8 Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah, Ternyata Ampuh Bersihkan Pori-pori

8 Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah, Ternyata Ampuh Bersihkan Pori-pori
Ilustrasi daun kemangi. ©Shutterstock/B. and E. Dudzinscy
TRENDING | 19 Oktober 2021 08:27 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Tak dapat dipungkiri, rupanya terdapat banyak manfaat daun kemangi untuk wajah dan kecantikan kulit. Selama ini, daun kemangi mungkin lebih dikenal sebagai salah satu pelengkap dalam hidangan lalapan bersama sambal, mentimun, hingga kacang panjang.

Namun, ternyata kemangi memiliki sejuta kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kemangi sendiri merupakan salah satu tumbuhan pendek berdaun serta berbatang kecil yang dapat tumbuh dengan mudah dimana saja.

Melalui satu batang daun kemangi, Anda dapat menemui berbagai kandungan yang menguntungkan bagi kecantikan kulit dan wajah. Beberapa kandungan di dalam kemangi yaitu protein, berbagai vitamin, dan senyawa antioksidan.

Maka dari itu, tak heran jika tumbuhan mungil yang satu ini bermanfaat bagi kesehatan kulit dan wajah. Kandungan antioksidannya dapat menghindarkan wajah dari berbagai gangguan yang dapat terjadi.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat daun kemangi untuk wajah dan juga kecantikan itu? Melansir dari berbagai sumber, Selasa (19/10/2021), simak rangkuman mengenai manfaat daun kemangi yang satu ini.

1. Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat daun kemangi untuk wajah yang pertama adalah mampu menyamarkan bekas luka. Terkadang, wajah menerima berbagai ancaman gangguan kulit.

Salah satunya disebabkan karena luka yang terjadi pada area wajah dan sekitarnya. Akibatnya, luka yang telah mengering tersebut seringkali meninggalkan bekas yang sukar untuk dihilangkan.

Dengan kandungan antioksidan pada daun kemangi, permasalahan itu secara mudah dapat teratasi dengan baik. Caranya, aplikasikan kemangi sebagai masker ke seluruh wajah secara perlahan dan bilas menggunakan air bersih.

2. Meringankan Penyakit Kulit

Selain itu, manfaat daun kemangi untuk wajah yang berikutnya adalah mampu meringankan berbagai jenis penyakit kulit. Seperti yang diketahui, area wajah menjadi rentan untuk mengalami gangguan.

dengan noda gelap

©2018 pixabay.com

Hal itu disebabkan karena wajah seringkali bersinggungan langsung dengan debu, polusi, dan lain sebagainya. Jika tidak sering dibersihkan, maka berbagai penyakit atau gangguan kulit wajah pun dapat terjadi.

Untuk itu, selalu beri obat alami untuk meringankan gangguan. Salah satunya dengan memanfaatkan kandungan antibakteri dan antimikroba pada daun kemangi.

3. Mencegah Gejala Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan salah satu gangguan yang banyak dihindari. Munculnya penuaan dini tersebut ditandai dengan keriput, kusam, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah gejala penuaan dini tersebut mulai terjadi, gunakan manfaat daun kemangi untuk wajah berikut ini. Daun kemangi yang memiliki sifat antioksidan mampu mencegah gejala penuaan dini dan membantu mengencangkan kulit wajah secara alami.

Cukup haluskan daun kemangi dan tambahkan madu atau minyak kelapa. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama beberapa saat kemudian bilas hingga bersih dan kering kembali.

3 dari 4 halaman

4. Mencerahkan Wajah

Manfaat daun kemangi yang keempat adalah mampu mencerahkan wajah atau membuat kulit nampak lebih bercahaya. Hal ini karena kandungan antioksidan yang bekerja aktif untuk membantu wajah terlihat lebih segar dan berseri.

Caranya, ambil beberapa tangkai daun kemangi dan cuci bersih. Setelah itu, tumbuk daun kemangi hingga menjadi masker alami. Lalu, pijat bagian wajah dengan menggunakan kemangi secara rutin.

5. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu gangguan pada kulit wajah yang cukup menjengkelkan. Setelah mereda, biasanya jerawat juga akan meninggalkan bekas setelah memberikan rasa perih selama beberapa hari.

ilustrasi kemangi©Pixabay/PublicDomainPictures

Cara mengatasi hal ini pun sederhana. Gunakan manfaat daun kemangi yang satu ini untuk menghalau jerawat hingga bekasnya. Sebab, kandungan anti-inflamasi serta antibakteri terbukti ampuh menghindarkan wajah dari jerawat yang membandel.

6. Menghilangkan Noda

Kulit wajah yang bersih, mulus, dan terawat adalah dambaan setiap orang. Namun, ada saja noda yang rentan menghiasi wajah dan membuat impian menjadi kian jauh.

Kini, Anda tak perlu risau. Anda dapat menggunakan ekstrak daun kemangi untuk menghilangkan bekas luka ataupun noda lain pada wajah dengan perlahan. Lagi-lagi, hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang cukup melimpah di dalam satu pucuk daun kemangi.

4 dari 4 halaman

7. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Tak hanya bersih dan bebas dari noda, kita pun juga senantiasa menginginkan wajah yang sehat dan terbebas dari gangguan. Untuk membuat impian Anda ini terwujud, caranya cukup mudah.

Selalu lakukan pola hidup sehat dan bersih serta gunakan daun kemangi, baik untuk dikonsumsi ataupun sebagai masker wajah. Kandungan vitamin C di dalam daun kemangi disebut akan membantu Anda terlindungi dari paparan sinar UV dan penyebab gangguan kesehatan kulit wajah lainnya.

cantik©2018 Merdeka.com/Pixabay

8. Mencegah Kanker Kulit

Manfaat daun kemangi untuk wajah yang terakhir adalah mampu mencegah dari bahaya kanker kulit. Hal ini disebabkan karena daun kemangi mengandung senyawa berkhasiat penuh seperti tinggi vitamin K, limonene, hingga citral.

Gunakan secara rutin daun kemangi sebagai masker atau sebagai bahan makanan agar menghindarkan kulit wajah dari gangguan penyakit fatal seperti kanker.

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami