10 Cara Cepat Berhenti Merokok Tanpa Obat-obatan, Efektif dan Mudah Dilakukan

10 Cara Cepat Berhenti Merokok Tanpa Obat-obatan, Efektif dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi berhenti merokok. ©Shutterstock.com/Vladimir Gjorgiev
TRENDING | 14 Oktober 2021 08:29 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Cara cepat berhenti merokok wajib dicoba bagi Anda yang ingin beralih ke pola hidup bersih dan sehat. Seperti yang diketahui, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang cenderung memiliki banyak pengaruh negatif bagi tubuh.

Sebab, ada berbagai kandungan berbahaya di dalam setiap satu gulungan rokok. Tar, nikotin, amonia, arsenik, formaldehida, aseton, hingga karbon monoksida merupakan zat-zat kimia yang lambat laun mampu mengikis kesehatan sang perokok.

Selain berbahaya, berbagai kandungan tersebut cenderung bersifat adiktif atau mengakibatkan kecenderungan bagi siapa saja yang pernah merokok. Maka dari itu, sebagian besar perokok sebenarnya hampir merasa kesulitan untuk lepas dari kebiasaan yang satu ini.

Namun, cara cepat berhenti merokok tersebut bukan menjadi suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Terdapat berbagai cara yang menyenangkan dan mudah dilakukan untuk menghindarkan perokok dari kebiasaannya tersebut.

Lantas, apa saja cara cepat berhenti merokok yang dapat ditempuh itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/10/2021).

2 dari 4 halaman

1. Berniat untuk Berhenti Merokok

Cara cepat berhenti merokok yang pertama adalah membulatkan tekad dan komitmen. Tanpa adanya niat dari diri sendiri, berbagai cara cepat berhenti merokok pun tak dapat mengubah seseorang untuk terhindar dari kebiasaan tersebut.

Maka sebelum melangkah pada tahap selanjutnya, alangkah baiknya bagi Anda untuk senantiasa meyakinkan diri sendiri untuk segera beranjak dan melangkah ke pola hidup yang lebih sehat. Tanamkan pada diri sendiri jika Anda mampu melewati segala tahapan untuk dapat berhenti merokok.

2. Mengganti dengan Camilan Sehat

Cara cepat berhenti merokok yang kedua adalah dengan mengganti kebiasaan dengan mengonsumsi camilan sehat. Merokok merupakan kegiatan yang melibatkan indera pengecapan.

Sehingga, bagian mulut selama Anda merokok telah memiliki kebiasaan untuk mengecap. Agar terhindar dari kebiasaan itu kembali, mulai ganti rokok Anda dengan camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan yang dapat dikunyah dalam waktu cukup lama.

10 cara membuat dimsum ayam lembut camilan sehat mengenyangkan
©2021 Merdeka.com

3. Melakukan NRT

Cara cepat berhenti merokok yang selanjutnya adalah dengan melakukan Nicotine-Replacement Therapy (NRT). NRT merupakan sejenis terapi penggantian nikotin.

Umumnya, berhenti merokok akan membuat Anda frustasi dan stres lantaran efek konsumsi nikotin yang tak dicukupi. NRT membantu Anda untuk melepaskan nikotin berkadar rendah tanpa zat berbahaya di dalam darah agar tubuh perlahan menyesuaikan.

3 dari 4 halaman

4. Menghindari Stres

Ketiga, cara cepat berhenti merokok yang berikutnya adalah dengan menghindari stres. Sebab, stres merupakan salah satu pemicu utama seseorang untuk merokok.

Maka dari itu, hindari semaksimal mungkin berbagai kegiatan yang rentan memicu Anda merasa stres secara berlebihan. Jika Anda merasa mulai stres, maka alihkan pikiran Anda kepada hal-hal yang menarik untuk dilakukan.

5. Ganti Pola Makan

Jika selama merokok Anda memiliki kebiasaan buruk saat makan, kini mulai ubah gaya hidup Anda. Mulai ganti pola makan dengan berbagai olahan menyehatkan namun tetap lezat.

Konsumsi sayuran hingga buah-buahan untuk melengkapi nutrisi Anda. Dengan ini, maka zat-zat berbahaya yang tersisa di dalam darah akan mulai terkikis dan tubuh pun dapat menjadi kian terbebas dari gangguan penyakit.

ilustrasi sayuran dikukus©iStockphoto

6. Rutin Berolahraga

Selain mengganti pola makan, cara cepat berhenti merokok yang berikutnya adalah rutin berolahraga. Kegiatan fisik seperti olahraga ringan, berlari, hingga gym cenderung dapat mengurangi hasrat tubuh terhadap nikotin.

Saat muncul keinginan untuk merokok, segera lakukan olahraga ringan untuk mengalihkan pikiran. Selain itu, Anda juga dapat memulai berteman dengan orang-orang yang gemar berolahraga atau hidup sehat.

7. Minum dengan Sedotan

Cara cepat berhenti merokok yang ketujuh adalah dengan mengonsumsi minuman segar dengan sedotan. Ternyata, cara ini terbilang cukup ampuh untuk membantu Anda terlepas dari kebiasaan merokok.

Sebab, menyeruput minuman segar menggunakan sedotan disebut mampu melepaskan hormon dopamin yang menyebabkan Anda lebih senang dan bahagia. Hal ini tentu membuat Anda terhindar dari stres yang berlebihan sebagai akibat dari berhenti merokok.

4 dari 4 halaman

8. Menghindari Faktor Pemicu Merokok

Selain itu, hindari pula beberapa faktor pemicu untuk merokok kembali. Hal ini di antaranya berupa meminum minuman keras, kopi, hingga berkumpul bersama teman-teman yang masih gemar untuk merokok.

Jika terpaksa Anda harus berada di lingkungan yang demikian, maka segera pikirkan hal lain jika timbul keinginan untuk merokok. Mengunyah permen karet misalnya, hal ini dapat meringankan keinginan Anda untuk kembali merokok.

9. Cari Kegiatan Produktif

Mengalihkan perhatian saat keinginan merokok datang memang terkadang tak mudah. Hal ini dapat disiasati dengan melakukan berbagai kegiatan produktif hingga membuat Anda tak memiliki waktu untuk memikirkan kebiasaan merokok.

di rumah©abcnews.go.com

Dengan melakukan kegiatan produktif, tubuh pun akan merasa lelah. Sehingga, waktu istirahat Anda akan lebih berkualitas dan terhindar dari keinginan untuk merokok kembali di waktu luang.

10. Saling Mengingatkan

Terakhir, cara cepat berhenti merokok yakni dengan menemukan komunitas atau pertemanan yang saling mendukung. Dengan cara ini, Anda dapat saling berbagi tips hingga motivasi untuk berhenti merokok.

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami