Curug Tilu Leuwi Opat, Kesejukan 4 Air Terjun dan 4 Sungai

Curug Tilu Leuwi Opat, Kesejukan 4 Air Terjun dan 4 Sungai
Curug Tilu Leuwi Opat. ©2021 Merdeka.com/Heri Setiawan
TRAVEL | 8 April 2021 17:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti

Merdeka.com - Bandung Barat terkenal dengan relief alamnya yang unik. Berada di gugusan pegunungan Sunda Besar Purbakala, dialiri oleh rangkaian sungai Citarum Purba membuat banyak curug yang indah tersembunyi di tempat ini. Salah satunya ialah Curug Tilu Leuwi Opat.

Curug yang terletak di Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat ini cocok untuk melepas ketenangan menjauh dari hiruk pikuk ibu kota. Di antara kontur bebatuan khas pegunungan, aliran air terjun terlihat mengalir deras. Sukses membius pelancong.

Di kelilingi tanaman hijau yang tumbuh lebat membuat suasana Curug Tilu Leuwi lebih asri. Berada di antara bebatuan, curug ini seolah perpaduan goa alami, air terjun dan sungai.

curug tilu leuwi opat
©2021 Merdeka.com/Heri Setiawan

Terdapat 4 curug yang bisa dikunjungi di wisata alam ini yaitu Curug Tilu, Curug Aseupan, Curug Citulang, dan Curug Cilaki. Aliran air terjun ini merupakan pecahan dari aliran utama, Curug Tilu. Setiap curugnya memiliki beragam tingkat kesulitan.

Nah, untuk menjangkau keempat curug dan melihat lebih dekat tentu saja butuh perjuangan. Para pelancong harus sedikit membutuhkan tenaga, melewati jembatan kayu kecil yang menghubungkan ke batu-batuan. Setelah itu, kamu harus menyusuri tebing licin. Jalan pun harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

Tak perlu khawatir, tangga di tebing ini sudah dilengkapi dengan pegangan tangan yang membuat lebih aman. Namun tetap harus waspada ya. Pasalnya samping batuan merupakan aliran sungai. Sepanjang perjalanan kamu bisa merasakan suasana alam yang asri.

curug tilu leuwi opat
©2021 Merdeka.com/Heri Setiawan

Tepat di curug utama, para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Aliran air terjun deras keluar dari tebing batuan. Dilewati oleh aliran sungai yang menuju Curug Cimahi dari hulu Danau situ Lembang membuat Air Curug Tilu Leuwi Opat sangat segar.

Tak hanya air terjun saja yang menjadi daya tarik curug ini. Letaknya yang berbatasan langsung dengan kebun pinus membuat kamu seolah merasa di hutan rimba. Matahari seakan bersembunyi di sela-sela pepohonan. Suara air terjun yang deras pun menambah suasana semakin sejuk. Rasanya seperti tak mau beranjak dari tempat yang meneduhkan ini.

Relief sekitar yang indah, batuan, tumbuhan hijau dan air. Dijamin kamu akan mendapatkan jepretan foto keren untuk menghiasi galeri media sosialmu.

curug tilu leuwi opat
©2021 Merdeka.com/Heri Setiawan

Bak paket lengkap, selain menikmati berbagai air terjun, kamu juga bisa menikmati aliran sungai yang ada di bagian lembah. Ya, Curug Tilu Leuwi Opat memiliki empat cerukan kolam yang disebut leuwi yang indah. Keempat di antaranya ialah Leuwi Gentong, Leuwi Baeud, Leuwi Bagong, Leuwi Kacapi.

Setiap sungainya memiliki keunikan berbeda-beda yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Tak cukup hanya dipandang saja, beberapa leuwi juga nyaman untuk berenang. Curug Tilu Leuwi Opat sukses membuat kamu puas bermain air.

curug tilu leuwi opat
©2021 Merdeka.com/Heri Setiawan

Dengan luas kawasan 5 Hektar ada banyak tempat yang bisa dijelajah. Tersedia permainan luar ruang lain yang bisa dilakukan kawasan curug tilu leuwi opat Seperti Camping, Outbound, Paint Ball, Rappeling, panjat, arung jeram serta beragam kegiatan lainnya.

Air terjun ini tidak hanya ditujukan sebagai tempat wisata. Tetapi juga untuk kegiatan lainnya, salah satunya edukasi seperti pembelajaran alam dan gunung api purba, penbelajaran apotek hidup dan lain sebagainya. Kegiatan ini dapat membantu menjaga kelestarian alam, sambil dapat dinikmati keindahannya.

Cukup membayar sebesar Rp 10 ribu rupiah kamu bisa bebas menikmati area hijau yang asri. Murah sekali bukan?


(mdk/Tys)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami