12 Doa Kristen untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh, Merasa Tenang dan Tegar

12 Doa Kristen untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh, Merasa Tenang dan Tegar
Prosesi jalan salib. ©2017 REUTERS/Pepe Marin
TRENDING | 23 September 2021 10:01 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Doa Kristen untuk orang sakit perlu diketahui dan dipanjatkan kala anggota keluarga, kerabat, kenalan atau sahabat Anda tengah menderita. Menjalani masa penyembuhan biasanya akan merasa frustasi dan berat.

Melalui doa Kristen untuk orang sakit ini, kita berusaha membantu membuat mereka lebih tenang. Baik sakit karena penyakit atau cedera, mencoba menyembuhkan patah hati, atau berduka karena kehilangan sosok yang dicintai.

Hadirkan Tuhan dalam hatimu dan orang yang tengah sakit. Supaya mengetahui bahwa kita tak sendirian, ada Tuhan yang selalu menemani. Bahkan kesembuhan pun telah dijanjikan, tertuang dalam Alkitab penggalan ayat:

"Sembahlah Tuhan, Allahmu, dan berkat-Nya akan ada atas makanan dan airmu. Aku akan menghilangkan penyakit dari antara kamu." (Keluaran 23:25)

Berikut ini beberapa doa Kristen untuk orang sakit agar cepat sembuh, begitu menenangkan dan menyentuh hati, seperti dihimpun dari Christianity dan berbagai sumber lain, Kamis (23/9).

2 dari 4 halaman

Ayat untuk Orang Sakit dalam Alkitab

ilustrasi alkitab

Ilustrasi Alkitab, theblaze.com ©2012 Merdeka.com

Sebelum berlanjut ke doa Kristen untuk orang sakit, kita sejenak membaca sejumlah ayat dalam Alkitab mengenai sakit dan kesembuhan.

Seperti diketahui, salah satu tempat paling membantu untuk dorongan optimis di periode penyembuhan adalah Alkitab. Beragam pesan Tuhan akan membuat hati lebih tenang, penuh keyakinan untuk sembuh, serta mempertebal keimanan.

Pertama, "Apakah ada di antara kamu yang sakit? Biarlah mereka memanggil para penatua gereja untuk mendoakan mereka dan mengurapi mereka dengan minyak dalam nama Tuhan." (Yakobus 5:14)

Kedua, "Jadi jangan takut, karena Aku bersamamu; jangan cemas, karena Akulah Allahmu. Aku akan menguatkanmu dan membantumu; aku akan menopangmu dengan tangan kananku yang adil." (Yesaya 41:10)

Ketiga, "Tuhan memberikan penglihatan kepada orang buta, Tuhan menegakkan orang yang tertunduk, Tuhan mengasihi orang benar." (Mazmur 146:8)

Keempat, "Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami." (Yohanes 1:2)

Kelima, "Dia akan menghapus setiap air mata dari mata mereka. Tidak akan ada lagi kematian atau duka atau tangisan atau rasa sakit, karena tatanan lama telah berlalu." (Wahyu 21:4)

Keenam, "Sembuhkan aku, Tuhan, dan aku akan sembuh; selamatkan aku dan aku akan diselamatkan, karena Engkaulah yang kupuji." (Yeremia 17:14)

Ketujuh, "Sebab Aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu, Aku akan mengobati luka-lukamu, demikianlah firman TUHAN, sebab mereka telah menyebutkan engkau: orang buangan, yakni sisa yang tiada seorang pun menanyakannya." (Yeremia 30:17)

3 dari 4 halaman

1. Doa Kristen Untuk Orang Sakit Singkat

ilustrasi salibcatholicismpure.wordpress.com

Berikut ini bacaan doa Kristen untuk orang sakit yang dipanjatkan secara bersama-sama. Menyebutkan nama pasien dalam doa.

"Tuhan yang Maha Besar, di sini kami bersama-sama sedang cemas melihat saudara kami yang bernama (sebut nama) sedang terbaring lemas di dalam kamar rumah sakit. Ia terlihat tak kuasa menahan penderitaan dari cobaan yang Engkau berikan. Sungguh kami ingin menangis melihat apa yang ada di depan mata kami.

Oleh karena itu, Tuhan, tolong segeralah angkat penyakit saudara kami. Berikan kesembuhan agar hidupnya kembali dapat diiringi dengan sukacita. Dia adalah teman kami yang berharga, yang selalu mengingatkan kami akan Engkau. Kami yakin, Engkau punya kuasa. Kepada Yesus Kristus kami berdoa. Haleluya, Amin."

2. Doa Kristen Untuk Orang Sakit Menyentuh Hati

Berikut ini doa Kristen untuk orang sakit yang singkat untuk dibaca:

"Tuhan Mahakuasa,

Anda tahu bahwa kita dikelilingi oleh banyak bahaya besar, dan karena kelemahan manusiawi kita, kita tidak dapat menahannya.

Berilah kami kesehatan pikiran dan tubuh sehingga kami yang menderita di bawah dosa dapat menang dan menang di dalam Engkau; melalui Putra-Mu, Yesus Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan memerintah bersama-Mu dan Roh Kudus, satu Allah, sekarang dan selama-lamanya. Amin." (Sakramen Gregorian)

3. Doa Kristen Untuk Orang Sakit Pendek

"Tuhan Mahakuasa,

Anda adalah satu-satunya sumber kesehatan dan penyembuhan. Di dalam dirimu ada ketenangan, dan satu-satunya kedamaian sejati di alam semesta. Berikan kepada masing-masing dari kami anak-anak Anda kesadaran akan kehadiran Anda, dan beri kami kepercayaan yang sempurna pada Anda.

Dalam semua rasa sakit dan keletihan dan kecemasan, ajari kami untuk menyerahkan diri pada perawatan Anda yang tidak pernah gagal, mengetahui bahwa cinta dan kekuatan Anda mengelilingi kami, percaya pada kebijaksanaan dan pemeliharaan Anda untuk memberi kami kesehatan dan kekuatan dan kedamaian ketika waktu Anda adalah yang terbaik; melalui Yesus Kristus Tuhan kita. Amin." (The Nazarene, Vol. 7-9, 1922)

4. Doa Kristen untuk Keluarga dan Teman yang Sakit

"Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau mengasihi (sebut nama yang sakit). Saya tahu bahwa Anda membenci apa yang dilakukan penyakit mereka terhadap mereka/saya. Saya meminta Anda untuk menyembuhkan penyakit ini, agar Anda memiliki belas kasih dan membawa kesembuhan dari semua penyakit.

Firman Anda mengatakan dalam Mazmur 107:19-20 bahwa ketika kami memanggil Anda Yang Kekal, Anda akan memberi perintah, menyembuhkan dan menyelamatkan kami dari kematian tertentu. Dalam Alkitab, saya telah membaca tentang penyembuhan ajaib dan saya percaya bahwa Anda masih menyembuhkan dengan cara yang sama hari ini. Saya percaya bahwa tidak ada penyakit yang tidak dapat Anda sembuhkan setelah semua Alkitab menceritakan tentang Anda membangkitkan orang dari kematian, jadi saya meminta kesembuhan Anda dalam situasi ini.

Saya juga tahu dari pengalaman hidup saya di bumi bahwa tidak semua orang sembuh. Jika itu terjadi di sini maka jagalah hati saya tetap lembut terhadap Anda, bantu saya untuk memahami rencana Anda, dan bantu saya untuk bersemangat tentang surga.

Tuhan, saya berterima kasih bahwa [nama orang yang membutuhkan penyembuhan] adalah milik Anda dan bahwa Anda mengendalikan segala sesuatu yang terjadi dari napas pertama kami hingga napas terakhir kami. Amin.

salibProsesi jalan salib ©2017 REUTERS/Jorge Cabrera

5. Doa Kristen Untuk Teman yang Sakit

Simak doa Kristen untuk orang sakit, terutama sahabat yang tengah menderita supaya diturunkan keajaiban sembuh.

"Tuhan, Firman-Mu berbicara janji-janji kesembuhan dan pemulihan dan saya berterima kasih atas mukjizat-mukjizat yang masih Engkau lakukan hari ini. Hari ini saya mengklaim janji-janji itu atas teman saya. Saya percaya pada kekuatan penyembuhan dari iman dan doa dan saya meminta Anda untuk memulai pekerjaan besar Anda dalam kehidupan teman saya.

Tolong jangkau dan kelilingi teman saya dengan kedamaian dan kekuatan supernatural dan beri dia keyakinan untuk percaya bahwa segala sesuatu mungkin bagi Anda. Lindungi dia dari kebohongan dan keputusasaan Setan dan biarkan penyembuhan ajaibnya dimulai. Amin."

6. Doa Kristen untuk Orang Sakit Kritis

"Ya Bapa sorgawi yang Maha Pengasih, kami sangat prihatin karena anggota keluarga kami tengah sakit. Dalam keprihatikan ini kami ingat akan Yess, yang Kau beri kuasa untuk menyembuhkan orang-orang yang sakit. Karena percaya akan kuasa-Mu, maka kami serahkan segala kesembuhannya kepada kebijaksanaan-Mu.

Dengan penuh iman dan harapan, kami memohon kepada-Mu kuatkanlah dia dalam deritanya yang kritis dan parah, dampingi dia dalam kesendiriannya dan hiburlah dia dalam rasa sakitnya. Teguhkanlah dia dalam iman dan harapan untuk segera bisa lekas sembuh secepatnya.

Sudilah Engkau menyembuhkan dia dari penyakit yagn diderita. Semoga dalan menanggung sakit ini dia ingat akan Yesus yang menderita sangat berat dan amat hebat demi menyelamatkan semua orang, termasuk keselamatannya. Melalui perantara Tuhan Yesus kami panjatkan doa. Amin."

4 dari 4 halaman

7. Doa Kristen untuk Orang Sakit Mohon Kekuatan

yesuswww.philosopher-stone.com ©©2012 Merdeka.com

"Bapa tercinta. Saya percaya pada kekuatan tak terbatas Anda untuk memulihkan dan membuat semua hal baru. Saya percaya bahwa penyembuhan fisik, emosional, spiritual, dan mental dapat dicapai pada saat ini melalui tabib ilahi, Yesus.

Saya meminta Anda untuk memberi kami sikap sabar dan penuh kasih untuk menerima kesembuhan Anda jika Bapa menghendaki. Biarlah kekuatan penyembuhan-Mu akan dialami pada saat ini juga. Saya tahu bahwa dengan Anda semua hal mungkin. Saya bersandar pada kepastian kekuatan penyembuhan Anda dan percaya pada kekuatan doa, dan pada kebaikan waktu Tuhan. Amin."

8. Doa Kristen untuk Orang Sakit yang Singkat

"Tuhan Yang Mahakuasa, Engkaulah satu-satunya sumber kesehatan dan kesembuhan. Di dalam dirimu ada ketenangan, dan satu-satunya kedamaian sejati di alam semesta. Berikan kepada masing-masing dari kami anak-anak Anda kesadaran akan kehadiran Anda, dan beri kami kepercayaan yang sempurna pada Anda.

Dalam semua rasa sakit dan keletihan dan kecemasan, ajari kami untuk menyerahkan diri pada perawatan Anda yang tidak pernah gagal, mengetahui bahwa cinta dan kekuatan Anda mengelilingi kami, percaya pada kebijaksanaan dan pemeliharaan Anda untuk memberi kami kesehatan dan kekuatan dan kedamaian ketika waktu Anda adalah yang terbaik; melalui Yesus Kristus Tuhan kita. Amin." (The Nazarene, Vol. 7-9, 1922)

9. Doa Kristen untuk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh

"Ya Bapa Sorgawi, terima kasih atas segala penyertaan yang Engkau berikan sehingga kami dapat berkumpul bersama di tempat dan waktu ini untuk berdoa kepada-Mu. Terima kasih pula telah memberikan berkat berupa kesehatan yang tak ternilai harganya.

Kami sadar bahwa kesehatan merupakan pemberian dari Engkau yang begitu nikmat. Maka dari itu saat ini kami merasa benar-benar sedih melihat saudara/teman kami yang bernama (sebut nama) sedang terbaring menahan rasa sakit yang luar biasa.

Dia adalah orang yang baik, selalu mengingatkan kami akan Engkau, selalu mengajak untuk pergi beribadah di hari minggu, selalu menegur ketika kami melakukan kesalahan, selalu ada di saat kami membutuhkan. Untuk itu, kami selalu berharap yang terbaik untuk-Nya.

Termasuk dengan segala kerendahan hati, kami mohon supaya dia diberi kekuatan untuk melewati penyakit ini. Kami yakin Engkau selalu memberi hikmah dibalik pencobaan yang diberikan, maka dari itu kami berharap agar dia selalu mengambil sisi positif dari setiap kejadian yang dialami.

Jadikan apa yang dialaminya sekarang agar dia mampu lebih paham akan makna kehidupan. Terakhir, dengan sikap merendah kepada-Mu, kami mohon agar saudara/teman kami dapat segera sembuh, diangkat penyakitnya, dan dapat kembali ceria seperti sedia kala.

Kami yakin Engkau mampu, kami yakin bahwa hari itu akan datang di mana saudara/teman kami kembali membuka mata, bangun dari tempat tidurnya serta kembali bercengkerama dengan kami. Kami yakin Engkau adalah Tuhan yang baik, yang mengabulkan setiap permintaan orang yang tulus. Amin."

yesusilustrasi kelahiran Yesus ©Daily Mail

10. Doa Kristen untuk Diri yang Sakit

"Tuhan, Tolong sembuhkan hatiku yang patah. Penuhi aku dengan kedamaian dan sukacita yang aku tahu hanya bisa datang dari-Mu selama masa sulit ini. Berjalanlah di sampingku selama perjalananku menuju penyembuhan dan pemulihan yang aku tahu hanya mungkin melalui kuasa-Mu. Dalam Nama Yesus, Amin.

11. Doa Kristen untuk Sembuh dari Depresi

"Tuhan, sepertinya duniaku telah runtuh, melemparkanku ke dalam lubang yang dalam dan gelap. Aku datang kepadamu dengan penyerahan penuh. Aku putus asa untukmu, tak berdaya dan takut. Tolong angkat saya keluar dari lubang ini dan tunjukkan jalan, Tuhan. Dalam nama Yesus, Amin."

12. Doa Kristen untuk Orang Sakit Mohon Lekas Sembuh

"Ya Tuhan, pada pergumulan ini kami teringat akan Engkau setelah melihat saudara kami yang tengah menderita sakit di rumah sakit. Dia sungguh tersiksa dengan apa yang diderita, tampaknya dia tak mampu lagi bertahan sehingga membuat kami sedih. Padahal, dia adalah orang yang baik yang selalu mengingatkan kami untuk beribadah.

Untuk itu, ya Tuhan, kiranya Engkau terangilah dia supaya mampu memetik hikmat dari pengalaman sakitnya. Semoga ia semakin paham dengan makna kehidupan, dan bahkan dia mampu melihat sakitnya sebagai karunia yang begitu mendatangkan kemuliaan.

Dengar dan sambutlah doa kami ya Yesus, Tabib di atas segala tabib. Kami berdoa untuk memohon kesembuhannya, kiranya pergumulan ini dapat terjadi seturut dengan kehendak-Mu. Melalui perantara Tuhan Yesus, Putera Maria, kami memanjatkan doa. Amin."

Itulah beberapa doa Kristen untuk orang sakit yang dapat Anda panjatkan sendirian atau bersama jamaah lain. Semoga bermanfaat, selalu diberkati dan diberi kesehatan.

(mdk/kur)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami