8 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami, Nggak Bikin Perih

8 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami, Nggak Bikin Perih
TRENDING | 9 Desember 2019 11:09 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Cara mengobati sariawan secara alami ini penting bagi Anda yang sedang menderita sariawan. Selain aman dilakukan, cara alami memiliki risiko efek samping yang sangat rendah. Bahkan dengan menggunakan bahan alami hampir tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan Anda.

Biasanya, sariawan adalah penyakit yang berbentuk bulat, menimbulkan rasa nyeri, perih dan menyerang sekitar rongga mulut Anda. Sariawan ini mempunyai warna putih dengan dikelilingi warna kemerahan pada mulut Anda.

Sariawan menyebabkan Anda susah untuk makan, karena jika tersentuh atau tersenggol makanan yang kita konsumsi akan menimbulkan rasa perih dan nyeri luar biasa. Tidak hanya itu, bahkan sariawan ini juga membuat kita susah berbicara.

Hal ini membuat banyak orang yang menderita sariawan pada mulutnya mencari alternatif untuk mengobati penyakit mengganggu ini. Berbagai cara mengobati agar tidak perih akan dicari oleh penderita.

Umumnya, sariawan disebabkan oleh melemahnya daya tahan tubuh, kekurangan vitamin B12 atau asam folat dan terjadi infeksi akibat bakteri. Bagi Anda wanita yang sedang hamil atau sedang hamil, perubahan hormon juga bisa menjadi pemicu terjadinya sariawan.

Sebenarnya sariawan ini dapat hilang dengan sendirinya di beberapa hari ke depan. Namun, nyeri dan rasa perihnya seringkali amat menyiksa, sehingga Anda akan segera ingin mengobatinya agar cepat sembuh.

Untuk mengobati sariawan tanpa rasa perih Anda cukup menggunakan bahan-bahan alami. Cara ini sangat mudah dilakukan. Berikut merupakan rangkuman Merdeka.com tentang cara mengobati sariawan secara alami dan nggak bikin perih:

1 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Kantong Teh

sariawan dengan kantong teh rev1

Bagi Anda penderita sariawan, bisa gunakan kantong teh untuk mengobatinya. Kantong teh ternyata mengandung anti virus dari asam tanin yang dapat menyembuhkan sariawan Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir, karena cara mengobati sariawan dengan kantong teh ini tidak menimbulkan rasa perih.

Tak hanya itu, kantong teh juga mengandung sifat basa guna membuat mulut asam Anda menjadi netral sehingga mengurangi rasa sakit pada sariawan Anda. Caranya adalah dengan menempelkan kantong teh pada luka sariawan yang Anda derita selama lima menit saja.

2 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Kelapa

sariawan dengan kelapa rev1

Cara mengobati sariawan agar tidak perih juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yaitu kelapa. Untuk mengobati sariawan, Anda bisa gunakan bagian santan ataupun minyak kelapa, karena dapat menimbulkan rasa sejuk pada tubuh Anda.

Suhu tubuh sangat berpengaruh atas timbulnya sariawan pada mulut. Cara mengobatinya cukup mudah, yaitu dengan berkumur atau sekadar mengoleskan minyak kelapa maupun santan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perlu Anda ketahui, ketika Anda menggunakan santan sebagai pengobatan sariawan, ada baiknya jika dicampur dengan madu.

3 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Susu

sariawan dengan susu rev1

Seperti yang kita ketahui bahwa susu mengandung kalsium sangat tinggi, hal ini membuatnya dapat melawan bakteri dan menyembuhkan luka Anda. Dengan begitu, susu dapat dijadikan bahan alami untuk menyembuhkan sariawan.

Selain memiliki kalsium di dalamnya, susu juga mengandung lemak yang bertugas sebagai anti virus. Kandungan magnesium dalam susu juga dapat mengurangi bahkan menyembuhkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan pada mulut Anda.

4 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Tomat

sariawan dengan tomat rev1

Tidak hanya berguna sebagai bahan untuk membuat sambal, tomat memiliki fungsi lain, yaitu dapat dijadikan sebagai cara mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat besar di dalam tomat.

Untuk menyembuhkan sariawan, Anda bisa memakan tomat segar sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari. Lakukan cara ini dengan teratur, maka Anda dapat melihat hasilnya.

5 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Daun Kemangi

sariawan dengan daun kemangi rev1

Jika Anda sering melihat daun kemangi ini sering dijadikan makanan pendamping bersama dengan nasi pecel atau sambal, ternyata daun kemangi juga dapat Anda gunakan untuk mengobati sariawan tanpa rasa perih.

Anda bisa mengunyah daun kemangi ini untuk membuat sariawan Anda membaik. Dengan mengunyah beberapa daun kemangi ternyata dapat membuat sariawan Anda sembuh. Cara ini dapat Anda terapkan sebanyak 3 atau 4 kali dalam satu hari, maka sariawan Anda akan membaik dan sembuh.

6 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Yoghurt Murni

sariawan dengan yoghurt murni rev1

Yoghurt umumnya dikenal sebagai bahan yang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan atau diet. Tak hanya itu, yoghurt juga memiliki khasiat dalam menyembuhkan sariawan Anda. Dalam pengobatan sariawan, Anda harus menggunakan yoghurt murni atau biasa disebut plan yoghurt tanpa pemanis.

Dengan meminum atau meneteskan yoghurt munrni pada sariawan Anda, maka akan membuatnya sembuh dan tak menimbulkan rasa perih. Cara ini mampu menyembuhkan sariawan karena yoghurt dapat bantu bakteri yang ada di dalam mulut menjadi seimbang. Lakukan cara ini dengan rutin agar sariawan Anda cepat sembuh.

7 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Pisang

sariawan dengan pisang rev1

Cara mengobati sariawan juga bisa dilakukan dengan buah pisang. Buah dengan warna kuning ini rupanya mengandung vitamin C yang cukup bermanfaat bagi tubuh Anda. Anda bisa menggunakannya dengan cara menghaluskan daging buah pisang sehingga membentuk pasta, lalu tambahkan madu secukupnya dan aduk hingga rata.

Langkah selanjutnya adalah mengoleskannya pada sariawan Anda dan diamkan sekitar 10 menit, kemudian kumur dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini dengan rutin.

8 dari 8 halaman

Cara Mengobati Sariawan dengan Madu

sariawan dengan madu rev1

Salah satu bahan alami yang terbilang cukup manjur untuk mengobati sariawan adalah madu. Jika Anda menggunakan madu untuk mengobati sariawan Anda, maka Anda tidak akan merasakan perih ketika melakukannya. Sebab, madu mengandung sifat anti bakteri dan juga radang, ini membuat rasa perih di sariawan Anda berkurang.

Tak hanya itu madu juga membuat sariawan Anda cepat sembuh dan menjaga kondisi bibir Anda untuk tetap lembap. Cara mengaplikasikannya juga terbilang mudah, karena Anda cukup mengoleskan madu pada sariawan saja. Dengan dilakukan secara rutin, ini akan menghasilkan hasil yang optimal.

Demikian merupakan cara mengobati sariawan secara alami yang dapat Anda lakukan dengan mudah, selain itu bahan-bahan alami yang digunakan juga sangat mudah didapat. Semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, dan membuat Anda cepat sembuh. Selamat mencoba!

(mdk/bil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami