Surga Tersembunyi di Pantai Kelingking Nusa Penida Bali

Surga Tersembunyi di Pantai Kelingking Nusa Penida Bali
Pantai Kelingking Nusa Penida. ©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo
TRAVEL | 2 Maret 2021 14:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti

Merdeka.com - Pulau kecil yang berada di dekat Pulau Bali, Nusa Penida menyimpan keindahan alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Kelingking atau yang lebih dikenal Kelingking Beach.

Seperti namanya, pantai yang terletak di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali ini bentuknya menyerupai jari kelingking. Pantai ini terletak di sebuah tebing dengan bukit memanjang yang mengarah ke lautan lepas, bak jari kelingking manusia.

pantai kelingking nusa penida
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Pemandangan eksotis dari atas tebing Karang Dawa. Bak surga tersembunyi, sepanjang tebing ini terlihat tanaman hijau yang ada di batuan. Pemandangan ujung tebing ini langsung mengarah ke hamparan lautan biru dan pantai pasir berwarna putih.

Selain disebut kelingking beach, panorama ini disebut menyerupai hewan purba Tyrannosaurus Rex (T-Rex). Jika diamati lebih seksama, ujung tebing ini terlihat seperti kepala T-Rex. Pemandangan yang menakjubkan ini menjadi secret point yang wajib dikunjungi bagi para pelancong.

pantai kelingking nusa penida
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Butuh perjuangan untuk menikmati pemandangan yang elok ini. Kamu harus mendaki jalan setapak kecil yang cukup terjal kurang lebih selama 1-1,5 jam. Wajib berhati-hati, tebing ini memiliki tingkat kemiringan 70-80 derajat.

Pegangan jalan ini juga masih berupa kayu yang diikat dengan tali. Para wisatawan harus rela bergantian untuk menyusuri jalan setapak ini.

pantai kelingking nusa penida
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Meski begitu, rasa lelah seolah terbayar saat melihat pemandangan yang memanjakan mata setiap pengunjungnya. Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan menyelam bersama ikan Manta.

Kamu pun bisa menikmati keindahan bawah laut sambil berenang bersama ikan pari terbesar di dunia ini. Dijamin, liburan kamu di Pantai Kelingking menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

pantai kelingking nusa penida
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Hamparan pasir putih dengan lebar sekitar 80 meter ini membuat pantai Kelingking Beach Nusa Penida semakin cantik. Panorama yang memesona dari tebing, pasir putih dan gua kapur ini belum tentu kamu jumpai di tempat wisata lain.

Tak heran, para wisatawan yang datang seolah susah beranjak dari Pantai Kelingking, Nusa Penida ini. (mdk/Tys)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami