Dua Makanan yang Wajib Diicip Saat ke Brebes
TRAVEL | 11 Januari 2019 12:06 Reporter : dream.co.id

Merdeka.com - Dream - Bagi Sahabat Dream yang suka wisata kuliner pasti lebih memilih road trip atau perjalanan darat dengan mobil demi bisa mampir di berbagai daerah. Sehingga bisa lebih mudah mencicipi makanan khasnya.

Apalagi kini ada tol Trans Jawa, yang mempermudah kita dan menyingkat waktu untuk melakukan perjalanan keliling Jawa. Salah satu area yang memiliki hidangan menggoda di Jawa adalah Brebes.

Peta Kuliner Trans Jawa yang dikeluarkan Kementerian Pekerjaan Umum, merekomendasikan dua makanan di kawasan Brebes, yaitu Sate Blengong dan Kupat Glabed. Seperti apa menunya?

Sate Blengong

Blengong adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Teksturnya mirip bebek yang memiliki serat, tapi lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Memakan daging blengong memberi sensasi baru dari segi tekstur rasa.

Kedai terkenal di Brebes yang menyajikan menu ini adalah Kupat Sate Blengong Kasturi Rajak. Lokasinya berada di Jl. KH. Hasyim Ashari, Pasar Batang, Brebes.

Kupat Glabed

Kupat Glabed asal Brebes biasanya disantap di pagi hari menjelang berangkat kerja. Menu ini terdiri dari potongan ketupat dan disajikan dengan sayur pepaya muda bersantan yang dicampur dengan potongan daging sapi.

Biasanya, Kupat Glabed sangat pas dihidangkan dengan Sate Blengong yang rasanya manis dan gurih. Nah, Kupat Glabed yang populer biasanya diburu di sekitar Masjid Agung Brebes. Ada juga kedai yang cukup terkenal berlokasi di Kauman, Brebes, yaitu Kupat Glabed Ibu Inah.

Penasaran rasanya, Sahabat Dream?