XL Tunjuk SAP Bantu Proses Transformasi Operasional Perusahaan

XL Tunjuk SAP Bantu Proses Transformasi Operasional Perusahaan
TEKNOLOGI | 20 Oktober 2020 19:12 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - XL menyebut menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4 HANA Cloud. Pemakaian teknologi besutan SAP ini dianggap mampu memberikan efisiensi dan efektivitas pengambilan keputusan dan aktivitas operasional yang lebih baik.

"Dengan SAP S/4HANA Cloud, kami memiliki teknologi yang handal dari penyedia layanan ERP terbaik di dunia untuk membantu kami mentransfromasi proses bisnis kami di seluruh operasional," kata Yessie D. Yosetya, Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/10).

XL dan SAP memang pernah melakukan kerja sama sebelumnya, kini XL kembali memilih SAP untuk menangani solusi ERP berbasis cloud. Selain itu, SAP S/4HANA Cloud juga terintegrasi dengan sistem manajemen inti disekitarnya, seperti manajemen tower, sourcing, manajemen aset jaringan, dan billing.

Keunggulan lainnya dari SAP S/4HANA Cloud adalah memberikan infrastruktur TI yang lebih sederhana dan efisien, yang mampu menyediakan source of truth tunggal bagi keuangan ataupun data perusahaan lainnya, membantu managemen untuk membuat keputusan yang lebih strategis lewat input dari dashboard keuangan yang memberikan wawasan secara realtime, yang pada akhirnya membuat XL lebih lincah dalam merespon pasar. Selain itu, layanan cloud ini membantu XL untuk memenuhi peraturan International Financial Reporting Standards (IFRS) 16.

XL juga telah menggunakan solusi Line of Business (LoB) SAP Cloud lainnya seperti Success Factors untuk solusi operasional HR yang mencakup seluruh proses mulai dari hire hingga retire, dan SAP Concur untuk manajemen berbagai pengeluaran mulai dari perjalanan dinas hingga reimbursements – semuanya terintegrasi dengan SAP S/4HANA Cloud.

XL berkolaborasi dengan SAP Services agar implementasi SAP S/4HANA Cloud berjalan dengan baik. Tim SAP Services memandu proses transformasi end-to-end, mulai dari scoping awal, perencanaan business case, migrasi, hingga project management and support.

"Kami memperoleh dukungan penuh dari jajaran direksi sejak awal proyek ini, namun kolaborasi yang kuat antara tim SAP Services dan kerja keras yang luar biasa dari karyawan kami membuat ini semua terlaksana," kata Yosetya.

Baca Selanjutnya: Sementara itu menurut Andreas Diantoro...

Halaman

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami