9 Makanan yang Bikin Gemuk dan Sehat, Bantu Tingkatkan Berat Badan Ideal

9 Makanan yang Bikin Gemuk dan Sehat, Bantu Tingkatkan Berat Badan Ideal
ilustrasi makanan berlemak. ©www.huffingtonpost.com
TRENDING | 11 Oktober 2021 10:47 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Lemak merupakan bahan makanan yang bikin gemuk dan identik dengan menurunkan kesehatan. Bahkan, lemak dianggap sebelah mata lantaran mudah menumpuk di dalam tubuh dan mengakibatkan obesitas hingga gangguan kesehatan lainnya.

Padahal, terdapat jenis lemak sehat yang dapat dikonsumsi tubuh. Bicara mengenai diet pun juga tak selamanya bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Diet sehat juga berarti dapat bertujuan untuk meningkatkan berat badan agar ideal namun tetap pada porsinya secara wajar. Seluruh nutrisi pun dapat terpenuhi dengan baik.

Nah, bagi Anda yang hendak meningkatkan berat badan menuju ideal demi kesehatan dan penampilan, terdapat beberapa makanan yang bikin gemuk dan sehat yang perlu diketahui. Sebagai catatan, Anda pun juga harus menerapkan porsi secukupnya saat dikonsumsi.

Lantas, apa saja sumber makanan yang bikin gemuk namun menyehatkan bagi tubuh itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut hasil rangkuman merdeka.com mengenai 9 makanan yang bikin gemuk dan sehat yang perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

1. Alpukat

Melansir dari Healthline, makanan yang bikin gemuk pertama adalah alpukat. Meski memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun alpukat adalah salah satu jenis asupan makanan yang menyehatkan bagi tubuh.

Buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh berjenis tunggal. Lemak ini lah yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh pemicu berbagai gangguan kesehatan.

Selain baik bagi peredaran darah, lemak pada alpukat juga baik untuk rangkaian perawatan kulit sebagai pelembap alami. Cukup buat berbagai kombinasi menu makanan menarik dengan buah alpukat di dalamnya.

2. Ikan

Selain alpukat, makanan yang bikin gemuk kedua adalah ikan. Ikan merupakan salah satu sumber makanan menyehatkan yang mengandung lemak baik, sama halnya dengan alpukat.

Selain baik untuk meningkatkan berat badan, mengonsumsi ikan secara rutin juga membantu menjaga kesehatan otak serta pembuluh darah. Sebab, ikan mengandung lemak baik jenis asam omega 3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak.

ilustrasi ikan
medicalnewstoday.com

Maka dari itu, tak heran jika ikan menjadi saran sumber makanan utama bagi semua kalangan usia. Baik anak-anak hingga lansia, ikan merupakan salah satu sajian yang menyehatkan.

3. Biji Chia

Makanan yang bikin gemuk dan sehat selanjutnya adalah biji chia. Jenis biji yang tampilannya mirip dengan biji selasih ini memiliki kandungan asam lemak omega 3.

Seperti yang diketahui, tubuh memerlukan jenis lemak tersebut untuk menjaga otak hingga organ lainnya tetap berfungsi dengan baik. Cara mengonsumsinya pun mudah, cukup tambahkan biji chia ke dalam sereal menyehatkan favorit Anda atau dimasak bersama dengan hidangan lainnya.

3 dari 4 halaman

4. Minyak Zaitun

Sumber makanan yang bikin gemuk dan menyehatkan adalah minyak zaitun. Tidak seperti jenis minyak lainnya, minyak zaitun dipercaya memiliki kandungan lemak yang baik dan menyehatkan bagi tubuh.

Maka dari itu, ada baiknya untuk segera beralih dari minyak biasa ke minyak zaitun demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Tak hanya baik untuk berat badan, minyak zaitun juga diklaim dapat menjaga organ tubuh dari berbagai gangguan penyakit.

5. Telur Utuh

Bagi Anda yang sehari-hari mengonsumsi telur, Anda merupakan salah satu yang beruntung. Sebab, telur utuh merupakan salah satu sumber makanan yang bikin gemuk namun tetap menyehatkan.

ilustrasi telur asin
©Pixabay/veerasantinithi

Meski kuning telur memiliki kandungan tinggi kolesterol, namun hal itu disebut tak berpengaruh banyak bagi aliran darah di dalam tubuh. Telur tetap menyehatkan bagi tubuh asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

6. Kacang-kacangan

Selain itu, makanan yang bikin gemuk namun menyehatkan adalah sumber protein pada kacang-kacangan. Kacang pun juga memiliki kandungan lemak baik yang dibutuhkan tubuh.

Selain baik untuk menjaga berat badan, kacang-kacangan disebut mampu menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan, seseorang yang secara konsisten memakan kacang dalam ukuran tertentu justru memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

7. Cokelat Hitam

Selain baik untuk meningkatkan hormon kebahagiaan, cokelat hitam ternyata juga menyehatkan bagi tubuh. Bagi Anda yang menginginkan berat badan ideal, cokelat hitam baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Sebab, lemak di dalam cokelat hitam cenderung memiliki kandungan yang lebih menyehatkan daripada lemak yang berasal dari hewani. Meski aman, namun beri pula batasan untuk mengonsumsi cokelat hitam setiap hari. Kafein dalam cokelat hitam yang dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan peningkatan asam lambung dan lain sebagainya.

8. Yogurt Full-Fat

Salah satu menu makanan yang bikin gemuk yang wajib menjadi santapan sehari-hari adalah yogurt full-fat atau asli. Olahan susu yang memiliki kandungan tinggi lemak ini bermanfaat bagi Anda untuk membentuk berat badan ideal.

ilustrasi yogurt
©Shutterstock

Selain membantu mendapatkan berat badan ideal, yogurt full-fat berfungsi untuk menjaga kesehatan organ penting di dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan, yogurt dapat menyebabkan kesehatan pencernaan dan melawan penyakit jantung.

9. Keju

Selain itu, keju juga merupakan sumber makanan yang bikin gemuk tapi tetap menyehatkan bagi tubuh. Produk olahan susu yang memiliki banyak penggemarnya ini disebut mampu menjaga berat badan ideal.

Hal ini lantaran adanya kandungan vitamin B12 dan kalsium yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Namun perlu untuk diingat, keju yang dikonsumsi secara berlebihan mampu memicu gangguan kesehatan bagi tubuh.

(mdk/mta)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami