Kunci Membuat Olahan Dada Ayam dengan Rasa Nikmat
TRAVEL | 10 Januari 2019 15:50 Reporter : dream.co.id

Merdeka.com - Dream - Demi menjaga berat badan stabil, begitu juga tekanan darah dan kolesterol, kita harus pintar-pintar dalam memilih sumber protein hewani. Makanan dengan menu hewani memang memiliki rasa yang sangat gurih dan menggugah selera.

Sayangnya, kandungan lemak di dalamnya begitu tinggi. Untuk itu cobalah lebih selektif dalam memilih menu makanan. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah dada ayam. Sumber protein ini sangat sehat, hanya sedikit lemak dan sangat mengenyangkan.

Dada ayam tentunya harus diolah secara tepat agar lebih kaya rasa dan menggugah selera. Cobalah untuk membuat steak dada ayam dengan langkah-langkah berikut.

Bahan:

- 500 gram dada ayam tanpa tulang
- 2 sendok teh minyak zaitun
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Oregano
- Kaldu jamur tanpa MSG

Cara membuat:

1. Pertama-tama, sayat dada ayam di setiap sisi. Lalu oleskan ayam dengan sedikit minyak zaitun. Taburi garam, merica, kaldu jamur dan oregano. Diamkan 15 hingga 30 menit di kulkas.

2. Setelah itu, anaskan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam wajan dengan api sedang, masukkan dada ayam dan masak sampai tepinya berubah kecoklatan, sekitar 10 menit.

3. Balik ke sisi lain, lalu tutup panci, kecilkan api dan masak selama 10 menit. Matikan.

4. Diamkan ayam panggang selama kurang lebih 5 menit sebelum memotongnya. Cara ini dilakukan untuk menjadikan daging ayam menjadi kenyal dan juicy.

Agar lebih mengenyangkan, sajikan dengan salad sayur yang terdiri daun selada, wortel, dan kubis ungu dan jagung. Selamat mencoa!

Kamu juga bisa menambahkan ayam panggang ini ke salad Caesar atau membuat salad ayam atau sandwich klub. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Laporan: Mega Rasmiyati/ Sumber: FoodRepublic