'Umur' Huawei Untuk Berbisnis Dengan Perusahaan AS Kembali Diperpanjang

TEKNOLOGI | 20 November 2019 12:50 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Masa bisnis Huawei dengan perusahaan Amerika Serikat kembali diperpanjang. Hal ini pasca administrasi Presiden Trump kembali mengeluarkan lisensi 90 hari untuk tetap berbisnis dengan AS.

Melansir Phone Arena yang mengutip Reuters, periode pembebasan bisnis 90 hari sebelumnya telah berakhir minggu ini, dan awalnya pemerintah AS akan memberi lisensi dengan periode yang lebih panjang yakni enam bulan.

Namun kebijakan ini berubah, dari enam bulan, berubah ke dua minggu saja, hingga akhirnya diputuskan 90 hari.

Kebijakan ini dianggap sebagai sesuatu yang sulit. Meski di satu sisi Huawei dianggap sebagai "mata-mata" yang mengancam keamanan siber pemerintah AS, Huawei adalah penyedia peralatan jaringan yang cakupannya luas di AS, terutama di daerah pedesaan negeri Paman Sam.

Di pelosok, instrumen jaringan dari Huawei diandalkan untuk memancarkan jaringan 3G dan 4G.

1 dari 1 halaman

Agar Desa Tetap Tercakup Internet

Menteri Perdagangan AS, Wilbur Ross, menyebut bahwa perpanjangan lisensi perdagangan Huawei ini dilakukan agar operator telekomunikasi tetap bisa melayani pelanggan di beberapa daerah terpencil di AS.

Layanan telekomunikasi di daerah tersebut dianggap sudah banyak masalah dan tertinggal. Angkat kakinya Huawei dari AS, akan membuat pedesaan AS makin tertinggal.

Departemen Perdagangan AS sendiri akan tetap memantau teknologi Huawei agar tidak ada kebocoran data atau penyalahgunaan yang dapat mengancam keamanan nasional.

Masih belum jelas apa solusinya jika Huawei benar-benar cabut dari Amerika Serikat. Bisa jadi pedesaan akan menggunakan instrumen jaringan buatan lokal yang harganya jauh lebih mahal dan menguras anggaran negara. (mdk/idc)

Baca juga:
Smartphone Huawei Dilarang Beredar di Taiwan, Mengapa?
Huawei Mate 30 Pro Resmi Rilis di Indonesia, Standar Baru Smartphone Flagship!
Huawei Siapkan Smartphone Lipat Pesaing Motorola Razr, Seperti Apa?
Huawei dan UCWeb Kerja Sama Kembangkan Ekosistem Digital
Huawei Mate 30 Pro Resmi Rilis di Indonesia, Ini Harganya!
Huawei Sebut Mereka Mampu Bertahan Tanpa Amerika Serikat
Huawei Klaim Penjualan Watch GT 2 Meningkat 200 Persen di Indonesia