5 Manfaat Buah Naga Sebagai Masker, Mudah Dibuat dan Mencegah Penuaan Dini

5 Manfaat Buah Naga Sebagai Masker, Mudah Dibuat dan Mencegah Penuaan Dini
TRENDING | 24 Maret 2020 13:11 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Berbentuk unik dengan warna merah menyala pada kulitnya, membuat buah naga kian digemari oleh masyarakat. Buah naga dapat dikonsumsi dengan dua variasi daging buah yaitu warna merah dan putih dengan biji buahnya yang dapat dikonsumsi. Tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh tubuh, buah naga ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah.

Dilansir dari Fimela.com, terdapat beberapa manfaat dari buah naga apabila Anda mengonsumsinya secara langsung. Manfaat tersebut antara lain melembabkan kulit dari dalam, menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Berikut merupakan manfaat dari buah naga sebagai masker serta cara membuatnya:

1 dari 5 halaman

Mencegah Penuaan Diri

001 larensi mahligai mustika rani

2015 Merdeka.com/blog.mariobadescu.com

Penuaan dini dapat terjadi pada siapapun dan dalam usia yang relatif muda. Tanda dari penuaan diri yakni terdapat garis-garis pada wajah, keriput, kulit tidak lagi kencang, dan lain sebagainya. Penuaan dini dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah kegiatan sehari-hari yang tidak dapat terhindarkan dari polusi dan radikal bebas.

Untuk mencegahnya, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari buah naga sebagai masker. Caranya, pertama ambil daging buah dan haluskan. Setelah itu, aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin, maka Anda akan lebih mendapatkan hasil secara maksimal.

2 dari 5 halaman

Mengobati Jerawat

6 jenis jerawat yang sering muncul

insider.com 2020 Merdeka.com

Salah satu manfaat dari buah naga yang dapat Anda gunakan sebagai masker adalah dapat mengobati jerawat dan bekasnya. Buah naga yang berwarna merah sehingga kaya vitamin C dapat membantu menormalkan Ph kulit wajah. Sehingga, jerawat dapat teratasi dengan mengaplikasikan masker buah naga.

Caranya, Anda dapat mencampurkan buah naga dengan air lemon. Anda dapat memilih buah naga saja. Namun, Anda dapat memaksimalkan manfaatnya secara maksimal apabila dicampur dengan air lemon. Pertama, Anda dapat menghaluskan buah naga lalu tuangkan madu. Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Tunggu 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat lalu air dingin hingga bersih. Keringkan dengan handuk bersih.

3 dari 5 halaman

Membantu Regenerasi Kulit

naga

2019 Merdeka.com/Pixabay

Selama manusia hidup, maka seluruh sel-sel yang ada di dalam tubuh akan selalu mengalami peremajaan atau regenerasi. Regenerasi sel bertujuan untuk mengganti sel-sel mati dan secara tidak langsung, sel-sel baru akan menjalankan fungsinya dengan lebih baik. Untuk mempercepat proses regenerasi sel pada kulit wajah, Anda dapat mengambil manfaat dari buah naga.

Percepat proses regenerasi kulit wajah agar tampak lebih cerah dengan mengaplikasikan masker buah naga ke kulit wajah Anda. Caranya, Anda dapat menambahkan madu. Pertama, haluskan daging buah naga. Lalu campurkan dengan madu dan aplikasikan ke kulit wajah Anda. Tunggu 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Setelah itu, bilas kembali menggunakan air bersih dan gunakan handuk bersih sebagai langkah terakhir.

4 dari 5 halaman

Menghaluskan kulit wajah

perawatan kulit wajah

2012 Merdeka.com

Penumpukan sel-sel mati dapat terjadi di seluruh permukaan tubuh. Tidak terkecuali dengan kulit wajah. Sebagai akibatnya, kulit wajah terasa kasar dan timbul berbagai macam permasalahan pada kulit wajah seperti kusam, jerawat, komedo, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengaplikasikan manfaat buah naga sebagai masker. Lakukan secara rutin setiap hari agar mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Kandungan vitamin C pada buah naga dapat ditambahkan dengan air jeruk nipis.

Caranya, gunakan masker tersebut sebagai scrub. Pertama, haluskan daging buah naga dan campurkan dengan air jeruk nipis. Aplikasikan ke kulit wajah dengan tangan yang steril. Aplikasikan dengan gerakan memutar ke seluruh permukaan kulit wajah. Tunggu 5 menit lalu bersihkan dengan air dan handuk hingga tidak ada sisa scrub yang menempel.

5 dari 5 halaman

Melembabkan Kulit

perawatan kulit wajah

2012 Merdeka.com

Manfaat yang terakhir dari buah naga yaitu dapat berfungsi untuk melembabkan kulit wajah. Terdapat berbagai tipe kulit wajah, yaitu normal, normal berminyak, dan kering. Tidak hanya secara genetik, suhu udara yang sejuk hingga dingin dapat membuat kulit wajah Anda kering. Sehingga, Anda butuh sesuatu treatment untuk melembabkan kulit wajah Anda.

Anda dapat melembabkan kulit wajah salah satunya dengan buah naga. Anda dapat mengambil manfaat buah naga secara maksimal sebagai masker. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah kupas buah naga dan ambil daging buahnya. Haluskan dengan sendok ataupun garpu.

Setelah itu, tuangkan madu ke dalam daging buah naga yang telah dihaluskan hingga tercampur dengan baik. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah secara merata menggunakan kuas masker yang telah dibersihkan. Tunggu 15 menit lalu bersihkan wajah dari masker menggunakan air hangat lalu bilas kembali menggunakan air dingin. Jangan lupa gunakan handuk bersih setelah membilas.

(mdk/mta)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami