5 Aturan Unik di Dunia Hiburan Korea Selatan, Samakah dengan Indonesia?

5 Aturan Unik di Dunia Hiburan Korea Selatan, Samakah dengan Indonesia?
TRENDING | 2 Desember 2019 13:09 Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Merdeka.com - Setiap negara pasti memiliki peraturan tersendiri untuk urusan penyiaran di negara mereka. Ada negara yang membuat lembaga khusus untuk mengawasi penyiaran publik hingga menerapkan hukum tertentu.

Kalau di Indonesia ada lembaga seperti Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Lembaga Sensor Film (LSF) yang mengawasi penyiaran di televisi dan perfilman. Lalu bagaimana dengan Korea Selatan?

Industri pertelevisian dan perfilman Korea Selatan sangat maju, ditambah penyebaran konten mereka lewat KPop, KDrama dan produk budaya populer lainnya.

Di balik itu semua, ada beberapa peraturan unik di Korea Selatan yang harus dipatuhi setiap pelaku industri hiburan, khususnya artis Korea. Apa saja aturan itu?

1 dari 5 halaman

Aturan untuk Artis di Bawah Umur

Korea Selatan memiliki banyak artis yang berusia di bawah umur, terutama idola KPop. Untuk melindungi artis di bawah umur dari pemaksaan kerja, pemerintah membuat peraturan untuk pekerja di bawah umur.

Dilansir dari Hollywood Reporter, untuk pekerja anak (termasuk artis) di bawah usia 15 tahun, hanya diperbolehkan bekerja kurang dari 35 jam dalam sepekan. Ada satu lagi aturan unik, bagi artis di bawah usia legal, tidak boleh mengikuti acara televisi lebih dari tengah malam.

artis korea

2019 Instagram AB6IX

Banyak kejadian idola yang harus dipaksa keluar layar menuju tengah malam, seperti Nam Do Hyun di ProduceX101, Daehwi AB6IX di MMA 2019, dan masih banyak lagi.

2 dari 5 halaman

Tidak Boleh Menunjukkan Tato di Acara TV

Penyiaran di Korea Selatan sangat menjunjung nilai budaya dan moral yang berlaku di sana. Begitu pula untuk masalah sensor. Di Indonesia, masalah ini sempat menjadi perdebatan.


artis korea

2019 Instagram @fluffybaekho


Di Korea Selatan, sensor tidak hanya berlaku pada benda tajam, wajah tersangka dan korban saja, tapi juga berlaku pada tato. Di beberapa acara, idola atau pengisi acara harus menutup tato mereka selama ada di acara televisi.

Seperti idola Baekho Nuest di Produce101, hingga aktor ONE di berbagai dramanya.

3 dari 5 halaman

Artis Harus Punya Citra yang Baik

Aturan unik selanjutnya memang tidak tertulis secara detail di Undang-Undang Penyiaran Korea Selatan. Namun, sudah menjadi budaya kalau artis yang tampil di layar kaca harus punya citra yang baik.

Artis yang memiliki citra buruk atau pernah terlibat kasus kriminal atau skandal berat, biasanya akan mendapat kecaman dari publik. Kecaman ini bisa membuat karier sang artis terhenti.


artis korea

2019 KapanLagi.com


Kejamnya kecaman publik Korea Selatan pernah dialami Yoo Seung Joon. Penyanyi yang pindah kewarganegaraan demi menghindari wajib militer ini, 'diusir' dari Korea Selatan dan tidak diperbolehkan kembali.

4 dari 5 halaman

Harus Bicara Sopan di Layar Kaca

Kalau kalian sering memperhatikan setiap acara TV Korea Selatan, intonasi bahasa yang digunakan terdengar sama. Di Korea, ada tingkatan bahasa yang harus diperhatikan, dari formal hingga informal.

Bahasa yang digunakan di layar kaca televisi haruslah formal dan sopan. Sedekat apapun bintang tamu yang hadir, penggunaan bahasa harus diperhatikan dan tidak boleh sembarangan.

Di Korea Selatan, strata dan tingkatan sangat penting. Dari usia, status sosial, hingga hubungan senior-junior. Sekali melanggar aturan tak tertulis ini, artis bisa dikecam publik, lho.

5 dari 5 halaman

Revisi UU Penyiaran, Kriminal Tak Boleh Berkarier di Industri Hiburan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Korea Selatan punya aturan unik di penyiarannya, soal artis yang pernah terlibat kriminal. Di aturan saat ini, belum ada larangan jelas untuk artis yang pernah terlibat kriminal dan kembali ke layar kaca.

Perwakilan dewan Korea Selatan, Oh Young Hoon mengajukan revisi UU Penyiaran yang isinya melarang artis dengan catatan kriminal untuk kembali ke layar kaca.


artis korea

2019 Instagram @knowingbros_jtbc

Kalau revisi UU Penyiaran ini lolos, beberapa artis akan terancam kariernya. Seperti Lee Soo Geun di Knowing Bros yang pernah terlibat judi, aktor Jung Ji Hoon yang pernah terlibat narkoba, dan idola TOP Bigbang dengan kasus narkoba.

(mdk/snw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami