XL Perluas 4G di Sulawesi Selatan

TEKNOLOGI | 6 Agustus 2019 13:43 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - XL kembali meningkatkan kualitas layanan data di seluruh wilayah layanannya, termasuk Sulawesi. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan perorangan, namun juga kebutuhan pelaku industri yang terus tumbuh seperti di Sulawesi Selatan. Salah satunya memperluasan jaringan data 4G LTE yang antara lain mencapai Kabupaten Luwu Timur, di mana terdapat beberapa industri pertambangan yang besar.

Head Of Sales XL Axiata area Sulawesi Selatan, Mozes Haryanto Baottong mengatakan, "Perluasan jaringan 4G di Sulawesi Selatan ini searah dengan kebijakan perusahaan di mana kami memang berfokus untuk melalukan perluasan jaringan data berkualitas di luar Jawa. Perluasan ke Luwu Timur ini memiliki nilai strategis yang tinggi mengingat daerah ini memiliki potensi ekonomi yang besar yang akan sangat membutuhkan dukungan fasilitas layanan data berkualitas untuk pengembangannya. Apalagi saat ini juga sudah ada industri pertambangan berskala besar yang beroperasi di sana."

Mozes menambahkan, layanan 4G LTE XL Axiata di Luwu Timur ditopang oleh sekitar 60 BTS 4G, yang paling baru adalah di Desa Sorowako, Kecamatan Nuha.

Pada akhir pekan lalu, XL Axiata meresmikan beroperasinya layanan data 4G di Sorowako yang selain bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, juga oleh pelaku industri daerah tersebut, termasuk PT Vale Indonesia, salah satu perusahaan pertambangan nikel terbesar di dunia.

Mozes menambahkan, Sulawesi Selatan menjadi salah satu wilayah yang menjadi fokus XL Axiata untuk perluasan dan peningkatan kualitas layanan data.

Hasilnya, hingga Juli 2019, telah semua kota/kabupaten atau 24 kota/kabupaten di provinsi tersebut sudah terlayani oleh jaringan data XL Axiata, baik 3G maupun 4G, salah satunya Kabupaten Luwu Timur. Sekitar 3.000 BTS menopang layanan data di seluruh Sulawesi Selatan, termasuk di antaranya lebih dari 1.100 BTS 4G.

Hingga akhir Juni 2019, tercatat sekitar 930 ribu pelanggan di seluruh Sulawesi Selatan, dengan sekitar 910 ribu pelanggan di antaranya merupakan pelanggan data aktif.

Mozes optimis jumlah pelanggan data akan terus meningkat seiring dengan terus meningkat dan meluasnya jaringan 4G. Satu hal positif yang terlihat dari keberadaan jaringan data XL Axiata di wilayah ini adalah terjadinya kenaikan trafik data yang tidak hanya di area wisata, namun juga di area perkotaan dan pedesaan.

Hal ini menunjukkan terus bertambahnya kesadaran masyarakat setempat untuk memanfaatkan layanan data guna mendukung aktivitas kesehariannya. (mdk/idc)

Baca juga:
Tri Ibadah, Paket Komunikasi Haji Diklaim Paling Hemat
Indosat Gandeng PHD Sebagai Agency of Record Selama 2 Tahun
Lebaran, Trafik Internet XL Melonjak 24 Persen Dibandingkan Hari Biasa
Cara Aktivasi Kartu XL Perdana, Mudah Tak Sampai 5 Menit!
Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama, Satelit Internet Siap Dimulai
Perluas Layanan 4G, Indosat Ooredoo Gelontorkan Rp 30 Triliun
Tarif Internet di Indonesia Jadi Salah Satu yang Termahal di Asia Tenggara

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.