7 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

7 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami
TRENDING | 10 Desember 2019 13:59 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Cara mengobati batuk berdahakpenting bagi yang tengah mengalami batuk berdahak. Batuk berdahak memang sangat menyiksa. Terkadang, dahak yang ada sering menyumbat saluran pernapasan sehingga membuat kita sedikit susah bernapas.

Sebenarnya, baik batuk berdahak maupun kering sama-sama menyiksa. Bayangkan jika batuk ini terjadi secara terus-menerus akan sangat mengganggu. Cara mengobati batuk berdahak ini ternyata dapat menggunakan bahan alami yang hampir tak memiliki risiko efek samping bagi kesehatan. Selain aman, ini juga sangat baik bagi kesehatan ke depannya.

Berikutcara mengobati batuk berdahak dengan bahan alami untuk Anda, dari berbagai sumber:

1 dari 7 halaman

Kumur dengan Air Garam

air garam rev1

Untuk mengobati batuk berdahak ternyata bisa Anda lakukan dengan berkumur air garam. Sebab, air garam dipercaya dapat membuat reda tenggorokan Anda yang sakit dan sedang mengalami iritasi akibat batuk berdahak.

Tak hanya itu, air garam juga membantu untuk mengeluarkan lendir atau dahak yang ada di belakang tenggorokan serta membuat rasa gatal pada saluran pernapasan berkurang. Caranya adalah dengan mencampur 1 sdm garam dan 1 gelas air hangat, lalu kumur-kumur beberapa kali ketika sebelum tidur.

2 dari 7 halaman

Mengonsumsi Nanas

rev1

Cara mengobati batuk berdahak selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah nanas. Tak banyak yang tahu, bahwa buah tropis yang satu ini dapat menyembuhkan batuk berdahak Anda secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan bromelain dalam nanas. Penelitian menunjukkan, bromelain adalah sebuah enzim yang hanya ditemukan dalam batang buah nanas. Ini dapat membantu meredakan batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan.

3 dari 7 halaman

Meminum Teh Herbal dan Madu

herbal dan madu rev1

Jika Anda ingin mengobati batuk berdahak Anda secara alami, Anda bisa lakukan dengan cara minum teh herbal dengan madu. Meminum teh herbal dengan madu dalam kondisi hangat membuat tenggorokan Anda menjadi lega, mengurangi iritasi dan juga mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Hal ini telah disampaikan oleh kepala medis American Lung Association, Norman H. Edelman, MD. Teh yang dapat Anda konsumsi ketika sedang mengalami batuk berdahak adalah teh yang tidak mengandung kafein.

4 dari 7 halaman

Berhenti Merokok

rev1

Jika Anda adalah seorang perokok, kini harus segera berhenti dari kebiasaan buruk yang dapat merusak saluran pernapasan itu. Karena merokok mampu mendatangkan penyakit berbahaya yang akan mengincar Anda seperti asma, ISPA, GERD hingga sinus.

Ketika Anda sudah mengalami batuk jangan membiarkan pengobatannya tertunda. Untuk mengatasi batuk berdahak ternyata juga bisa Anda lakukan dengan cara berhenti merokok serta didukung dengan cara pengobatan alami lainnya.

5 dari 7 halaman

Mengonsumsi Bawang Putih

putih rev1

Bawang putih yang dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Untuk mengobati batuk berdahak, Anda bisa mengonsumsinya beberapa siung bawang putih mentah. Kandungan anti-virus dan antibiotik pada bawang putih mentah dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak yang bersarang di saluran pernapasan Anda.

6 dari 7 halaman

Mengonsumsi Lebih Banyak Cairan

Dalam mengatasi batuk berdahak, sebaiknya dengan banyak mengonsumsi air dan juga cairan. Karena ini akan membantu memadamkan infeksi di balik batuk berdahak yang sedang Anda alami. Cairan akan menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi dan membantu untuk mengencerkan dahak.

Dengan begitu Anda dapat dengan mudah untuk mengeluarkannya. Disarankan agar meminum setidaknya 8-9 gelas air putih secara rutin setiap hari. Cairan yang dikonsumsi pun bisa dalam bentuk jus sehat atau sayuran.

7 dari 7 halaman

Membuat Bantal Lebih Tinggi Saat Tidur

lebih tinggi saat tidur

Cara selanjutnya dalam mengobati batuk berdahak yang bisa dilakukan secara alami adalah dengan membuat bantal yang lebih tinggi saat tidur. Anda bisa menambahkan 1 atau 2 bantal untuk tidur. Ketika tidur dengan posisi telentang akan membuat lendir menumpuk di belakang tenggorokan.

Hal ini membuat saluran pernapasan terhalang. Sehingga Anda akan mengalami batuk sepanjang malam ketika tidur. Nah, sangat disarankan bagi Anda untuk menambahkan bantal agar saluran pernapasan tak terhalangi oleh dahak yang mengganggu waktu tidur.

Demikianlah, cara mengobati batuk berdahak secara alami yang aman dan mudah Anda lakukan di rumah. Semoga lekas sembuh, dan bermanfaat. Selamat mencoba!

(mdk/bil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami