Xiaomi Buntuti Apple di Pasar True Wireless Earbuds

TEKNOLOGI | 17 Januari 2020 14:01 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - AirPods dari Apple yang diperkenalkan pada 2017 silam, ternyata menciptakan sebuah pasar baru, yakni pasar earbuds true wireless, atau earphone yang benar-benar tanpa kabel.

Dominasi industri ini tentu dipegang Apple sendiri. Bagaimana tidak, melansir data dari Strategy Analytics yang dikutip Android Authority, Apple memiliki 54,4 persen pasar true wireless. Dengan angka pengkapalan tahun lalu adalah 58,7 juta unit AirPods.

Ternyata, tempat kedua dari pangsa pasar true wireless dipegang oleh Xiaomi. Meski demikian, rentangnya dengan Apple cukup jauh, yakni hanya menguasai 8,5 persen saja. Jumlah pengkapalannya tahun 2019 hanya 9,1 juta saja.

Di tempat ketiga ada Samsung dengan Galaxy Buds besutannya. Vendor smartphone Korea Selatan ini menguasai 6,9 persen pasar dengan 7,4 unit pengkapalan di 2019.

1 dari 1 halaman

Keberhasilan Xiaomi ditunjang karena berbagai macamnya jenis earbuds yang mereka jual. Beberapa di antaranya adalah kloningan AirPods yang bentuknya cukup mirip, seperti seri AirDots.

Selain banyaknya opsi yang ditawarkan, kompetisi harga adalah kunci kesuksesan Xiaomi. Harga yang ditawarkan oleh Xiaomi adalah yang termurah ketimbang deretan earphone nirkabel yang ada.

Tak cuma itu, fitur yang ditawarkan pun semumpuni kompetitornya yang harganya mahal.

Menarik? (mdk/idc)

Baca juga:
Xiaomi Patenkan Dua Smartphone Dengan Layar Keliling
Smartphone Gaming Black Shark 3 Akan Usung RAM 16GB?
Xiaomi Pastikan Hadirnya MIUI 12, Kapan Rilis?
Xiaomi Daftarkan 2 Paten Smartphone Layar Lipat
Deretan Handphone yang Harganya Tembus Rp30 Juta. Apa Kelebihannya?
Ini Alasan Mengapa Xiaomi Baru Rilis Flagship di Indonesia
Pindah Ke Xiaomi, Bos Lenovo Tersandung Kebijakan Sendiri

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.