9 Manfaat Olahraga Lari bagi Tubuh, Dapat Perbaiki Kualitas Tidur

9 Manfaat Olahraga Lari bagi Tubuh, Dapat Perbaiki Kualitas Tidur
TRENDING | 21 Januari 2020 13:59 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah

Merdeka.com - Salah satu olahraga yang banyak diminati masyarakat yaitu lari. Selain sehat, olahraga ini juga hemat. Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan olahraga lari.

Anda cukup mengenakan pakaian olahraga, sepatu dan mencari lokasi untuk olahraga lari. Sebelum melakukan olahraga lari, pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera saat olahraga lari.

Selain membakar kalori, olahraga lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dirangkum dari Hellosehat dan berbagai sumber, berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 9 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

sehat

www.canadianliving.com

Salah satu manfaat olahraga lari bagi tubuh yaitu menyehatkan jantung. Ketika Anda berlari, maka detak jantung Anda akan berdegup lebih kencang dari biasanya. Hal tersebut merupakan tanda bahwa jantung Anda sedang dilatih agar lebih kuat.

Dilansir dari Hellosehat, sebuah studi menunjukkan bahwa berlari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah (kadar LDL) dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga menyehatkan jantung.

2 dari 9 halaman

Mengelola Stres

di tempat kerja

Shutterstock

Rajin olahraga lari dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan berdampak baik pada kualitas hidup. Selain itu, rajin berolahraga lari juga dapat menurunkan risiko depresi.

Ini dikarenakan pada saat seseorang berlari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang mampu berinteraksi dengan reseptor di otak untuk mengurangi persepsi tentang rasa sakit. Hormon tersebut akan memicu perasaan positif di dalam tubuh.

3 dari 9 halaman

Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

tinggi

2016 Merdeka.com

Salah satu manfaat olaharaga lari yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dilansir dari Doktersehat, menurut American Heart Association, olahraga lari selama lima menit atau 15 menit berjalan cepat dalam sehari dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes sebanyak Andak berlari.

Oleh sebab itu, rajinlah olahraga lari agar tubuh tetap sehat. Olahraga lari dapat menurunkan tekanan darah tinggi apabila dilakukan secara rutin.

4 dari 9 halaman

Menjaga Berat Badan

badan

elembarazo.net

Olahraga lari secara rutin dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh. Seseorang yang malas berolahraga, maka kalori dari makanan yang ia konsumsi akan menumpuk dan mengakibatkan berat badan naik.

Olahraga lari merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan. Dengan berolahraga lari secara rutin, penumpukan lemak dan ekstra kalori dapat terhindar dan berat badan akan lebih terjaga.

5 dari 9 halaman

Meningkatkan Memori

002 siti rutmawati

alvaradoconsultinggroup.com

Dilansir dari Doktersehat, manfaat olahraga lari lainnya yaitu dapat meningkatkan ingatan. Sebuah studi di University of British Columbia tahun 2014 mengungkapkan bahwa melakukan olahraga lari dan aerobik secara teratur dapat meningkatkan ukuran hippocampus.

Hippocampus merupakan area otak yang terlibat dalam memori verbal dan kognitif. Bahkan olahraga lari dengan treadmill dapat mencegah gejala Alzheimer. Oleh sebab itu, lakukan olahraga lari secara rutin untuk meningkatkan memori otak.

6 dari 9 halaman

Menguatkan Otot Kaki

ilustrasi lari

Shutterstock/l i g h t p o e t

Manfaat olahraga lari lainnya yaitu meningkatkan fungsi dan kekuatan otot-otot kaki. Ketika Anda melangkah lebih cepat, maka otot akan semakin fleksibel bergerak.

Selain itu, kemampuan otot untuk memenuhi persediaan oksigen selama latihan pun juga akan meningkat. Oleh sebab itu, rajinlah olahraga lari agar kekuatan otot kaki semakin meningkat.

7 dari 9 halaman

Mengurangi Risiko Jantung Koroner

sehat

www.express.co.uk

Dilansir dari Alodokter, berlari lebih dari 16 km per minggu dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, dengan olahraga lari, kadar trigliserida dan lemak dalam tubuh dapat berkurang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin olahraga lari dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain berolahraga secara rutin, Anda juga harus melakukan gaya hidup sehat.

8 dari 9 halaman

Meningkatkan Stamina

ilustrasi wanita olahraga

Shutterstock/Maridav

Banyak yang menganggap jika olahraga lari dapat menurunkan stamina. Tetapi faktanya, olahraga lari secara rutin dapat membuat tubuh bugar dan stamina pun membaik.

Hal tersebut karena aliran darah akan tersuplai secara baik ke seluruh tubuh sehingga Anda akan terhindar dari rasa lemas. Dengan olahraga lari secara rutin, Anda akan merasakan manfaat tubuh yang bugar dan stamina membaik.

9 dari 9 halaman

Memperbaiki Kualitas Tidur

011 indra cahya

2016 Merdeka.com

Manfaat lain dari rajin olahraga lari yaitu dapat memperbaiki kualitas tidur. Dilansir dari Doktersehat, studi yang diterbitkan Journal of Adolescent Health tahun 2012 menyebutkan bahwa seseorang yang melakukan olahraga jalan secara teratur di pagi hari menunjukkan peningkatan tidur yang lebih nyenyak.

Olahraga lari dapat mengurangi masalah tidur dengan mengurangi gairah, kecemasan dan depresi. Sehingga seseorang yang rajin olahraga lari akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

(mdk/add)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami