7 Cara Berhijab Simpel dan Elegan, Mudah untuk Dicoba

7 Cara Berhijab Simpel dan Elegan, Mudah untuk Dicoba
Gaya hijab wanita muslim di London. ©Reuters
TRENDING | 27 April 2020 10:12 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Indonesia kini menjadi salah satu role mode busana muslim di seluruh dunia. Hal ini lantaran semakin banyaknya wanita Indonesia yang kian memiliki kesadaran untuk menutup aurat, salah satunya yakni dengan menggunakan hijab.

Cara berhijab pun sebenarnya tidak sulit bagi Anda yang ingin mencobanya. Apapun style hijab yang Anda pilih, yang utama adalah tetap menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan baik. Karena dengan kondisi kulit kepala dan rambut yang sehat dan terawat, penggunaan hijab sehari-hari akan terasa lebih nyaman.

rejoice baru
Presented by Rejoice

Agar rambut dan kulit kepala senantiasa sehat, segar, serta mendapatkan keharuman dan kesejukan dari subuh hingga isya, kamu perlu shampo dan kondisioner dengan formula tepat. Salah satunya adalah rangkaian Rejoice 3-in1 Perfect Cool Shampoo dan Rejoice 3-in-1 Perfect Conditioning Conditioner yang bisa Anda dapatkan di sini. Yuk coba sekarang dan gunakan secara teratur untuk hasil yang optimal.

Dikutip dari berbagai sumber, simak rangkuman mengenai 7 cara berhijab simpel dan elegan yang berikut ini.

2 dari 8 halaman

Casual Simple

zaskia adya meccainstagram zaskia adya mecca

©2019 Merdeka.com

Cara berhijab yang pertama yakni gaya casual simple. Bagi Anda yang ingin berhijab dengan cara simple, gaya yang satu ini dapat menjadi andalan.

Gaya ini pun semakin populer sebab cara penggunaannya yang simple dan cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti ke kampus, sekolah, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Caranya cukup mudah. Pilih hijab segi empat dan buat segitiga dengan mempertemukan ujung satu dengan lainnya. Setelah itu, pasang dengan menggunakan jarum atau peniti kecil di bagian bawah dagu.

Agar lebih rapi, tarik hijab yang ada di depan dada ke belakang pundak kiri dan kanan. Anda dapat menggunakan jaket denim agar gaya berbusana Anda semakin menarik dan casual.

3 dari 8 halaman

Hijab Polos

zaskia adya meccaInstagram/@zaskiadyamecca ©2020 Merdeka.com

 

Cara berhijab yang kedua ini pun juga semakin digemari oleh muslimah. Sebab, cara yang satu ini pun penggunaannya mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Sering dipadukan dengan gaya muslimah yang syar’i seperti penggunaan rok panjang dan blus, gaya sederhana ini membuat waktu berdandan Anda lebih efisien dan nyaman.

Hijab polos pun juga lebih dapat dikombinasikan dengan berbagai warna busana yang Anda gunakan. Cara berhijab dengan gaya ini juga mudah, cukup buat bentuk segitiga pada kain hijab segi empat Anda lalu pasang dengan menggunakan jarum.

Terakhir, Anda dapat menarik sisi kanan atau kiri kerudung ke pundak dan menyematkan jarum di atasnya.

4 dari 8 halaman

Hijab Pastel

 007 tantri setyorini© Instagram/ichasoebandono

 


Cara berhijab selanjutnya yakni hijab pastel. Gaya yang satu ini juga semakin membuat Anda lebih menarik lantaran warna pastel yang sedang trendy di kalangan muslimah.

Warna-warna pastel yang unik dan menggemaskan dapat dikombinasikan dengan atasan yang bermotif. Pemilihan warna pastel yang tepat akan membuat Anda terkesan lebih kalem.

5 dari 8 halaman

Street Style Hijab

zaskia adya meccainstagram @zaskiadyamecca ©2020 Merdeka.com


Guna menghindari penggunaan hijab yang terkesan monoton, Anda dapat mencoba salah satu cara berhijab yang satu ini. Gaya berhijab yang disebut street style ini mencoba mengombinasikan beberapa pernak-pernik modern dan kekinian bagi Anda yang ingin tampil beda.

Hijab street style kini menjadi populer di kalangan anak muda lantaran mudah dan sekaligus dapat membuat wajah terkesan elegan dengan gaya yang trendy. Gaya hijab yang satu ini memadukan gaya oversized dengan penggunaan sneakers yang membuat muslimah semakin nyaman menggunakan hijab.

Selain itu, tambahan properti lain seperti topi, anting, atau kacamata hitam yang unik akan membuat tampilan hijab Anda semakin menarik.

6 dari 8 halaman

Hijab Layering

ilustrasi hijabers©shutterstock.com/dboystudio


Gaya berhijab satu ini juga dapat Anda coba. Tidak jauh berbeda dengan gaya-gaya sebelumnya, hijab layering ini juga menggunakan hijab segitiga yang dapat dengan mudah diaplikasikan.

Perbedaannya, Anda dapat memilih warna hijab dan outfit yang sedikit berbeda dan berani. Anda juga dapat mengandalkan baju atau dress dengan outer yang dapat memaksimalkan tampilan busana muslim yang Anda pilih.

Warna-warna yang dapat Anda ambil yakni seperti warna pastel yang dikombinasikan dengan warna tua ataupun monokrom.

7 dari 8 halaman

Hijab Rapi

004 tantri setyorini©Pexels/kelvin octa 


Untuk kesan penggunaan hijab yang lebih rapi, Anda dapat mencoba gaya berhijab yang satu ini. Gaya hijab rapi ini juga tengah populer di kalangan banyak muslimah sebab gaya ini akan menimbulkan kesan menarik dan dapat membuat seseorang terlihat lebih tinggi.

Tidak sulit, caranya yakni cukup siapkan hijab berbahan sutera atau satin lalu lipat menjadi bentuk segitiga. Setelah itu, pasang hijab di atas kepala yang sudah menggunakan inner.

Ambil jarum lalu sematkan di bawah dagu. Untuk menimbulkan kesan yang rapi, tarik kedua bagian hijab yang berada di depan dada dan letakkan di belakang leher. Ikat dan sembunyikan di belakang hijab.

Setelah itu, rapikan bagian depan hijab hingga agar tidak terlihat mengerut.

8 dari 8 halaman

Hijab Pashmina

untuk kulit kuning langsat©2014 Haute Hijab


Terakhir, cara berhijab yang dapat menimbulkan kesan elegan dan mewah adalah dengan menggunakan hijab pashmina. Pashmina adalah istilah yang digunakan untuk menyebut hijab panjang yang menyerupai selendang.

Untuk menimbulkan kesan yang menarik dengan menggunakan hijab pashmina pun cukup mudah. Caranya, pasang hijab di atas kepala yang sudah terlebih dahulu menggunakan inner. Pasang hijab dengan bagian kanan yang lebih panjang.

Lalu, sematkan tepi kain sebelah kiri ke bawah telinga. Lalu tarik kain yang ada di sebelah kanan ke belakang pundak kiri. Terakhir, tarik terus hingga kembali ke pundak kanan dan biarkan terjuntai. Rapikan kerudung agar tampilan Anda semakin menarik.

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami