pihaknya kurang teliti dalam mengungkap rencana, di mana aspek akun tak aktif karena pemilik meninggal masih belum dipikirkan.

"Kami telah mendengar Anda tentang dampak (penghapusan akun tak aktif) pada akun yang telah meninggal," tulis Twitter di akun @TwitterSupport. "Ini adalah kelengahan kami," lanjutnya.

1 dari 1 halaman

Penghapusan akun yang telah meninggal tidak bisa dilakukan begitu saja. Pasalnya, ketika akun orang yang telah meninggal dihapus, nama akun tersebut jadi bebas dipakai dan rawan disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain itu tentu, ini adalah cara yang tidak mengenakkan untuk tiba-tiba menghilangkan jejak digital orang yang telah meninggal tanpa adanya bentuk memorial meski hanya sekadar di dunia maya.

Nah dengan alasan ini pula, akhirnya Twitter batal memberantas akun tak aktif.

"Kami tidak akan menghapus akun yang tidak aktif sampai kami mendapatkan cara baru bagi pengguna untuk mengabadikan akun (yang telah meninggal," tutup Twitter Support. (mdk/idc)

Baca juga:
Twitter Perbarui Kebijakan Privasi Data
Diretas, Cuitan Huawei Hina Apple
Jack Dorsey Sebut Dirinya Tak Pakai Google, Apakah Bisa?
Twitter Berantas Akun Tak Aktif Mulai Desember
Balasan Twit Bisa Disembunyikan, Ini Caranya!
Beberapa Aplikasi Gunakan Twitter dan Facebook Untuk Curi Data Pribadi
Twitter Akan Usung Perubahan Besar di 2020, Apa Saja?

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.