[Video] Jepang buat teknologi pengubah kulit jadi layar LED

[Video] Jepang buat teknologi pengubah kulit jadi layar LED
Kulit elektrik buatan ilmuwan Jepang. ©2016 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 20 April 2016 15:20 Reporter : Bramy Biantoro

Merdeka.com - Layar smartphone, TV, hingga monitor PC sudah jadi kawan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana bila selanjutnya layar ini menempel pada tubuh manusia?

Biohacker adalah usaha modifikasi tubuh manusia menggunakan teknologi agar jadi lebih unggul, salah satunya adalah bagian kulit. Di sektor ini, ilmuwan Jepang selangkah lebih maju di banding lainnya.

Ilmuwan dari Universitas Tokyo bernama Takao Someya bersama timnya telah berhasil mengembangkan sebuah kulit buatan yang dapat difungsikan sebagai layar LED. Kulit elektronik ini terbuat dari lapisan non-organik Silicon Oxynitrit dan lapisan organik bernama Parylene. Hasilnya didapatlah kulit buatan yang 13 kali lebih tipis dari satu helai rambut.

Gabungan bahan organik dan non-organik membuat kulit elektronik ini dapat tahan dipakai selama beberapa hari untuk saat ini. Konsumsi energi listrik untuk kulit elektronik ini juga dikalim 6 kali lebih rendah dari layar LED super tipis lain.

Tim tersebut berharap kedepannya mereka dapat memperpanjang umur kulit elektronik dan membuatnya lebih kompleks hingga dapat menampilkan banyak data penting tubuh. Beberapa contohnya adalah detak jantung dan tingkat oksigen dalam darah.

(mdk/bbo)


[Video] Spesies babi paling langka ternyata ada di Indonesia!
6 Penemuan yang membuat manusia masa depan makin malas!
Mengapa di Jepang banyak terjadi gempa?
Kisah gelap di balik istilah 'robot'
Program cerdas ilmuwan Israel coba ungkap penulis Alkitab

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini