10 Destinasi Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi, Hits dan Bikin Kantong Tetap Aman

10 Destinasi Wisata Solo yang Wajib Dikunjungi, Hits dan Bikin Kantong Tetap Aman
Gamelan Sekaten Keraton Surakarta. ©2014 Merdeka.com/Arie Sunaryo
TRENDING | 22 April 2020 11:42 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Salah satu hal yang bisa Anda lakukan jika pandemi corona covid-19 nanti usai adalah berwisata. Berwisata adalah langkah yang dapat menyegarkan pikiran. Dengan pikiran yang kembali jernih, maka Anda akan bersemangat untuk menjalankan rutinitas seperti biasa.

Solo adalah pilihan destinasi wisata yang pas untuk mengembalikan semangat dan produktivitas Anda. Sebab, wisata Solo ini menyuguhkan beragam aspek yang dapat dinikmati seperti budaya, alam, sejarah, hingga edukasi.

Dirangkum dari Liputan6, berikut adalah 10 destinasi wisata Solo yang wajib dikunjungi.

2 dari 11 halaman

Pasar Klewer

pasar klewer
2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo


Wisata Solo pertama yang wajib dikunjungi adalah Pasar Klewer. Terletak di Jl. Dr. Radjiman Solo membuat pasar ini sangat strategis untuk dikunjungi bagi Anda yang gemar dengan wisata belanja.

Anda dapat membeli oleh-oleh berupa benda hingga batik dengan corak khas Solo yang banyak dijual oleh pedagang. Tidak banyak diketahui, Pasar yang menjadi kebanggaan masyarakat Solo ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1942.

3 dari 11 halaman

Keraton Solo

keraton solo

2015 merdeka.com/arie sunaryo


Selain Jogja, Solo juga memiliki Keraton yang identik dengan sejarah bangsa Indonesia di masa lalu. Keraton Solo ini didirikan pada tahun 1974 oleh Susuhunan Prakubuwono II.

Wisata Solo yang satu ini merupakan bangunan yang khas dengan arsitektur bergaya Jawa dan Eropa sehingga cocok bagi Anda yang ingin berfoto ataupun melakukan wisata edukasi. Tidak jauh berbeda dengan Keraton Jogja, Keraton Solo juga memiliki benda-benda koleksi peninggalan kerajaan yang disimpan rapi dan artistik.

4 dari 11 halaman

Candi Cetho

005 isn

Portrait of Indonesia


Wisata Solo selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Candi Cetho. Berada di lokasi jalur pendakian gunung lawu membuat udara di sekelilingnya terasa sejuk dan pas bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran.

Merupakan peninggalan kerajaan Hindu di masa lampau membuat Candi Cetho ini masih sering dijadikan tempat ibadah bagi sebagian umat Hindu di tanah air.

5 dari 11 halaman

Kebun Binatang Taru Jurug

binatang solo prediksi pemenang piala dunia

2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo


Kebun Binatang Taru Jurug merupakan lokasi wisata yang didirikan pada tahun 1870 di Jalan Ir. Sutami No. 40, jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Wisata Solo yang selanjutnya ini mengemas wisata alam dan edukasi dengan gaya yang unik.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti kereta mini, taman bermain, hingga pertunjukan seni yang biasanya disajikan bagi pengunjung.

6 dari 11 halaman

Agrowisata Sondokoro

kebun apel di batu

2015 merdeka.com/debby restu utomo


Berlokasi tidak jauh dari kota Solo, membuat destinasi wisata ini kian banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin memanjakan mata. Menurut sejarahnya, area ini pada awalnya merupakan sebuah pabrik gula yang kemudian dialihfungsikan sebagai objek wisata.

Berbagai fasilitas yang dapat dicoba antara lain yaitu kolam renang dengan berbagai ukuran, terapi ikan, pijat refleksi hingga flying fox.

7 dari 11 halaman

Galabo Solo

5 wisata kuliner solo kaki lima paling hits

2020 Merdeka.com


Wisata Solo yang satu ini sangat cocok bagi Anda penggemar kuliner khas daerah. Terletak di Jalan Mayor Sunaryo, membuat tempat ini ramai dikunjungi sebab lokasinya yang berdekatan dengan Pusat Grosir Solo.

Bila Anda beruntung, sajian live music yang biasa dilakukan oleh masyarakat sekitar akan membuat kunjungan wisata kuliner Anda tambah berkesan.

8 dari 11 halaman

Museum Radya Pustaka

pustaka surakarta

2017 Merdeka.com


Bagi Anda yang ingin berwisata edukasi, tempat yang satu ini cocok untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda. Sebab, Museum Radya Pustaka adalah salah satu museum yang tertua di Indonesia dengan berbagai koleksinya yang menarik.

Akses menuju destinasi wisata ini pun cukup mudah lantaran lokasinya yang berada di jalur utama kota Solo, tepatnya berada di Jalan Slamet Riyadi. Anda dapat berkunjung ke lokasi ini mulai pukul 08.30 hingga 13.00 pada hari Selasa hingga Minggu.

9 dari 11 halaman

Pura Mangkunegaran

kirab laku bisu pura mangkunegaran

2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho


Wisata Solo yang satu ini juga memiliki nama lain yaitu Museum Rekso Pustaka. Wisata ini cukup populer lantaran sajian wisata sejarah mengenai abdi dalem Keraton Surakarta sejak dahulu yang dapat dinikmati.

Pura Mangkunegaran ini berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

10 dari 11 halaman

Pandawa Water World Solo Baru

wayang sukuraga sukabumi

sukuragafoundation.org 2020 Merdeka.com


Wisata Solo yang satu ini menjadi populer di kalangan banyak orang. Sebab, Pandawa Water World Solo Baru ini menyajikan konsep cerita pewayangan dengan gaya permainan yang menarik.

Beberapa tokoh pewayangan yang dipamerkan yakni tokoh Pandawa yang meliputi Arjuna, Puntadewa, Werkudara, Nakula, Sadewa, Drupadi, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, lokasi ini juga tambah mengasyikkan dengan adanya wahana wave pool, sight tower, slides, warm spa, aerated spa, dan masih banyak lagi.

11 dari 11 halaman

Kampoeng Batik Kauman

003 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay


Wisata Solo terakhir yang dapat Anda nikmati adalah Kampoeng Batik Kauman. Bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli oleh-oleh khas Solo, destinasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berdekatan dengan Keraton Kasunan Surakarta di pusat kota, wisata Solo yang satu ini merupakan sentra kerajinan batik yang dikenal hingga mancanegara. (mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami