Udang raksasa di masa prasejarah ditemukan di Kutub Utara

TEKNOLOGI | 31 Maret 2014 10:08 Reporter : Alvin Nouval

Merdeka.com - Sebuah makhluk air prasejarah baru saja ditemukan di bawah laut Kambria, Greenland. Makhluk dengan nama Tamisiocaris borealis ini memiliki bentuk seperti udang dan diperkirakan jadi predator utama pada masanya.

Seperti yang dilansir oleh Livescience (26/3), makhluk itu diperkirakan telah berubah dari waktu ke waktu dengan cara evolusi. Hal ini dilakukan karena makhluk tersebut menyadari adanya sumber makanan baru yang selama ini belum disentuh di lautan.

Tamisiocaris borealis memiliki panjang sekitar 70cm dan terlihat seperti alien bagi kita. Hal ini dikarenakan bentuk serta warnanya yang asing jika dibandingkan dengan makhluk lain, bahkan udang yang jadi keturunannya di masa sekarang.

Tamisiocaris borealis sendiri pertama kali ditemukan di sedimen formasi Sirius Passet. Makhluk tersebut terkubur bersama beberapa organisme yang semuanya mati karena ledakan Kambria yang terjadi sekitar 540 juta hingga 493 juta tahun lalu ketika kehidupan kompleks di bumi mulai tumbuh.

Sebelum adanya masa itu, memang kehidupan di bumi hanya didominasi oleh mikrobakteria yang bergerombol seperti karpet. Hingga akhirnya mikrobakteria ini mampu membentuk eksoskeleton, menyatukan sendi, membentuk mata, dan mengembangkan antena. (mdk/nvl)

Benarkah Malaysia Airlines jatuh karena terbang terlalu tinggi?

Hidung manusia mampu deteksi 1 triliun aroma berbeda

Peneliti MIT klaim ciptakan makhluk hidup baru

Peneliti: Gunung berapi di Islandia akan segera meletus

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.