Kawasan Wisata Cisema, Keindahan Alam yang Memanjakan Mata

Kawasan Wisata Cisema, Keindahan Alam yang Memanjakan Mata
Kawasan Wisata Cisema. ©2021 Merdeka.com/Fajri ANF
TRAVEL | 26 Februari 2021 13:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti

Merdeka.com - Berkunjung ke Sumedang tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi kawasan wisata Cisema Jatigede. Berlokasi di wilayah Dusun Ciduging, Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, Sumedang, Jawa Barat wisata ini menyajikan keindahan panorama alam yang menyejukkan mata. Salah satunya, Waduk Jatigede.

Memiliki luas 4.983 hektar, waduk yang diresmikan pada 2015 lalu ini merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur di Purwakarta.

kawasan wisata cisema
©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Hamparan air Waduk Jatigede seperti lautan biru. Pohon-pohon rindang di sekitar waduk ini membuat suasana lebih asri dan sejuk. Cukup duduk manis di pinggiran waduk sambil nikmati semilir angin, kamu pun akan merasakan ketenangan. Sensasinya pun tak kalah saat berkunjung ke pantai.

kawasan wisata cisema
©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Mengelilingi setiap sudut Waduk Jatigede dengan perahu adalah hal yang wajib dicoba. Suara deru mesin dengan genangan air yang tenang sukses membuat kamu lebih rileks dan betah berlama-lama di sana.

Pemburu matahari terbenam juga tak boleh melewatkan momen sunset di waduk ini. Sunset di Waduk Jatigede tak kalah dari sunset di Pulau Dewata, Bali.

kawasan wisata cisema
©2021 Merdeka.com/Fajri ANF


Spot yang tak kalah manis di Waduk Jati Gede ialah area landing paralayang yang bernama Buricak Barinong. Dilengkapi dengan ornamen kayu, para wisatawan bisa asyik jalan-jalan santai menikmati pesona alam wisata Cisema yang menawan.

Tak cukup hanya dinikmati dengan mata saja, tempat ini sangat apik untuk masuk ke dalam feed Instagrammu. Terlihat mengagumkan, pemandangan Waduk Jatigede dari area ini menjadi spot favorit berfoto saat berkunjung bersama orang terkasih.

kawasan wisata cisema
©2021 Merdeka.com/Fajri ANF

Selain sebagai wisata, waduk terbesar kedua di Indonesia ini juga berfungsi mengairi area persawahan di wilayah kabupaten hilir meliputi Kabupaten Majalengka, Indramayu hingga Cirebon. Waduk ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik yang diproyeksi menerangi wilayah Jawa-Bali. (mdk/Tys)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami