YouTuber Jadi Insan Yang Jadi Panutan Gen Z, Kamu Juga?

TEKNOLOGI | 6 November 2019 16:02 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Gen Z, atau generasi yang lahir di pertengahan 90an, kini disebut menjadikan para 'influencers' sebagai panutan mereka.

Bahkan, melansir sebuah studi yang dihelat firma riset Morning Consult yang dikutip Business Insider, disebut bahwa Gen Z lebih mengenal Youtuber ketimbang selebritas dengan 'nama besar.'

Studi ini mengukur bagaimana generasi milenial dan juga Gen Z terhubung dengan influencers. Studi ini menemukan bahwa 72 persen responden secara teratur memeriksa influencers panutan mereka.

Studi ini menyebut juga bahwa milenial dan Gen Z cenderung membuat keputusan soal produk apa yang akan mereka beli, berdasarkan influencers yang mereka ikuti. Ini sama sekali tidak mengejutkan, mengingat kini para influencers mulai menjual produknya sendiri karena perilaku pembeli semacam ini.

Dalam studi tersebut, disebut bahwa pria lebih cenderung mengikuti influencers di Youtube, sedangkan wanita lebih suka mengikuti panutannya di Instagram. Data tersebut juga menyebut bahwa Milenial lebihsuka menggunakan Facebook. Di antara deretan influencers tersebut, yang paling banyak jadi panutan adalah PewDiePie, Jeffree Star, Shane Dawson, Marikiplier, dan Kylie Jenner.

Morning Consult juga menyebut mengapa mereka menyukai influencers panutan mereka. Jawabannya adalah, "orisinalitas", "kelucuan", "berpengetahuan luas," serta "cerdas."

Setuju? (mdk/idc)

Baca juga:
Pendapatan Para Artis Muda jadi YouTuber, Fantastis Capai Ratusan Juta
Daftar Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok Bagi Milenial
PewDiePie Jadi Youtuber Pertama Dengan 100 Juta Subscriber
Masuk Dalam Daftar 10 Youtuber Terkaya Dunia, Atta Halilintar Raup Penghasilan Rp22 M
7 Aplikasi Terbaik Pilihan Selebriti Papan Atas, Kamu Juga Pakai?
YouTuber Lutfi Ramadhan Tewas Tergilas Truk, Sopir Menyerahkan Diri
Mulai Rambah Youtube, Gisel Akui Jadi Youtuber Tidak Gampang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.