8 Macam Penyerbukan Beserta Contoh Tumbuhannya, Jarang Diketahui

8 Macam Penyerbukan Beserta Contoh Tumbuhannya, Jarang Diketahui
Ilustrasi penyerbukan. Liputan6 ©2020 Merdeka.com
TRENDING | 16 September 2020 10:53 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Penyerbukan merupakan proses pembuahan bagi tumbuhan untuk bisa berkembang biak. Terdapat berbagai macam penyerbukan dalam proses jatuhnya serbuk sari pada permukaan putik bunga dari tumbuhan.

Macam penyerbukan diklasifikasikan berdasar asal serbuk sari, serta cara serbuk sari yang berpindah dari bunga dengan spesies yang sama. Tanaman juga termasuk makhluk hidup, semua organisme hidup memiliki satu tujuan utama yang sama, yakni meneruskan informasi genetik mereka ke generasi berikutnya dengan menciptakan keturunan.

Supaya benih untuk menghasilkan keturunan itu tercipta, harus melalui proses yang disebut penyerbukan. Tanaman berbunga menghasilkan biji, yang membawa informasi genetik dari induknya dan berkembang menjadi tanaman baru.

Penyerbukan bisa terjadi saat serbuk sari dari antera, bagian jantan dari bunga, dipindahkan ke bagian betina dalam bunga, yang dikenal sebagai kepala putik.

Mungkin bagi sebagian besar pecinta tanaman, penggemar keindahan bunga dan pengamat tumbuhan pasti sudah tak asing lagi mengenai macam penyerbukan. Tapi bagi pemula yang baru ingin berkecimpung, ada baiknya memahami hal tersebut.

Berikut beberapa macam penyerbukan beserta contoh tumbuhannya yang jarang diketahui.

Baca Selanjutnya: Memahami Penyerbukan Tumbuhan...

Halaman

(mdk/kur)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami