5 Penyakit Ini Datang di Musim Hujan, Harus Jaga Kondisi Tubuh

5 Penyakit Ini Datang di Musim Hujan, Harus Jaga Kondisi Tubuh
TRENDING | 29 November 2019 14:38 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Musim hujan merupakan musim yang dipercaya sebagai musim rawannya penyakit akibat mikroba dan virus yang banyak berkembang. Tak jarang banyak sebagian orang yang terserang penyakit ketika musim hujan melanda.

Bagi yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh prima, Anda akan menderita karena serangan penyakit sepanjang musim hujan ini. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus tetap menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari penyakit.

Dengan adanya beberapa masalah cuaca tersebut, tentunya akan berpengaruh terhadap penurunan daya tubuh yang Anda miliki. Seringkali, kondisi menurunnya berat badan akan membuat Anda terserang beberapa penyakit.

Ketika musim hujan melanda usahakan Anda menjaga kondisi stamina tubuh misalnya dengan meminum suplemen vitamin C agar tidak mudah terserang oleh penyakit.

Berikut rangkuman merdeka.com tentang macam penyakit yang datang di musim hujan dari beberapa sumber:

1 dari 5 halaman

Demam dan Flu

flu rev1

Deman dan flu ini adalah penyakit yang dianggap populer ketika musim hujan melanda. Tidak memandang usia, dua penyakit ini dapat menyerang siapa saja yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima ketika musim hujan.

Demam dan flu ini terjadi akibat kondisi cuaca tidak menentu serta suhu yang turun drastis, sehingga daya tahan tubuh dapat terganggu. Gejala umum yang akan muncul adalah bersin, batuk dan suhu tubuh meningkat.

2 dari 5 halaman

Demam Berdarah

rev1

Salah satu penyakit menular yang sering terjadi ketika musim hujan adalah demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh binatang nyamuk dengan jenis Aedes Aegypti. Deman berdarah juga sering disebut penyakit break-bone, karena menyebabkan nyeri sendi hingga terasa retak pada tulang. Demam darah yang sudah dalam kondisi parah menyebabkan pendarahan yang serius serta terjadi penurunan darah tiba-tiba. Demam berdarah serius juga akan menyebabkan kematian.

3 dari 5 halaman

Diare

Penyakit yang ditandai dengan mengencernya feses dan frekuensi buang air besar secara terus-menerus ini sering terjadi ketika musim hujan tiba. Karena bakteri yang menyebar ketika musim hujan seperti E.coli, shigella, cryptosporidium dan rotavirus. Penyakit ini merupakan penyakit yang ringan, akan tetapi juga memiliki kisaran kondisi sementara hingga berbahaya untuk nyawa penderitanya.

4 dari 5 halaman

Malaria

Penyakit berbahaya yang dapat menyerang Anda di musim hujan adalah malaria. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles.

Penyakit ini akan sangat meningkat ketika musim hujan dan juga setelah musim hujan. Malaria bisa berkembang dan memiliki risiko menyerang nyawa penderitanya jika tidak segera dilakukan penanganan.

5 dari 5 halaman

ISPA

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah penyakit yang sangat memungkinkan untuk menyerang ketika musim hujan telah tiba. Penyakit ini disebabkan oleh virus, bakteri dan beberapa jenis mikroba yang dapat menyerang bagian pernapasan. ISPA memiliki gejala seperti batuk dan demam.

Jika dalam kondisi akut akan memungkinkan penderita mengalami sesak napas dan nyeri pada bagian dada. Untuk melakukan pencegahan agar tidak terserang ISPA di saat musim hujan, jagalah kesehatan Anda dengan tetap mengonsumsi makanan penuh gizi agar kondisi tubuh Anda tetap sehat. Biasakan untuk menutup mulut ketika bersin atau batuk.

Demikianlah penyakit yang harus Anda waspadai ketika musim hujan telah tiba. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan.

(mdk/bil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami