6 Manfaat Tahu Jika Dikonsumsi, Bisa Jaga Kesehatan Ginjal

6 Manfaat Tahu Jika Dikonsumsi, Bisa Jaga Kesehatan Ginjal
TRENDING | 5 Desember 2019 17:51 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Manfaat tahu yang dikonsumsi ini jarang diketahui. Banyak orang hanya sekedar mengonsumsi tanpa mengetahui manfaatnya. Tahu merupakan makanan yang sering dijadikan olahan masakan.

Hal ini dikarenakan tahu sangat mudah didapatkan. Selain itu, tahu sangat mudah diolah dan dipadupadankan dengan makanan lain, bahkan untuk dijadikan makanan pendamping saja juga bisa.

Cara mengolah tahu yang paling umum adalah digoreng atau direbus, untuk kemudian diolah bersama aneka masakan yang lain. Seringkali tahu ini dipasangkan dengan tempe.

Sama seperti tempe, tahu ini juga makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai. Harganya yang terjangkau membuat tahu seakan menjadi makanan wajib yang harus dibeli ketika seorang ibu rumah tangga pergi ke pasar.

Dengan berbahan dasar kedelai, membuat tahu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Sebab tahu mempunyai kandungan nutrisi yang kaya seperti vitamin B1, kalsium, magnesium, zat besi, mineral dan tinggi akan protein.

Sehingga, tahu sangat aman untuk Anda makan. Berikut rangkuman Merdeka.com dari berbagai sumber tentang manfaat tahu jika dikonsumsi untuk Anda:

1 dari 6 halaman

Jaga Kesehatan Ginjal

ginjal rev1

Jika Anda adalah orang yang sedang memiliki masalah pada ginjal, maka tahu merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi, karena protein di dalamnya sangat cukup untuk melengkapi kesehatan tubuh Anda. Ini mampu meningkatkan kesehatan ginjal Anda karena memiliki banyak mineral dan lebih mudah dicerna daripada daging.

2 dari 6 halaman

Mencegah Menopause

rev1

Bagi Anda para wanita, manfaat tahu yang belum banyak diketahui adalah dapat mencegah menopause dini. Isoflavon yang ada di dalam tahu membantu selama tahap pra-menopause, di mana kondisi ini tubuh cenderung memiliki estrogen yang tak seimbang. Isoflavon sendiri adalah senyawa nabati yang bertugas membuat kadar estrogen stabil selama masa menopause.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko kanker

kanker rev1

Manfaat mengonsumsi tahu yang lain adalah mengurangi risiko kanker. Hal ini masih disebabkan oleh kandungan isoflavon dalam tahu. Makanan ini dapat mengurangi Anda menderita kanker payudara dan prostat. Tahu mengandung selenium yang berfungsi sebagai penjaga tubuh agar tetap sehat.

4 dari 6 halaman

Menyehatkan Kulit

rev1

Tak hanya dapat mengobati penyakit kronis, tahu juga punya manfaat dapat menyehatkan kulit. Tahu dapat membuat otot kulit mengencang sehingga kulit lebih terlihat sehat alami. Tahu memiliki manfaat untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin, protein dan mineral. Jika Anda ingin awet muda, konsumsilah tahu secara teratur.

5 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Darah

Manfaat selanjutnya yang diberikan dari tahu untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan darah. Zat besi yang terkandung dalam tahu membuatnya dapat meningkatkan sel darah, ini menghindarkan Anda dari penyakit anemia. Selain itu tahu juga mengandung protein yang dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah, dengan begitu Anda dapat terbebas dari penyakit diabetes.

6 dari 6 halaman

Mengontrol Berat Badan

badan

Tahukah Anda? Bahwa dengan mengonsumsi tahu, ternyata dapat mengontrol berat badan Anda. Sangat disarankan untuk mengonsumsi tahu ketika sedang melakukan program diet karena tahu memiliki kalori cukup rendah. Tak hanya dapat mengontrol berat badan, tahu juga bantu menurunkan kolesterol jahat di tubuh Anda.

Itu tadi merupakan manfaat tahu jika dikonsumsi, semoga bermanfaat.

(mdk/bil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami