Xiaomi Buka Suara Soal Smartphone Gaib

TEKNOLOGI | 22 November 2019 17:00 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, buka suara terkait dengan produk perusahaanya disebut sebagai smartphone gaib. Menurutnya, yang terjadi sebetulnya bukanlah begitu.

"Anda tahu dalam proses produksi sebuah smartphone baru ada proses yang disebut ramp up production di pabrik. Dimulai dari ketika sejumlah komponen penting dikirimkan dari China ke pabrik di Batam dan kemudian pekerja di pabrik harus di-training untuk perakitannya, dimasukkan ke dalam jalur produksi lalu diadakan pengujian," ujar Alvin kepada awak media di Jakarta.

"Saat pengujian ada model yang gagal sehingga prosesnya harus diulang. Proses ini lambat. Nah, trade-off-nya adalah, apakah Anda mau meluncurkan produk ini lebih cepat meski kuantitasnya rendah atau apakah mau tunggu sampai ramp up selesai baru diluncurkan?" tambahnya.

Kemudian, kata dia, Xiaomi adalah perusahaan yang fokus pada penjualan online. Tapi online di Indonesia cukup rumit sebab bukan hanya end-consumer yang membeli online tapi banyak pedagang, dealer, reseller, yang juga membeli secara online.

"Adapun offline kami masih dalam tahap pembentukan, sehingga banyak pembeli yang kalah cepat. Tapi ketahuilah, 100 ribu lebih unit dalam satu bulan itu angka yang sangat besar. Tapi kami terus berproduksi dan orang-orang masih terus membeli Redmi Note 8 Series. Kami akan terus melakukan banyak kemajuan sehingga dalam peluncuran produk baru dalam waktu dekat Anda akan melihat lebih banyak stok dan produk berikutnya akan lebih baik lagi," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Janji Xiaomi

Alvin pun berjanji, terus meningkatkan kinerja Xiaomi di Indonesia, apalagi kini pemerintah mendukung dengan akan diberlakukannya aturan IMEI per April 2020. Dengan begitu, produk produk BM tak lagi membanjiri pasar dan konsumen teredukasi untuk membeli smartphone resmi.

Di samping itu Xiaomi juga terus menggenjot produksi di pabrik milik Satnusa Persada yang jadi mitra manufaktur Xiaomi. Selain itu, cara jangka pendek Xiaomi mengatasi smartphone gaib adalah dengan memberikan F code ke Mi Fans. Dengan begitu, mereka bisa dijamin mendapatkan perangkat yang diinginkannya saat pembelian online.

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT