Ini Deretan Persyaratan untuk Penerbangan Domestik Mulai 1 April 2021

Ini Deretan Persyaratan untuk Penerbangan Domestik Mulai 1 April 2021
Ilustrasi Pesawat Terbang. ©2014 Merdeka.com
TRAVEL | 1 April 2021 15:03 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 memang belum selesai, namun aktivitas harus tetap berlanjut. Kadang perjalanan ke luar kota juga tak bisa dihindari. Karena itulah, industri transportasi juga masih menggeliat. Begitu juga dengan penerbangan domestik.

Agar penerbangan domestik tak perlu dihentikan, tentunya ada sederet kebijakan baru yang diterapkan. Protokol kesehatan sudah pasti. Lalu apa saja syarat yang perlu diketahui calon penumpang sebelum bepergian?

Merujuk dari Surat Edaran No 12 tahun 2021 terbaru yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional soal ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19. Surat edaran ini berlaku mulai 1 April 2021 hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

  1. Syarat pertama, perjalanan udara wajib melampirkan surat keterangan negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2x24 jam atau hasil negatif GeNose C19 sebelum keberangkatan.
  2. Kedua, perjalanan udara menuju Pulau Bali, wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif GeNose C19 sebelum keberangkatan.
  3. Ketiga, anak-anak di bawah usia lima tahun tidak diwajibkan untuk RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau GeNose C19 sebagai syarat perjalanan. Keempat, wajib mengisi eHAC bagi seluruh pelaku perjalanan udara.
  4. Sedangkan, eHAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan wajib diisi calon penumpang sebelum bepergian. eHAC nantinya akan ditunjukkan kepada petugas verifikasi sesuai dengan moda transportasi yang digunakan saat tiba di tujuan. Para calon penumpang dapat mengunduh eHAC melalui Google Play Store atau Apple Store dengan nama eHAC Indonesia atau bisa juga dengan mengunjungi situs web milik Kementerian Kesehatan RI, inahac.kemkes.go.id.

Selain syarat penerbangan domestik, turut disampaikan pula untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Calon penumpang diimbau untuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman, dan tidak berkerumun.

Reporter: Putu Elmira
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Begini Peraturan Terbaru Buat Naik Kereta Api Mulai 1 April 2021
Panduan Mengisi eHac atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan untuk Syarat Bepergian
Ini 4 Aturan Bepergian dengan Pesawat ke Bali yang Berlaku sampai 22 Maret 2021
3 Destinasi Wisata di Tanah Air yang Paling Diminati selama Awal 2021
Menikmati Perjalanan Kereta Mewah Afrika Selatan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami