6 Potret Terbaru Mantan Vokalis Duo Ratu, dari Pinkan Mambo hingga Mey Chan

6 Potret Terbaru Mantan Vokalis Duo Ratu, dari Pinkan Mambo hingga Mey Chan
TRENDING | 3 Februari 2020 13:00 Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Merdeka.com - Duo Ratu dibentuk tahun 1999 dengan anggota Maia Estianty dan Pinkan Mambo. Ahmad Dhani menjadi salah satu sosok yang memiliki peran atas lahir dan berkembangnya Ratu. Sayangnya, kini Ratu sudah bubar menyisakan karya yang akan selalu terkenang.

Dari awal dibentuknya, Ratu sudah mendapatkan sambutan meriah dari penikmat musik Indonesia. Banyak yang menyebut, Ratu menjadi salah satu pelopor grup musik perempuan di Indonesia saat itu.

Walau kerap bergonta-ganti anggota dan dipenuhi kontroversi selama berkarier, karya-karya Ratu tetap menjadi juara. Tahun 2006, Ratu berhasil mencetak rekor penjualan album yang mencapai 200 ribu keping di hari pertama perilisan.

Berikut potret terbaru para mantan anggota Duo Ratu yang kini disibukkan dengan kegiatan masing-masing.

1 dari 6 halaman

Pinkan Mambo, Anggota Pertama

Pinkan Mambo menjadi anggota yang direkrut Ahmad Dhani dan Maia Estianty tahun 1999. Sebelum bergabung dengan Ratu, Pinkan bekerja sebagai penyanyi kafe. Di perjumpaan pertamanya dengan Ahmad Dhani, Pinkan langsung meminta untuk dibuatkan album.

duo ratu dan duo maia

2020 Merdeka.com/Instagram dan KapanLagi.com

Tak berselang lama setelah pertemuannya dengan Ahmad Dhani di sebuah kafe di Jakarta, Pinkan ditawari untuk menjadi vokalis Ratu bersama Maia Estianty, yang saat itu berstatus istri Ahmad Dhani.

Karier Pinkan bersama Ratu tak berlangsung lama, tahun 2004 Pinkan menyatakan keluar dari Ratu. Kini, Pinkan disibukkan dengan kegiatannya sebagai ibu dan aktivis gereja.

2 dari 6 halaman

Diganti Mulan Kwok

Usai keluarnya Pinkan Mambo, Maia yang menjadi pentolan grup menyatakan untuk tidak akan membubarkan Ratu. Akhir Desember 2004, Maia bertemu dengan Mulan Jameela yang saat itu bernama Mulan Kwok di sebuah kafe.
duo ratu dan duo maia

2020 Merdeka.com/KapanLagi.com

Dengan bergabungnya Mulan di Ratu, citra duo yang awalnya mengusung tema elegan berubah menjadi centil dan seksi. Dengan formasi baru, Ratu berhasil menggemparkan industri musik Indonesia.

Bersama Mulan Kwok, Ratu semakin melejit dan berhasil mencetak banyak prestasi. Banyak lagu populer Ratu di tahun 2005 menjadi hits, seperti Teman Tapi Mesra.

3 dari 6 halaman

Potret Terbaru Mulan Jameela

Tak selang lama setelah berada di puncak karier, Ratu diterpa banyak gosip dan kontroversi. Mulan pernah memberi pernyataan mengejutkan mengenai permasalahan honor. Buntut panjang dari masalah itu, Mulan akhirnya memutuskan keluar tahun 2007.
duo ratu dan duo maia

2020 Merdeka.com/Instagram Mulan Jameela

Setelah keluarnya Mulan, Ratu masih terus tampil dengan formasi tambahan dan bersifat sementara. Di sisi lain, banyak yang menyebut masalah rumah tangga Ahmad Dhani dan Maia juga menjadi penyebab bubarnya Ratu.

Mulan bergabung dengan manajemen Ahmad Dhani dan hubungan keduanya menjadi dekat. Pasca bercerai dengan Maia Estianty, Dhani menikahi Mulan Kwok yang kini berubah nama menjadi Mulan Jameela. Saat ini, Mulan aktif menjadi anggota DPR RI dan selebgram.

4 dari 6 halaman

Duo Ratu Jadi Duo Maia

Bubarnya Ratu, akhirnya mendorong Maia untuk membentuk grup dengan nama baru. Tahun 2008, Maia bercerai dari Ahmad Dhani dan mulai meniti karier bermusiknya sendiri. Ia bertemu dengan Mey Chan dan membentuk Duo Maia.
duo ratu dan duo maia

2020 Merdeka.com/KapanLagi.com


Secara manajemen, Duo Ratu dan Duo Maia memang berbeda. Namun, kehadiran Maia Estianty di grup tersebut, seolah membuat Ratu tetap hidup di Duo Maia.

Bersama Mey Chan, Maia hadir dengan gaya musik unik. Duo ini mengusung tema unik dan berbeda. Maia berhasil mencetak prestasi salah satunya di ajang penghargaan Dahsyatnya Awards 2009 sebagai Duo Terdahsyat.

5 dari 6 halaman

Potret Terbaru Mey Chan

Duo Maia berkarier selama kurang lebih 9 tahun. Di 2017, Mey Chan memutuskan keluar dari Duo Maia, perempuan asal Malang ini beralasan ingin fokus dengan rumah tangga barunya.
duo ratu dan duo maia

2020 Merdeka.com/Instagram dan KapanLagi.com

Setahun vakum dari industri hiburan, Mey Chan hadir kembali ke belantika musik tanah air dengan nama aslinya. Perempuan berusia 33 tahun ini berhasil merilis single, Setia tahun 2018 dan Ibu di 2019.

Kini, perempuan bernama asli Dita Anggraeni ini masih aktif di dunia hiburan sebagai model dan selebgram. Lewat Instagram-nya, Mey Chan aktif memamerkan kesibukannya.

6 dari 6 halaman

Maia Estianty Kini

Satu sosok yang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Duo Ratu dan Duo Maia. Ialah Maia Estianty, yang menjadi satu-satunya anggota tetap di dua grup vokal perempuan itu. Kiprahnya di dunia musik juga tak diragukan lagi.
duo ratu dan duo maia

2020 Merdeka.com/Instagram dan KapanLagi.com

Setelah dua grup yang digawanginya bubar, Maia tetap aktif bermusik. Bahkan, Maia juga ditunjuk untuk menjadi juri di beberapa audisi pencarian bakat penyanyi baru.

Tak hanya menjadi penyanyi dan juri, Maia juga masih aktif menulis lagu dan menjadi produser rekaman di labelnya, Musica Studio.

(mdk/snw)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami