7 Wisata Alam Kulon Progo, Ada Air Terjun Bak Pemandian Bidadari

7 Wisata Alam Kulon Progo, Ada Air Terjun Bak Pemandian Bidadari
TRENDING | 23 Desember 2019 12:27 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Wisata alam Kulon Progo menyimpan banyak rahasia tentang panoramanya yang amat memesona. Tak kalah dengan Gunungkidul, Kulon Progo juga merupakan kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki banyak wisata alam.

Kota Jogja memang menjadi surga bagi para wisatawan, karena menyuguhkan beragam tempat wisata yang memiliki keindahan dan keunikan masing-masing, salah satunya di Kulon Progo dengan wisata alamnya.

Dulu, untuk menuju ke kabupaten Kulon Progo memang sedikit sulit, namun saat ini sudah sangat mudah dengan adanya akses jalur yang bagus, berbagai transportasi juga sudah bisa Anda gunakan.

Kulon Progo merupakan destinasi wisata alam yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau orang terdekat. Sebab, panoramanya yang begitu menakjubkan siap memukau mata Anda, dan membuat penat dalam pikiran hilang.

Jika Anda masih belum memiliki referensi tentang tempat wisata alam yang ada di Kulon Progo, tak perlu khawatir. Karena Merdeka.com sudah merangkum informasi dari berbagai sumber, tentang beberapa wisata alam yang wajib Anda kunjungi.

Berikut adalah informasi 7 wisata alam Kulon Progo yang tak boleh Anda lewatkan:

1 dari 7 halaman

Kedung Pedut

rev1Instagram/@fitriany_irene

Salah satu wisata alam menarik di Kabupaten Kulon Progo adalah air terjun Kedung Pedut. Jika Anda sedang berkunjung ke jogja, Anda harus pula mengunjungi Kedung Pedut karena air terjun ini memiliki panorama alam sangat indah layaknya pemandian sang bidadari. Nama Kedung sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti kolam, sedangkan arti dari pedut adalah kabut. Mengapa diberi nama demikian? Karena tempat wisata alam ini terdiri dari kolam alami dengan campuran warna biru juga putih. Jika dilihat dari kejauhan, campuran kedua warna tersebut akan terlihat seperti kabut. Jika Anda tertarik untuk datang kesini, lokasi tepatnya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, Yogyakarta, Anda dapat mengakses tempat ini menggunakan maps di ponsel pintar Anda.

2 dari 7 halaman

Waduk Sermo

rev1Instagram/@apriardiyant

Waduk Sermo merupakan salah satu wisata alam di Kulon Progo yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Jogja. Pada dasarnya, waduk ini memiliki fungsi sebagai tandon air guna mengaliri sawah yang dimiliki oleh masyarakat sekitar. Namun, seiring berjalannya waktu, waduk Sermo disulap menjadi tempat wisata alam yang begitu menarik. Dengan menjadikan sebagian wilayah waduk menjadi Taman Bambu Air Sermo, Anda bisa menikmati macam-macam fasilitas yang sudah disediakan seperti spot foto, rakit bambu, tempat duduk dan lainnya. Perlu diketahui semua yang ada di taman ini terbuat dari bahan dasar bambu. Anda bisa mengunjungi wisata alam ini tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, DIY. Segera buat rencana berlibur Anda, dan selamat mengunjungi Waduk Sermo ini.

3 dari 7 halaman

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah

matahari pantai glagah rev1Instagram/@yolanseptika

Tak hanya di Gunungkidul, kebun bunga matahari juga hadir di Pantai Glagah. Memang dulunya pantai ini identik dengan laguna dan juga tetrapod yang memiliki fungsi guna memecah ombak. Kini, Pantai Glagah juga memiliki suatu spot yang dapat menarik para wisatawan untuk datang, berupa kebun Bunga Matahari. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke wisata alam ini juga harus paham musim berkembangnya matahari, karena jika tak beruntung, Anda tidak dapat melihat kecantikan merekahnya bunga Matahari. Kebun bunga Matahari ini terletak di Glagah, Temon, Kulon Progo, DIY. Di sini, Anda bisa melakukan swafoto bersama dengan bunga Matahari semenarik mungkin.

4 dari 7 halaman

Kalibiru

Instagram/@eksotika_jogja

Wisata alam Kulon Progo yang juga tak boleh dilewatkan adalah Kalibiru. Bahkan nama wisata alam satu ini sudah tidak asing ditelinga semua kalangan, baik yang muda maupun yang tua. Ini dikarenakan wisata alam Kalibiru memiliki aneka macam spot foto yang sangat Instagramable. Bagi Anda yang gemar melakukan swafoto, Kalibiru merupakan destinasi wisata alam paling cocok. Kalibiru mampu memuaskan hasrat Anda untuk melakukan swafoto sepuasnya dengan spot foto yang bermacam-macam. Panorama indah serta suasana alam segar akan membuat pikiran serta hati Anda menjadi fresh kembali setelah beraktivitas dalam satu pekan. Kalibiru terletak di Dusun Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, DIY.

5 dari 7 halaman

Goa Kiskendo

rev1Instagram/@pariwisatajogja

Bagi Anda pecinta goa, Kulon Progo juga memiliki wisata alam goa Kiskendo yang wajib dikunjungi. Eksotisnya stalagtit dan stalagmit goa Kiskendo menjadi daya tarik yang disuguhkan kepada setiap wisatawan yang berkunjung. Objek wisata ini juga memiliki sejarah yang konon dulunya merupakan tempat bekas pertempuran empat ksatria, yaitu Maesuro dan Lemusur melawan Sugriwo dan Subali, hal ini telah dijelaskan oleh masyarakat sekitar. Jika Anda berencana untuk datang ke goa Kiskendo, Anda bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lokasinya sendiri terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

6 dari 7 halaman

Puncak Suroloyo

rev1Instagram/@jogjaistimewa dari @dhian_hardjodisastro

Jika Anda ingin lebih dekat lagi dengan alam bebas, Anda bisa mencobanya untuk berkunjung ke wisata alam Puncak Suroloyo. Akan tetapi memang diperlukan banyak usaha untuk bisa sampai ke atas puncak Suroloyo, karena Anda akan dihadapkan tangga sebanyak 200 anak tangga. Namun, jangan khawatir karena semua rasa lelah dan usaha Anda tak akan terbuang sia-sia. Semuanya akan terbayar dengan keindahan panorama alam yang membentang luas dan siap memanjakan indera penglihatan Anda. Lokasinya Puncak Suroloyo ini terletak di sepanjang Perbukitan Menoreh tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

7 dari 7 halaman

Pantai Glagah Indah

indah rev1Instagram/@farisol_ar

Bagi Anda pecinta pantai, Anda bisa mencoba untuk berkunjung ke Pantai Glagah Indah yang ada di Kulon Progo. Dengan memiliki daya tarik utama laguna serta tetrapod yang indah, ini dapat memanjakan mata Anda sekaligus mempercantik potret diri Anda. Melakukan swafoto adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh para pengunjung baik dalam negeri maupun asing ketika datang ke Pantai Glagah Indah. Di pantai Glagah ini Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing, berkebuh di kebun buah, menyaksikan sunset terbaik di Jogja dan masih banyak lagi. Anda bisa langsung datang ke Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, DIY.

(mdk/bil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami