Wifi dan Mobile Data, Mana Yang Lebih Kencang Untuk Internetan?

TEKNOLOGI | 28 November 2018 14:09 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Seringkali kita lebih nyaman menggunakan Wifi ketimbang mobile data, karena urusan kestabilan WIfi yang lebih baik ketimbang beberapa provider. Perangkat smartphone pun seringkali mengharuskan penggunaan Wifi untuk pengunduhan pembaharuan sistem atau file yang berukuran besar.

Namun apakah Wifi sebenarnya lebih cepat dari mobile data jika untuk internetan? Ternyata, asumsi bahwa Wifi selalu lebih kencang ternyata salah. Di banyak tempat di dunia, bahkan di negara berkembang, kecepatan konektivitas mobile bisa lebih baik dari Wifi.

The Verge mengutip studi dari Open Signal yang menguji kecepatan Wifi dan internet mobile di 80 negara, menyebut bahwa 33 negara internet mobile-nya lebih cepat ketimbang Wifi. Angka ini termasuk beberapa maju seperti Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Prancis.

Menurut studi tersebut, rata-rata ada perbedaan kecepatan sebesar 10 - 13 MBps antara mobile data dan Wifi.

Perbedaan kecepatan ini dikarenakan aspek seperti pengembangan menara BTS yang lebih baik untuk wireless boradband, dan memang sulitnya pemanfaatkan broadband internet kabel dan ASDL. Di negara yang masih memanfaatkan 'kabel', seperti AS, Singapura, Hong Kong, bahkan Indonesia, tentu Wifi masih lebih cepat.

Meski demikian, asumsi bahwa Wifi makin kencang tentu sudah mulai ditinggalkan. Pasalnya jika dibandingkan bertahun-tahun lalu yang koneksi mobile masih 2G dan 3G, kini koneksi 4G yang akan merambah 5G tentu lebih kencang.

Menurut Anda?

Baca juga:
Sigapnya Indonesia Hadapi Era 5G
Izin First Media Dicabut, Layanan Internet Tidak Kena Dampak
Menkominfo: Jangan Sampai Regulasi Dibuat tetapi Tak Ada Konsolidasi
Izin Bolt Terancam Dicabut Gara-gara Nunggak BHP?
Pendapatan Telkom Tumbuh 8,8 persen QoQ di Kuartal III
Pelaku usaha lokal tak diajak bahas revisi PP PSTE
Gempa Palu-Donggala rusak sekitar 1.750 BTS telekomunikasi

(mdk/idc)