Upaya Para YouTuber Mulia Tanam 20 Juta Pohon

TEKNOLOGI | 31 Oktober 2019 12:33 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Jika Anda sedang mengamati isu global Twitter saat ini, aplikasi mikroblog ini dipenuhi cuitan soal Elon Musk. Sang miliuner sedang ramai diperbincangkan karena menyumbang satu juta Dollar untuk menanam satu juta pohon.

Elon Musk menyumbangkan uangnya ini lewat program bernama TeamTrees. Ini adalah sebuah proyek yang digagas lewat kekuatan YouTuber. Tujuannya tentu, melawan dampak perubahan iklim. Mari kita bahas apa itu TeamTrees, dan berbagai hal positif yang ingin diraihnya.

1 dari 4 halaman

Apa itu TeamTrees?

TeamTrees adalah proyek yang diluncurkan oleh sekelompok kecil YouTuber papan atas, untuk mengumpulkan donasi dan disumbangkan langsung ke Arbor Day Foundation. Proyek ini bertujuan untuk mengumpulkan USD 20 Juta sampai akhir 2019 ini.

Tujuannya adalah menanam 20 juta pohon dari sekarang hingga akhir 2022 mendatang.

Ketika berita ini ditulis, diumumkan bahwa mereka telah mendapatkan lebih dari USD 8 juta, yang diproyeksikan untuk menanam 8 juta pohon. Diasumsikan satu buah bibit pohon dihargai satu dollar.

Pohon-pohon ini akan ditanam di seluruh penjuru Bumi, serta di Antartika.

2 dari 4 halaman

Di Balik TeamTrees

TeamTrees diprakarsai oleh Jimmy Donaldson, yang lebih dikenal di dunia YouTube dengan nama MrBeast. Ia adalah kreator video unik berupa kegiatan tak lazim, seperti membaca semua kata di kamus, menghitung dari satu sampai 100.000, dan menunggu cat sampai kering.

Dengan keunikannya, ia mampu mendapatkan 25 juta subscribers di platform ini.

Ia sendiri menerima saran soal apa yang dilakukan di angka subscribernya yang ke dua puluh juta. Akhirnya, para fans di Reddit mendorongnya untuk menanam pohon. Gagasan ini ramai diikuti oleh beberapa YouTuber lain seperti Veritasium, Smarter Everyday, Mark Rober, Linus Tech Tips, dan sebagainya, dan akhirnya TeamTrees lahir.

3 dari 4 halaman

Mengapa Objeknya Adalah Pohon?

Soal pohon, tentu hal ini didorong upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim, serta mereduksi jumlah karbon dioksida di atmosfer.

Melansir data dari Crowther Lab dari ETH-Zurich, Swiss, upaya reforestasi di 1,7 miliar hektar lahan tak terpakai, dapat menjebak 25 persen CO2 untuk tetap ada di lapisan atmosfer. Diperkirakan, butuh menanam 1 triliun pohon di lahan tak terpakai untuk mencapai ini.

Diestimasikan, 20 juta pohon dapat mengonsumsi 960 juta ton karbon dioksida. Angka ini 2,6 persen dari total emisi dunia yang tercatat tahun 2018 lalu.

Pohon sendiri, seperti semua tanaman lain, mengonsumsi karbon dioksida, cahaya matahari, dan juga air untuk memproduksi energi bagi mereka.

4 dari 4 halaman

Siapa yang Menyumbang?

Penyumbangnya tentu sangat banyak. Namun nama-nama besar yang ikut menyumbang dengan biaya yang juga besar adalah Elon Musk yang memberi USD 1 Juta. Selain itu, CEO twitter Jack Dorsey menyumbang USD 150.000, dan produser musik Alan Walker menyumbang USD 100.001.

MrBeast sendiri menyumbang dua kali dengan satu nama, yakni sejumlah USD 100.000 dan USD 100.002.

YouTube melalui akun Twitter resminya juga telah mengumumkan kalau mereka akan memberi "sejuta selanjutnya". (mdk/idc)

Baca juga:
Greta Thunberg Tolak Hadiah Uang dan Penghargaan Lingkungan Hidup
Spanduk Peduli Lingkungan Hiasi Patung Dirgantara di Pancoran
Perubahan Iklim, Ilmuwan Sebut 10 Kota ini Akan 'Hancur' Dalam 80 Tahun
Wapres JK Bahas Kekagumannya Pada Greta Thunberg di Pertemuan SDG's 2019
Begini Kondisi Pecahan Gunung Es di Antartika
Greta Thunberg Raih Penghargaan
Presiden Trump Ejek Aktivis Iklim Greta Thunberg di Twitter

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.