XL: pemakaian video streaming tertinggi dikonsumsi selama Lebaran

XL: pemakaian video streaming tertinggi dikonsumsi selama Lebaran
Ilustrasi operator seluler. ©2016 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 8 Juli 2016 20:15 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - XL melaporkan saat Lebaran tiba, trafik layanan data terbesar dikonsumsi oleh pengguna mereka yakni pada pemakaian streaming video. Streaming video menduduki angka 40 persen dari total layanan, lalu berikutnya web browsing 22 persen, serta akses ke social media 21 persen. Secara keseluruhan, trafik data meningkat sekitar 130 persen dibandingkan hari lebaran tahun sebelumnya.

"Seperti yang sudah kami prediksi sebelumnya, social media dan instant messaging akan semakin banyak dipakai untuk bersilaturahmi saat Lebaran. Demikian juga, pelanggan XL akan semakin membutuhkan layanan data untuk bisa mengekpresikan dirinya dalam merayakan Lebaran. Jadi tidak heran jika angka upload dan download material foto dan video juga meningkat," ujar Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, Jumat (8/07).

Kata dia, meningkatnya penggunaan layanan data tersebut juga dipengaruhi oleh meningkatnya kecenderungan pelanggan untuk memanfaatkan layanan telepon/percakapan berbasis data yakni layanan VoIP (Voice over Internet Protocol). Penggunaan layanan VoIP mencapai 17,5 TB, meningkat sebesar 121 persen dibandingkan hari biasa tahun ini. Termasuk dalam layanan VoIP ini diantaranya Google Talk, Kakao talk, WhatsApp call, BlackBerry call, Skype dan sebagainya.

"Trafik layanan social media Facebook, Instagram, Path, Twitter, serta Line meningkat cukup signifikan. Trafik Facebook 127,4 TB naik 19 persen dibandingkan hari biasa. Instagram 123,4 TB meningkat 32 persen, Path meningkat 53 persen, Twitter meningkat 40 persen, serta Line meningkat 32 persen. Sementara itu IM WhatsApp naik 24 persen dibanding hari biasa, sedangkan BBM relatif stabil," terangnya melalui keterangan resmi.

Yessie menambahkan, dalam 4 tahun terakhir memang terjadi pergeseran konsumsi layanan telko untuk berkomunikasi oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat semakin suka memanfaatkan layanan data dibandingkan dengan layanan percakapan (voice) atau layanan SMS.

Sementara itu, berdasarkan lokasi, kenaikan trafik layanan data tertinggi selama periode Lebaran dibandingkan periode hari-hari biasa, terjadi di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wilayah Tegal dan sekitarnya mengalami kenaikan tertinggi sebesar 53 persen, disusul daerah Sampang, Sumenep, Pamekasan sebesar 45%. Kenaikan di Purwakarta sebesar 40 persen, Indramayu sebesar 36 persen, serta wilayah Lebak, Pandeglang sebesar 32 persen.

Data XL juga menunjukkan kenaikan trafik yang tinggi di area-area dalam jalur mudik yang menjadi titik kemacetan parah. Salah satunya di wilayah Brebes, termasuk exit toll Brebes Timur, dengan kenaikan trafik data sebesar 120 persen, sementara layanan percakapan meningkat sebesar 100 persen dibandingkan trafik hari biasa. Untuk luar Jawa, kenaikan trafik percakapan tertinggi terjadi di wilayah Sumatera, meningkat sebesar 52 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Pada layanan SMS, peningkatan trafik terjadi di beberapa wilayah. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah regional Central (Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY) sebesar 26 persen, wilayah regional West (Sumatera) sebesar 23 persen serta wilayah regional East (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat) sebesar 17 persen. (mdk/idc)

Baca juga:
Menkominfo cek kesiapan jaringan XL jelang Lebaran
3400 pelanggan terpilih, ikut mudik gratis dari Telkomsel
1000 pengecer pulsa ikut XL pulang kampung gratis
Polemik dua operator selular, kapan akan selesai?
XL siapkan perangkat terbaru pemancar sinyal di bandara Soetta

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami