WhatsApp Dikabarkan Kembangkan Fitur Baru Mirip Telegram, Apa Itu?

TEKNOLOGI | 27 November 2019 08:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - WhatsApp dikabarkan akan mengembangkan fitur baru. Fitur baru itu adalah hapus pesan yang otomatis terhapus usai dibaca. Fitur ini setidaknya serupa dengan Telegram. Dilaporkan WABetaInfo, fitur tersebut kini sedang diujicoba pengguna Android Beta versi 2.19.348.

Pengguna yang telah mendaftarkan diri untuk program Google Play Beta dapat mengunduh versi terbaru. Pengguna lain juga bisa mengunduh aplikasi secara manual melalui APK di platform APK Mirror.

Mengutip laman LiveMint, Rabu (27/11), fitur Hapus Pesan ini masih dalam tahap pengembangan dan terus di-update. Kabarnya, WhatsApp mengubah nama fitur dari yang semula "Hilangkan Pesan" menjadi "Hapus Pesan".

Untuk tahap awal, fitur ini kemungkinan hanya akan tersedia di obrolan grup. Jika sudah tersedia, fitur ini dapat diaktifkan di Info Kontak atau Pengaturan Grup. Namun hanya bisa diaktifkan oleh admin grup.

Menurut laporan, fitur Hapus Pesan akan hadir bersama dengan tombol ON/OFF, pengguna bisa memilih interval waktu agar pesan-pesan hilang secara otomatis.

1 dari 1 halaman

Opsi Waktu Penghapusan

Ada lima opsi interval waktu yakni 1 jam, 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, dan 1 tahun. Dengan begitu, pesan yang dikirim ke grup chat akan hilang dalam interval, misalnya satu jam.

Fitur ini berbeda dengan fitur "Hapus untuk Semua Orang" yang sudah dirilis beberapa waktu lalu. Fitur Hapus untuk Semua Orang memungkinkan pengguna menghapus pesan, di mana setelah terhapus, akan ada tulisan "pesan telah dihapus".

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustin Setyo Wardani

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.