6 Bahaya Daging Merah Jika Sering Dikonsumsi, Berisiko Kanker

TRENDING | 30 November 2019 10:24 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Bahaya daging merah jika sering dikonsumsi dapat memancing beberapa penyakit yang dapat ancam nyawa Anda. Memang makanan yang berbahan daging merah sangat lezat dan menggugah selera ketika sudah diolah.

Daging merah ini biasanya berasal dari hewan seperti kambing atau sapi. Olahan daging merah yang lezat akan membuat orang banyak mencarinya dan menikmatinya seperti misal daging merah yang sudah diolah menjadi rendang, gulai sapi, atau steak.

Memang sumber protein tinggi ini bisa Anda dapatkan dari daging merah seperti sapi, kambing, babi dan lainnya. Namun ketika Anda terlalu sering mengonsumsinya, ini juga akan menimbulkan masalah kesehatan seperti penyakit yang serius.

Untuk itu Anda harus hati-hati dan mengontrol diri agar tidak terlalu terlena hingga sering makan makanan dengan bahan dasar daging merah.

Kondisi hingga beberapa penyakit berbahaya tidak akan sungkan untuk bersarang dan menyerang di tubuh Anda jikalau sering mengonsumsi daging merah. Inilah rangkuman Merdeka.com tentang bahaya daging merah jika sering dikonsumsi, dari beberapa sumber:

1 dari 6 halaman

Menyebabkan risiko kanker

Ketika daging merah dikonsumsi secara terus-menerus ternyata memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi. Salah satu bahaya ketika mengonsumsi daging merah terlalu sering adalah dapat menyebabkan risiko kanker. Sebuah penelitian mencatat jika Anda mengonsumsi daging merah lebih dari 18 ons dalam satu minggu membuat risiko kanker kolorektal meningkat.

Tidak hanya itu, sering mengonsumsi daging yang diolah akan membuat tubuh rentan terserang kanker usus besar dan kanker lambung. Hal ini telah disampaikan oleh American Institute for Cancer Research.

2 dari 6 halaman

Meyebabkan Gangguan Jantung

Gangguan jantung ini akan Anda alami jika Anda sering mengonsumsi daging merah. Daging merah ini sangat mengandung tinggi lemak, yang dapat risiko kolesterol buruk pada tubuh akan meningkat. Untuk membatasi lemak jenuh, The American Heart Association menyarankan agar membatasi lemak jenuh 5 hingga 6 persen dari total kalori.

3 dari 6 halaman

Menyebabkan Risiko Batu Ginjal

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu ginjal. Sebab, protein berlebih dengan mengonsumsi daging merah akan mempengaruhi ginjal karena senyawa purin dari daging akan membentuk asam urat dan dapat meningkatkan Anda terkena penyakit batu ginjal.

Oleh karena itu, mulai saat ini Anda harus mengurangi tingkat keseringan makan makanan olahan berbahan dasar daging merah.

4 dari 6 halaman

Mengubah kulit dan rambut

Bahaya sering konsumsi daging merah selanjutnya adalah dapat terjadi perubahan pada kulit dan rambut Anda. Hal ini disebabkan jarang ditemukannya vitamin C dalam daging merah. Padahal vitamin C memiliki fungsi membentuk kolagen, kemudian protein untuk memberi struktur pada kulit, tulang, rambut, kuku dan lainnya.

Seorang ahli gizi Jenna Braddock mengatakan, kulit Anda bisa menjadi kasar dan bergelombang dan menyebabkan pertumbuhan rambut pada tubuh.

5 dari 6 halaman

Menyebabkan Sembelit

Sembelit ini mungkin akan Anda alami ketika Anda mengonsumsi daging terlalu banyak. Hal itu dikarenakan daging merah yang Anda makan hampir tidak memiliki serat. Sedangkan serat ini dapat Anda dapatkan ketika mengonsumsi buah-buahan segar dan juga sayur-mayur yang sehat. Jadi Anda harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah ketimbang daging merah.

6 dari 6 halaman

Menyebabkan Kantuk

Mengonsumsi daging merah dengan jumlah yang terlalu banyak dapat membuat Anda mudah lelah dan menyebabkan kabut otak. Hal tersebut diakibatkan karena protein yang terkandung dalam daging butuh waktu yang lama untuk diproses oleh pencernaan tubuh. Ahli gizi dan diet dan juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics, Caroline Passerrello mengatakan, protein yang menjadi bahan bakar akan membutuhkan waktu yang lama agar bisa sampai ke otak. Akibatnya akan membuat Anda menjadi kurang fokus.

Demikian tadi merupakan bahaya yang diberikan daging merah jika Anda terlalu sering atau banyak mengonsumsinya. Segera kurangilah dan mulai beralih kepada sayur dan buah yang lebih bisa menjaga kesehatan tubuh Anda.

(mdk/bil)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.