7 Manfaat Baking Soda untuk Kulit, Bantu Atasi Jerawat & Cara Penggunaan yang Tepat

7 Manfaat Baking Soda untuk Kulit, Bantu Atasi Jerawat & Cara Penggunaan yang Tepat
ilustrasi baking soda. ©Shutterstock
TRENDING | 1 Februari 2021 13:02 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Manfaat baking soda atau soda kue, tentunya lebih banyak dikenal sebagai pengembang makanan. Namun di lain sisi, ternyata baking soda memiliki manfaat lain sebagai penunjang kecantikan Anda, dari ujung rambut hingga kaki.

Manfaat baking soda untuk kulit, tentunya tidak boleh sembarangan karena sifat basanya yang tinggi. Seperti diketahui, pH kulit sekitar 5,5. Sementara baking soda memiliki pH sebanyak 9 yang terlalu basa. Apabila dilarutkan dengan air, secara langsung bisa merusak keseimbangan pH kulit.

Sehingga pastikan Anda menggunakan baking soda dengan menyampurkan bahan lain. Demi memperoleh manfaat baking soda untuk kulit yang benar. Baking soda juga mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik.

Hal ini menjadikannya bahan yang ideal dalam krim, untuk mengatasi iritasi kulit, gigitan serangga, dan ruam ringan. Dengan kata lain, manfaat baking soda untuk kulit, bukan sekadar untuk kecantikan saja, melainkan baik untuk kesehatan kulit Anda.

Berikut beberapa manfaat baking soda untuk kulit yang dirangkum dari berbagai sumber, beserta cara menggunakan yang tepat.

2 dari 5 halaman

Menghilangkan Komedo

di hidung
©2017 lifetimestyles.com

Komedo menjadi salah satu kekhawatiran bagi banyak wanita. Sebab mengakibatkan kurang percaya diri, bila ada komedo putih dan hitam bersarang di hidung. Kali ini Anda tak perlu khawatir lagi. Manfaat baking soda untuk kulit bisa menghilangkan komedo di wajah.

Baking soda dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati, sebagai bahan dasar pengelupas yang baik. Dilansir dari Liputan6, berikut cara mengolahnya:

  • Bersihkan wajah dan bilas menggunakan air hangat, untuk membuka pori-pori di sekitar hidung.
  • Campur satu sendok makan baking soda dengan pasta gigi secukupnya.
  • Balurkan campuran di hidung atau daerah yang terdapat komedo.
  • Gosok selama beberapa menit untuk menghilangkan semua komedo yang terlihat.
  • Terakhir bilas menggunakan air dingin, untuk mengecilkan pori-pori kembali. Baru oleskan krim pelembab.

Menyembuhkan Jerawat

Manfaat baking soda untuk kulit selanjutnya, dipercaya mampu menyembuhkan jerawat. Zat alkali ini bisa mengontrol minyak berlebih pada wajah. Karena memiliki sifat anti-bakteri, terutama mencegah munculnya jerawat baru. Baking soda bisa menjadi alternatif obat komedo dan jerawat.

Masih dari kutipan yang sama, berikut langkah yang bisa Anda terapkan:

  • Campurkan 2 sdt soda kue, 1 sdt madu dan 1/2 sdt air perasan lemon segar.
  • Oleskan pasta ke wajah dengan lembut.
  • Diamkan selama 5 menit, baru dibilas bersih. Tutup dengan krim sesuai kulit Anda. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali seminggu.
3 dari 5 halaman

Mencerahkan Kulit

Manfaat baking soda untuk kulit juga baik sebagai pencerah yang efektif. Karena mampu membantu memudarkan noda gelap, terutama dari bekas luka.

Baking soda akan membantu mengangkat kulit mati penyebab noda hitam. Perawatan yang dilakukan untuk mencerahkan, dengan tambahan lemon untuk mendapat warna kulit merata.

Dikutip dari doktersehat, berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Siapkan 1 sdth baking soda dan 1 sdt perasan lemon. Campurkan kedua bahan tersebut.
  • Aplikasikan campuran tadi ke area jerawat, komedo, atau noda hitam.
  • Pijat dengan lembut, lalu biarkan meresap selama 1-2 menit.
  • Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk. Gunakan pelembap, supaya kulit tidak kering. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu, sesuai kebutuhan.

Mengatasi Kulit Gatal dan Terbakar

003 febrianti diah kusumaningrumshutterstock

Masih dari lansiran yang sama, manfaat baking soda untuk kulit dinilai ampuh. Terutama mengatasi kulit yang teriritasi, termasuk kulit gatal, terbakar sinar matahari, atau disengat serangga.

Manfaat baking soda untuk kulit akan makin terasa dengan mengkombinasikan bahan lain, bisa oatmeal atau tepung jagung. Berikut langkah mudahnya:

Siapkan air hangat untuk mandi. Campurkan dengan 1-2 cangkir baking soda. Gunakan air tersebut untuk mandi. Namun alangkah baiknya bila Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

4 dari 5 halaman

Pembersih Wajah

Biasanya kita banyak menggunakan facial wash produk kecantikan. Ternyata manfaat baking soda untuk kulit, juga baik sebagai penggantinya.

Mengutip dari Alodokter, campuran baking soda mampu membersihkan wajah layaknya produk facial scrub di pasaran. Tapi bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya dihindari demi mencegah risiko iritasi kulit.

Menghaluskan Kulit

ilustrasi baking soda©Pixabay

Langkah mudah untuk mendapat manfaat baking soda untuk kulit, dengan mencampurkannya bersama air hangat. Gunakan secukupnya saja, dengan mengoleskan ke seluruh tubuh yang dirasa kusam dan kasar. Dilansir dari Alodokter, cara ini dipercaya aktif dalam membuang sel-sel kulit mati dan menghaluskan.

Pengganti Exfoliant

Baking soda mampu mengatasi rasa sakit serta peradangan pada kulit. Karena sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya. Langkah yang bisa Anda lakukan, bisa dengan membuat masker wajah sendiri sebagai pengganti exfoliant di rumah.

Melansir dari Medical New Today, berikut cara mudah mendapat manfaat baking soda untuk kulit:

Membuat masker wajah: campurkan antara 1 dan 2 sendok teh baking soda dengan pembersih wajah. Tambahkan sedikit air hangat untuk membentuk pasta. Pijat ke area yang Anda inginkan. Lalu diamkan selama 10–15 menit, barulah dibilas dengan air hangat.

Exfoliant: buat campuran yang sama sebagai masker wajah di atas. Tetapi segera bersihkan setelah diaplikasi ke kulit. Anda juga bisa menambahkan baking soda ke produk scrub wajah, untuk meningkatkan kekuatan pembersihan pori-pori dan menyingkirkan sel kulit mati.

Jika sudah, melakukan kedua langkah tersebut. Pastikan Anda segera mengaplikasikan krim pelembab. Sebagai pencegahan kulit kering.

5 dari 5 halaman

Bahaya Baking Soda untuk Kulit, Penggunaan Berlebihan

Patut diketahui, apabila terjadi penolakan pada kulit, beberapa cara tadi bisa dihentikan. Melansir dari Healthline, para dokter dan peneliti menyarankan untuk menggunakan perawatan medis yang disetujui, untuk jerawat dan kondisi kulit lain.

Beberapa efek samping penggunaan baking soda pada kulit dan wajah Anda meliputi:

  • Kulit jadi terlalu kering
  • Kerutan dini
  • Jerawat yang memburuk
  • Iritasi kulit dan peradangan
ilustrasi baking soda©Pixabay

Hal ini karena soda kue bisa mengganggu tingkat pH kulit yang alami. Mengganggu mantel asam pH ini, dapat menimbulkan efek samping yang merusak.

Menerapkan basa alkali yang kuat pada kulit, akan menghilangkan semua minyak alami dan membuatnya tidak terlindungi dari bakteri. Sehingga menyebabkan kulit jadi lebih sensitif terhadap unsur alam, seperti matahari.

Pastikan Anda memperoleh manfaat baking soda untuk kulit dengan takaran yang sewajarnya. Serta tidak menerapkannya setiap hari, demi menjaga pH alami kulit.

Sebaiknya gunakan baking soda dari kemasan yang baru dibuka. Sebab kemasan lama yang tidak tersimpan dengan benar, mungkin terkontaminasi oleh zat lain, yang dapat merusak kulit.

(mdk/kur)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami