4 Fakta Anastasia Wella, Perempuan yang Hidup Dengan 9 Kepribadian

TRENDING | 10 Januari 2020 12:06 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Pernahkah anda mendengar istilah orang berkepribadian ganda? ya, hal tersebut memang benar adanya. Kelainan ini biasa disebut dengan Dissosiative Identity Disorder atau DID, dimana seseorang yang menderita penyakit ini biasanya tanpa sadar akan melakukan hal diluar kemampuan karena dirinya dikendalikan oleh pribadi yang lain.

Anastasia Wella, merupakan satu-satunya perempuan di Indonesia yang mengidap DID dengan 9 sosok kepribadian di dalam dirinya. Dilansir dari video yang diunggah di akun Youtube Narasi, wanita yang akrab disapa Wella ini menceritakan jika dirinya memiliki 9 kepribadian dalam dirinya yang bisa split atau berganti sewaktu-waktu saat mengalami kondisi mental yang tidak stabil. Berikut informasi selengkapnya:

1 dari 4 halaman

Awal Mula Terkena DID

Kelainan mental ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu meski jarang sekali ditemukan. Mengutip dari Brilio.net menurut dokter yang menangani Wella, penyebab munculnya penyakit DID ini diawalai saat masih anak-anak Wella menderita bipolar disorder yang tak tertangani. Saat ia merasa tertekan dia berusaha megatasinya sendiri sehingga muncul sebagai kepribadian.

2 dari 4 halaman

Saat Menyadari

Youtube: @Narasi

Saat menginjak usia 11 tahun, Wella menceritakan ada kejanggalan di dalam dirinya. Ia kerap kali tidak ingat dengan apapun yang dilakukannya. Pihak keluarga bahkan pernah membawanya ke beberapa pengobatan mulai dari alternatif, paranormal, hingga dokter lalu dia divonis terkena DID

3 dari 4 halaman

9 Kepribadian dalam Diri Wella

Youtube: @Narasi

Wella mengungkapkan ada 8 kepribadian lain selain pribadi Wella sendiri yang bisa muncul secara tiba-tiba. Ia bisa tiba-tiba berubah menjadi sosok anak kecil bernama Atin, bisa juga berubah menjadi bilqis gadis muslim yang pandai membaca Al-Quran, Saraswai seorang model dan penari, Ayu penyuka sastra, Ravelin seorang gadis milenial, Naura dengan karakter pemarah, Paula seorang akuntan, bahkan Andreas karakter pria yang suka terhadap kekerasan.

Semua karakter tersebut bisa saja muncul sewaktu-waktu jika ia dalam kondisi mental yang tidak stabil dan tidak bisa menguasai dirinya sendiri.

4 dari 4 halaman

Peran Orang Terdekat

Wella dan Suami/ Youtube: @Narasi

Selain terapi dan penanganan dari dokter, peran orang terdekat bagi penderita DID sangatlah berpengaruh, mereka harus paham betul faktor-faktor apa yang meminimalisir terjadinya kekambuhan.

"Harapan saya sih jangan pernah lelah, setiap masalah itu jangan terlalu dipikirin, tetapi dijalani," ungkap suami Wella mengutip dari Youtube @Narasi

(mdk/khu)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.