Warganet Makin Sering Pakai Google saat Ramadan

TEKNOLOGI | 17 Mei 2019 14:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, mengungkapkan perubahan rutinitas saat bulan Ramadan membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu melalui ponsel. Hal ini terlihat dari peningkatan konsumsi sejumlah layanannya dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

"Di bulan Ramadan ini terjadi perubahan rutinitas, dan hal ini berdampak ke peningkatan konsumsi media. Di Google, pencarian, unduhan aplikasi, dan waktu menonton YouTube," kata Veronica dikutip dari Liputan6.com, Jumat (17/5).

Mengutip data internal Google dan App Annie, Veronica mengungkapkan terjadi peningkatan pencarian sebesar 40 persen selama Ramadan dibandingkan bulan-bulan berikutnya.

Ada empat kategori informasi yang banyak dicari selama Ramadan, yaitu informasi penunjang ibadah, makanan di bulan Ramadan, belanja, dan konten religius.

Empat kategori tersebut terdiri dari berbagai macam jenis pencarian, seperti jadwal puasa dan imsakiyah, arah kiblat, menu buka puasa, resep kue lebaran, pencarian informasi gadget dan perabot rumah, doa buka puasa, serta lagu Ramadan.

Selain itu, jumlah unduhan aplikasi di Play Store juga mengalami peningkatan 20 persen selama bulan Ramadan. Google sendiri selama Ramadan tahun ini berbagi rekomendasi berbagai aplikasi termasuk game, serta promo buku dan film.

Diungkapkan Veronica, waktu menonton YouTube juga mengalami peningkatan 40 persen dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Waktu menonton terlihat mengalami lonjakan tinggi pada pukul 10.00 - 14.00 WIB.

"Pengguna lebih banyak aktivitas dan lebih lama menonton selama sahur, siang, dan setelah buka puasa," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Google terus memperkuat layanannya dengan ber mbagai fitur. Untuk YouTube, katanya, terdapat tab "YouTube Creator on The Rise", yang bisa disaksikan selama Ramadan dan perjalanan mudik. Tab ini sendiri sebenarnya tidak hanya ada untuk Ramadan dan Idul Fitri saja.

YouTube Creator on The Rise ini berisi video-video dari YouTuber yanh tengah naik daun. Kehadiran berbagai macam video tersebut dinilai akan membuat momen Ramadan dan mudik semakin menyenangkan.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Andina Librianty

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT