7 Penyebab Asam Lambung Naik, Gejala dan Cara Mencegahnya

7 Penyebab Asam Lambung Naik, Gejala dan Cara Mencegahnya
TRENDING | 11 Januari 2020 14:01 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah

Merdeka.com - Penyakit asam lambung tentu kerap didengar oleh masyarakat. Seseorang yang menderita asam lambung pada umumnya akan merasakan sakit perut atau ulu hati hingga terasa terbakar (mulas).

Dilansir dari Alodokter, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) yaitu munculnya rasa terbakar di dada akibat dari asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala asam lambung biasanya muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

Dirangkum dari Halodoc dan berbagai sumber, berikut penyebab asam lambung naik yang patut diperhatikan.

1 dari 9 halaman

Usia

Usia menjadi salah satu faktor penyebab asam lambung naik. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, semakin tinggi pula risiko naiknya asam lambung.

Hal ini dikarenakan tubuh tak dapat lagi memproduksi kadar asam dengan seimbang. Oleh sebab itu, perhatikan pola makan dan faktor-faktor penyebab asam lambung naik untuk mengantisipasinya.

2 dari 9 halaman

Merokok

Merokok dapat menjadi salah satu faktor naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan, merokok dapat mengganggu fungsi LES. Tak hanya itu, merokok dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi produksi air ludah yang dapat menetralkan efek asam di mulut.

Oleh sebab itu, sebaiknya para perokok aktif mengurangi atau berhenti merokok. Hal ini bertujuan untuk mencegah asam lambung naik.

3 dari 9 halaman

Stres

Dilansir dari Halodoc, beberapa ahli mengatakan jika stres menjadi salah satu faktor naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan stres akan merangsang area tertentu pada otak sehingga dapat meningkatkan sensitifitas terhadap nyeri termasuk ulu hati.

Hal tersebut yang menyebabkan seseorang yang mengalami stres akan lebih sensitif terhadap nyeri meski asam lambung tak begitu meningkat. Selain itu, keadaan stres mampu menurunkan hormon prostaglandin. Padahal, hormon tersebut memiliki peran yang penting yaitu untuk melindungi lapisan lambung dari asam lambung.

4 dari 9 halaman

Alkohol, Kafein dan Minuman Berkarbonasi

dan minuman berkarbonasi rev1

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kafein dan minuman berkarbonasi dapat memicu naiknya asam lambung. Mengurangi konsumsi minuman-minuman tersebut dapat mencegah naiknya asam lambung.

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan iritasi sehingga mengikis lambung sedikit demi sedikit. Akibatnya, sistem pencernaan pun akan lebih rentan terhadap efek samping dari peningkatan produksi asam lambung.

5 dari 9 halaman

Hernia Hiatus

rev1

Dilansir dari Doktersehat, hernia hiatus merupakan kondisi ketika bagian atas perut dan LES bergerak di atas diafragma (otot yang memisahkan perut dari dada). Biasanya diafragma akan membantu menjaga asam dalam perut.

Tetapi apabila ada hernia hiatus, maka asam dapat naik ke kerongkongan. Hal tersebut dapat menyebabkan gejala asam lambung naik.

6 dari 9 halaman

Makanan Pedas, Berlemak dan Berminyak

berlemak dan berminyak rev1

Makanan pedas, berlemak dan berminyak merupakan makanan pemicu naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan makanan pedas, berlemak dan berminyak mengandung banyak cabai, minyak dan lemak yang dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung.

Cobalah untuk mengurangi atau menghindari makanan-makanan pemicu naiknya produksi asam lambung. Hal ini bertujuan agar produksi asam lambung tak naik.

7 dari 9 halaman

Defesiensi Magnesium

rev1

Dilansir dari Halodoc, rendahnya kadar magnesium dapat membuat LES tak berfungsi normal. LES merupakan otot yang mencegah aliran balik makanan dan asam perut ke dalam esofagus.

Rendahnya kadar magnesium dapat mengganggu kerja LES. Tak hanya itu, kekurangan vitamin dan mineral pun juga dapat mengganggu keseimbangan asam lambung.

8 dari 9 halaman

Gejala Asam Lambung

lambung rev1

Dilansir dari Alodokter, berikut gejala asam lambung yang harus diperhatikan.

1. Mual dan muntah

2. Merasa ada yang mengganjal saat menelan

3. Suara menjadi serak dan sering bersendawa

4. Batuk kronis tanpa dahak, terutama saat malam hari

5. Bau mulut

6. Munculnya sakit tenggorokan yang tak kunjung hilang dan sakit saat menelan.

9 dari 9 halaman

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

asam lambung naik rev1

Dilansir dari Halodoc dan Hellosehat, berikut cara mencegah asam lambung naik.

1. Makan lebih teratur

2. Hindari makanan asam, pedas dan berlemak

3. Batasi asupan cokelat

4. Kurangi minum minuman berkarbonasi

5. Perhatikan porsi makan

6. Mengunyah makanan dengan benar

7. Hindari minum air terlalu banyak ketika makan.

(mdk/add)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami