Xiaomi Segera Rilis 4 Smartphone Dengan Kamera 108MP

TEKNOLOGI | 4 September 2019 15:24 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Kita sudah melihat smartphone dengan kamera 48MP dan baru-baru ini juga 64MP. Namun dalam waktu dekat Xiaomi akan menawarkan yang jauh lebih ekstrem, yakni 108MP!

Melansir XDA Developer via Android Authority, Xiaomi kini sedang menyiapkan empat perangkat baru yang mengusung kamera 108MP. Sensor 108MP ini adalah milik samsung yang bernama ISOCELL Bright HMX terbaru.

Samsung menyebut bahwa sensor ini dapat menyerap lebih banyak cahaya berkat teknologi Tetracell yang berbasis penggabungan piksel 27MP.

Disebut juga, Xiaomi juga menyiapkan MIUI Mi Gallery untuk mendukung penyimpanan, melihat, dan mengedit foto 108MP. Fitur ini hanya akan ada khusus di empat perangkat yang dikembangkan di atas.

Meski demikian, tidak ada berita resmi dari Xiaomi atau Samsung akan hal ini. Namun diprediksi, smartphone tersebut salah satunya adalah Xiaomi Mi Mix 4.

1 dari 2 halaman

Prediksi Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 4

Pasalnya, informasi terbaru tentang Mi Mix 4 kini juga ramai lagi di internet. Selain soal disebutnya waktu perilisan smartphone ini yang disebut segera, terdapat juga bocoran spesifikasi.

Dikutip dari Gizchina via Tekno Liputan6.com, Mi Mix 4 akan hadir dengan konsep layar lengkung yang sudah mendukung resolusi hingga 2K. Dalam hal hardware, Xiaomi dikabarkan akan menyematkan chipset terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 855 Plus.

Untuk mendukung performa, perusahaan asal Tiongkok itu juga akan menyematkan RAM 12GB, memori internal 1TB, dan baterai 4,500mAh dengan pengisian daya cepat 30W di Mi Mix 4.

Lebih lanjut, kamera Mi Mix 4 akan dilengkapi dengan empat lensa utama berkemampuan 108MP, lensa superwide 16MP, lensa 12MP, dan periskop. Sayang, pembocor rahasia yang dirahasiakan namanya itu tidak mengungkap detail tentang kamera selfie smartphone.

Fitur pendukung dari Mi Mix 4 yang disebutkan dalam bocoran, termasuk jack audio 3.5mm dan dukungan NFC.

2 dari 2 halaman

Sensor Kamera Smartphone 108MP

Terkait kamera 108 megapiksel, Samsung sendiri telah secara resmi telah memperkenalkan sensor kamera tersebut.

Melansir Mashable, sensor ini bernama ISOCELL Bright HMX yang memang dikembangkan bersama antara Samsung dan Xiaomi. Samsung mengklaim bahwa sensor ini memiliki beberapa fitur unggulan yang hanya dimiliki oleh kamera DSLR papan atas.

Soal spesifikasi di atas kertas, sensor ini memiliki resolusi 108 megapiksel serta kemampuan recording video 6K atau 6.016x3.384 piksel di 30 frame per detik.

Ukuran sensor ini cukup besar, yakni 1/1,44 inci sehingga dapat mengakomodir piksel sebesar 0,8 mikron. Ukuran sensor ini setara dengan sensor 64 megapiksel besutan Samsung sebelumnya yang kebetulan belum terpasang di smartphone komersil hingga saat ini.

Sensor ISOCELL Bright HMX ini menggunakan teknologi Tetracell milik Samsung. Ini adalah teknologi yang berkonsep pixel binning yang menjadikan empat piksel jadi satu.

Sehingga pada dasarnya 108 megapiksel adalah 27 megapiksel namun dengan ukuran yang lebih besar dan menyerap cahaya lebih peka.

Di dalam sensor ini juga tersemat teknologi Smart-ISO yang dapat secara otomatis mengganti tingkatan ISO tergantung kondisi pencahayaan. (mdk/idc)

Baca juga:
Smartphone Ini Tak Cuma Alternatif iPhone, Namun Juga Ramah Lingkungan!
Android 10 Resmi Meluncur, Ini Deretan Keunggulannya
Kata Pengamat soal Molornya Aturan Pemblokiran Ponsel BM
Melihat Tren Perkembangan Smartphone
Sukses Geser Advan, Realme Tembus 5 Besar Smartphone Terlaris di Indonesia
Huawei Bakal Rilis Mate 30 dan Mate 30 Pro Pada 19 September 2019
5 Tips Memotret di Suasana Gelap Pakai Smartphone

TOPIK TERKAIT