12 Manfaat Bawang Merah untuk Rambut, Ketahui Cara Membuat Obat Alami Mujarab Ini

12 Manfaat Bawang Merah untuk Rambut, Ketahui Cara Membuat Obat Alami Mujarab Ini
Ilustrasi rambut cantik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Trifonov Igor
TRENDING | 24 Agustus 2021 10:52 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Manfaat bawang merah untuk rambut baiknya Anda ketahui. Ternyata bawang merah memiliki segudang manfaat tak terduga. Bahkan bahan sederhana dari dapur ini dapat membuat rambut lebih bernutrisi, bebas ketombe, panjang, dan berkilau.

Bawang merah kaya akan sifat anti bakteri dan anti jamur. Oleh sebab itu, sejak lama telah digunakan untuk memperkuat rambut dan memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang sehat.

Apalagi bagi Anda yang memiliki gaya hidup yang sibuk, serta kebiasaan makan yang tidak sehat, stres, dan polusi lingkungan. Umumnya berdampak buruk pada kesehatan rambut dan membuat helainya tidak bernyawa dan lemah.

Manfaat bawang merah untuk rambut ini solusi tepat dan direkomendasikan dalam meningkatkan pertumbuhan, serta menyelesaikan semua masalah rambut.

Karena bawang merah mengandung sejumlah besar vitamin C, B6, folat dan mineral penting, zat besi, kalium dan magnesium. Sejumlah fitokimia allium dan allyl disulphide meningkatkan sirkulasi darah dan quercetin.

Ditambah lagi kandungan minyak esensialnya, yang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, membantu menangkal ketombe. Bahkan jadi sumber Sulfur yang baik. Sulfur ditemukan dalam asam amino dan membentuk senyawa protein rambut, Keratin.

Berikut ini manfaat bawang merah untuk rambut yang patut diketahui, beserta cara membuat obat mujarabnya seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (24/8).

2 dari 4 halaman

Membantu Pertumbuhan Rambut

ilustrasi bawang merah
©Shutterstock

Penggunaan minyak ekstrak bawang merah secara teratur, dipercaya dapat menyehatkan kulit kepala. Pastikan untuk memijat minyak rambut bawang merah di rambut dan kulit kepala. Untuk meningkatkan sirkulasi darah di folikel rambut dan membuat surai terlihat lebih padat serta tebal.

Penggunaan minyak yang luar biasa ini akan meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat akar dan mencegah rambut rontok. Minyak bawang merah adalah obat tradisional yang terbukti memastikan pertumbuhan surai yang lebih kuat.

Memerangi Kerontokan Rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut selanjutnya ialah mencegah rambut rontok, bahkan memeranginya. Polusi dan stres kerap menjadi penyebab rambut menjadi lemah, sehingga membuatnya rontok.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan minyak bawang merah karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Yang menghasilkan enzim dalam membatasi kerontokan rambut.

Antioksidan juga terkenal ampuh dalam melawan radikal bebas. Seperti diketahui radikal bebas ini penyebab cepatnya penuaan dini, termasuk rusaknya folikel rambut yang memicu kerontokan rambut.

Mengatasi Ketombe

ilustrasi rambut
©Shutterstock

Sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat dari minyak esensial bawang merah. Diyakini mampu membantu menangkal ketombe dari kulit kepala dan mengobati infeksi dari dalam akar.

Melansir dari Net Meds, senyawa bioaktif di dalamnya pun baik untuk menyehatkan folikel rambut, mengurangi penipisan dan kerusakan rambut. Bahkan mampu menambah volume dan kekuatan pada surai.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut berikutnya ialah merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini juga berkat dukungan sulfur pada bawang merah.

Mengutip dari SehatQ, sulfur ini termasuk zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Ditemukan dalam asam amino, sebagai komponen dalam protein.

Sebuah studi dari Journal of Drug Delivery and Therapeutics, kemampuan manfaat bawang merah itu baik untuk pertumbuhan rambut.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa sampo bawang merah memberikan lebih banyak nutrisi bagi folikel rambut, melembapkan rambut, serta mempercepat pertumbuhan secara alami.

3 dari 4 halaman

Mencegah Beruban

ilustrasi rambut beruban
Ilustrasi rambut beruban ©Shutterstock/Refat

Kebaikan vitamin esensial, mineral dan antioksidan kuat berupa quercetin dari bawang merah untuk rambut. Obat mujarab ini sudah lama diterapkan sebagai cara menghilang uban secara alami.

Ditambah lagi dengan senyawa antioksidan yang disebut katalase dari bawang merah akan membantu mengurangi hidrogen peroksida di akar rambut. Ini merupakan upaya mencegah rambut beruban.

Penggunaan minyak rambut bawang merah secara teratur, bisa meningkatkan tekstur dan menjaga pH rambut serta mencegah beruban prematur. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, tapi cara ini dipercaya efektif.

Mencegah Rambut Kering

Minyak dari bawang merah mampu menyatu dengan minyak lain seperti minyak kelapa atau minyak wijen. Ini dapat digunakan sebagai minyak untuk menuai manfaatnya.

Memijat secara teratur dengan bawang merah akan memelihara kulit kepala dan bertindak sebagai kondisioner. Manfaat bawang merah untuk rambut akan mencegah masalah rambut kering.

Bawang merah adalah herbal ajaib untuk mengobati rambut kering dan rusak karena mengandung asam amino. Kemampuannya dalam menghilangkan kotoran yang ada di pori-pori, sekaligus memperbaiki rambut rusak dan mengembalikan kilaunya.

Melembapkan Rambut

Manfaat bawang merah untuk rambut selanjutnya, disinyalir mampu melembapkan rambut kering hingga rapuh. Kandungan senyawa flavonoid, seperti kaempferol dan quercetin.

Mereka mempunyai sifat antiradang, antioksidan, dan vasodilatasi atau melebarkan pembuluh darah. Sehingga membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Melawan Pertumbuhan Kutu

Bau menyengat dari minyak bawang merah membantu memerangi infeksi dan mengusir kutu dari kepala. Penggunaan minyak esensial bawang merah secara teratur akan membantu mencegah serangan kutu dikemudian hari.

ilustrasi bawang merah
©2014 Merdeka.com/shutterstock/ORLIO

Mencegah Infeksi

Manfaat bawang merah berikutnya karena kandungan zat antimikroba. Zat ini diklaim mampu mencegah infeksi kulit kepala. Dalam beberapa kasus, infeksi bisa memicu rambut rontok dan kerusakan lain.

Menenangkan Kulit Kepala

Selain itu, bawang merah baik untuk menenangkan kulit kepala, terutama saat terasa gatal. Sifat antiradangnya akan membantu kulit lebih nyaman.

4 dari 4 halaman

Merangsang Produksi Kolagen

cantik
©Sociolla.com

Manfaat bawang merah selanjutnya ialah sebagai perangsang produksi kolagen. Kandungan sulfur dari bawang merah akan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga sel-sel kulit lebih meningkat dan menumbuhkan rambut yang sehat.

Mengatasi Masalah Kebotakan

Sebuah studi yang dirilis oleh The Journal of Dermatology, melibatkan sejumlah penderita alopecia areata atau mengalami kebotakan berpola.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa rambut mulai tumbuh di area kulit kepala yang mengalami botak. Usai mengoleskan air bawang merah ke permukaan kulit kepala dua kali sehari selama dua minggu.

Pada minggu keenam, pertumbuhan rambut pada area kebotakan meningkat hingga 87 persen. Meski begitu, responden pria terbukti lebih ampuh merasakan manfaat bawang merah untuk rambut.

Cara Membuat Minyak Rambut Bawang Merah

Minyak rambut bawang merah dapat disiapkan dengan mudah di rumah dengan langkah yang mudah dan murah, seperti dirangkum dari Net Meds:

  • 1,5 kg bawang merah dijus
  • 400 ml minyak kelapa atau wijen
  • 40 gram pasta bawang
Langkah Membuat:

1. Dalam blender tambahkan bawang, aduk rata dan ekstrak jusnya.

2. Ambil bawang dalam penggiling dan buat pasta halus, sisihkan.

3. Sekarang ambil baskom atau bejana untuk menuangkan minyak kelapa atau minyak wijen. Tambahkan jus bawang dan pasta bawang ke dalam minyak dan aduk rata.

4. Nyalakan kompor, panaskan campuran ini dan biarkan mendidih. Setelah itu kecilkan api dan terus aduk campuran dengan baik.

5. Setelah 20-30 menit, matikan api, angkat panci dan biarkan dingin dengan suhu udara.

6. Setelah dingin, ambil kain dan saring minyaknya.

7. Minyak rambut bawang siap digunakan. Simpan dalam wadah kedap udara. Umur simpan minyak bawang adalah 2-3 tahun, namun untuk hasil terbaik dan manfaat maksimal gunakan minyak ini dalam waktu 6 bulan.

ilustrasi bawang merah
©2012 Merdeka.com/Shutterstock/spaxiax

Cara Penggunaan Untuk Rambut Beruban

  1. Dalam mangkuk kecil, campurkan 3 sendok teh air bawang merah dan 2 sendok teh air lemon. Aduk rata.
  2. Oleskan di kulit kepala dan setiap helaian rambut secara menyeluruh.
  3. Diamkan 30 menit.
  4. Bilas rambut dengan sampo hingga bersih. Lakukan langkah ini 3-4 kali dalam seminggu.

Cara Penggunaan Untuk Rambut dan Kulit Kering

Anda bisa menggunakan atau memilih salah satu dari ramuan mujarab berikut ini:

  1. Campurkan 2 sendok makan minyak bawang merah dan setengah sendok makan madu asli.
  2. Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 3 sendok teh minyak atau air bawang merah.
  3. Campurkan 3 sendok makan minyak bawang merah, 5 sendok teh minyak kelapa, dan 1 sendok teh air jeruk nipis.

Cara Penggunaan Untuk Rambut Berketombe

  1. Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 3 sendok makan air/minyak ekstrak bawang merah. Oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.
  2. Giling 2 sendok makan biji fenugreek. Kemudian, tambahkan 2 sendok makan ekstrak bawang merah dan air putih. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta. Oleskan masker pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, bilas hingga bersih.

Cara memperoleh manfaat bawang merah untuk rambut seperti di atas, tidak disarankan bagi yang memiliki riwayat alergi, terutama alergi bawang.

(mdk/kur)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami