7 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Alami

TRENDING | 5 Desember 2019 11:38 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Cara menghilangkan panu di wajah ternyata bisa dilakukan dengan aman. Cara ini dilakukan menggunakan bahan-bahan alami. Panu merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur yang tumbuh di kulit.

Penyakit panu ini akan sangat mengganggu penampilan. Panu memiliki bentuk bercak bulatan putih yang menempel pada kulit Anda dengan disertai rasa gatal. Bisa Anda bayangkan jika panu tumbuh di wajah, pasti sangat tidak enak dipandang. Dengan begitu panu akan membuat tingkat kepercayaan diri Anda menurun.

Banyak orang melakukan cara menghilangkan panu dengan menggunakan obat jamur yang bisa didapatkan di toko obat terdekat. Namun, alangkah baiknya jika menggunakan cara alami untuk menghilangkannya. Selain mudah, ini merupakan cara dengan risiko efek samping yang sangat minim.

Berikut adalah cara menghilangkan panu di wajah secara alami :

1 dari 7 halaman

Minyak Kelapa

Anda bisa coba cara menghilangkan panu di wajah dengan menggunakan bahan alami yang terbuat dari sari buah kelapa yaitu minyak kelapa. Sebuah penelitian menunjukkan, minyak kelapa dapat meningkatkan kekebalan terhadap, virus, bakteri dan jamur.

Asam lemak yang terdapat di dalamnya mampu membuat pertumbuhan jamur penyebab penyakit panu terhenti. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa murni langsung pada kulit yang terkena panu dan membiarkannya sampai kering.

2 dari 7 halaman

Yoghurt

Yoghurt memilikibanyak kandungan nutrisi dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan kalsium, vitamin B12, vitamin B6, riboflavin dan protein di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Yoghurt juga memiliki kandungan probiotik yang mampu menghambat pertumbuhan jamur ketika dioleskan.

Cara menghilangkan panu di wajah ini cukup mudah, Anda bisa mulai dengan mengoleskan yoghurt pada kulit yang terkena panu dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu Anda bisa gunakan air hangat untuk membersihkannya. Jangan lupa untuk menggunakan yoghurt tawar.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa lakukan dengan cara tidak hanya mengolesnya, namun juga bisa mengonsumsinya sebanyak 2 gelas yoghurt tawar setiap harinya. Ini sangat ampuh dalam membasmi infeksi jamur dari dalam.

3 dari 7 halaman

Tea Tree Oil

Teh dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Salah satunya adalah dapat menghilangkan panu di wajah Anda. Melaleuca atau pohon teh ini merupakan jenis tanaman dengan kandungan antiseptik yang sangat kaya, itu membuatnya sangat ampuh untuk menyembuhkan luka.

Banyak penelitian dilakukan dan membuktikan, tea tree oil mampu membunuh virus, bakteri dan jamur. Gunakan tea tree oil ini dengan beberapa campuran pendamping agar lebih efektif seperti tambahan minyak lavender atau minyak kelapa. Caranya, campurkan minyak kelapa sebanyak 1 sdt, tea tree oil sebanyak 5 tetes, dan 5 tetes minyak lavender. Lalu, aduk hingga rata dan usapkan pada panu menggunakan cutton bud untuk hasil yang lebih maksimal.

4 dari 7 halaman

Belimbing Wuluh

Untuk menghilangkan panu, Anda juga bisa lakukan dengan menggunakan blimbing wuluh sebagai bahan alami. Khasiat luar biasa yang dimiliki blimbing wuluh ini antara lain, memiliki kandungan asam format, peroksida, kalsium oksalat, kalium sitrat, sulfur, glukosid dan tanin. Sangat cocok untuk melawan jamur, belimbing wuluh ini memiliki sifat antijamur. Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah saja dan memotongnya menjadi empat bagian, lalu usapkan kepada bagian yang terkena panu.

5 dari 7 halaman

Lengkuas

Lengkuas merupakan rempah yang dikenal sebagai bumbu penyedap masakan. Namun, ternyata lengkuas juga dapat dijadikan bahan alami untuk menghilangkan panu di wajah Anda. Dengan kandungan zat besi, flavonoid, emodin, galangin, vitamin C dan A serta masih banyak lagi dapat membantu Anda melawan jamur kulit membandel di wajah.

Seorang ilmuwan dari Korea melakukan sebuah penelitian dan mengatakan, senyawa yang ada dalam lengkuas dapat memperlambat oksida-nitar dan produksi lipoposakarida. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, dengan mengambil lengkuas, potong dan usapkan pada daerah yang terkena panu. Cara ini dapat dilakukan selama 5 menit dan bisa dilakukan setiap dua kali sehari.

6 dari 7 halaman

Kunyit

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan panu di wajah adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit ini adalah salah satu rempah yang juga memiliki manfaat banyak bagi kulit. Minyak volatile yang ada di dalamnya membuat kunyit bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Tak hanya itu, kunyit juga memiliki kandungan curcumin yang kental dengan sifat anti-oksidan. Sehingga keduanya dapat melawan dan membasmi jamur penyebab panu.

7 dari 7 halaman

Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini juga biasa dikenal sebagai penyedap makanan. Bawang putih bisa Anda jadikan bahan untuk menghilangkan panu di wajah. Sebab, dia mengandung allicin yang bukan lain adalah komponen biologis aktif berguna menjadi zat anti-bakteri besar dalam kandungan bawang putih.

Dengan kandungan antioksidan yang sangat kaya membuatnya dikenal sebagai anti-virus, anti-bakteri dan jamur. Cara menggunakannya dengan memotong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian. Gosoklah pada panu dengan lama waktu lima menit dan lakukan sebanyak dua kali sehari.

Itu tadi 7 cara menghilangkan panu di wajah yang bisa Anda lakukan secara alami dengan bahan mudah didapatkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

(mdk/bil)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.