9 Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Baik untuk Masa Pemulihan Pasca Operasi

9 Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Baik untuk Masa Pemulihan Pasca Operasi
TRENDING | 12 Februari 2020 16:06 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Mempunyai hewan peliharaan menjadi hobi banyak orang. Sebab, hewan peliharaan bisa menjadi teman di kala sepi, membuat senyum di kala penat, dan memiliki lebih banyak teman baru dengan sesama pemilik hewan.

Hewan peliharaan layaknya anjing dan kucing dapat dianggap sebagai anggota keluarga, menurut American Psychological Association. Meskipun hewan peliharaan bisa berarti apa saja, sesuai kecintaan seseorang, seperti kelinci, ular, ikan, tupai, burung, dan hewan lainnya.

Selain itu, ternyata punya hewan peliharaan juga memiliki banyak manfaat luar biasa lainnya. Berikut ulasannya dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 9 halaman

1. Terdorong Melakukan Aktivitas Fisik di Luar

ilustrasi bermain dengan hewan peliharaan di pantai

2012 Merdeka.com

Punya hewan peliharaan yang memiliki karakter aktif dan suka bermain, pasti akan memicu Anda untuk ikut andil dalam aktivitas mereka. Entah itu kelinci yang berlarian di halaman belakang, kucing jalan-jalan, tupai butuh berjemur, dan kegiatan hewan lainnya.

Dikutip dari Chopra, mengenai pernyataan resmi dari American Heart Association mengungkapkan bahwa anjing terbukti sekitar 54 persen membantu pemiliknya aktif berolahraga, daripada yang tidak memelihara anjing sama sekali.

Banyaknya kegiatan di luar rumah tentunya baik untuk jiwa bersosialisasi bertemu orang baru, bermain lempar tangkap dengan anjing membuat lebih semangat, meningkatkan kadar vitamin D dan E dari sinar matahari pagi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2 dari 9 halaman

2. Melatih Diri untuk Bertanggung Jawab dan Disiplin

warga roma bawa hewan peliharaan ke acara misa di gereja

2020 AFP PHOTO/FILIPPO MONTEFORTE

Mempunyai hewan peliharaan tentunya memberi tanggung jawab baru bagi pemiliknya. Apalagi bila hal ini terjadi pada anak, punya hewan peliharaan akan mendorong mereka untuk mengenal cara menyayangi hewan, belajar memberi makan, tanggung jawab dengan kondisi hewan, serta disiplin jadwal memandikan dan membersihkan kandangnya.

3 dari 9 halaman

3. Menghilangkan Stres

Manfaat punya hewan peliharaan selanjutnya ialah mampu menghilangkan stres. Dikutip dari hellosehat.com bahwa stres membuat tubuh menghasilkan lebih banyak hormon kortisol, berakibat lemahnya imun, ungkap Blair Justice, PhD, dosen psikologi di University of Texas School of Public Health.

Bermain dengan hewan peliharaan akan menurunkan kortisol, kemudian meningkatkan kadar hormon serotonin, oksitosin, dan dopamin. Oktosin dan dopamine berperan dalam menciptakan rasa bahagia dan rileks. Semakin Anda sering bermain dengan hewan peliharaan, semakin meningkat pula kedua hormon tersebut.

4 dari 9 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat punya hewan peliharaan yang bisa Anda peroleh lagi ialah mampu menyehatkan jantung. Dilansir dari sumber yang sama, punya hewan peliharaan membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, keduanya termasuk pemicu serangan jantung.

Menurut ahli riset, Judith Siegel, PhD mengutarakan bahwa ikatan batin yang kuat antara pemilik dan hewan kesayangannya mampu menurunkan tensi darah tinggi akibat stres.
hewan peliharaan

2020 Merdeka.com


Penelitian yang lain mengungkapkan bahwa pengidap serangan jantung yang punya hewan peliharaan mampu bertahan lebih lama daripada yang tidak punya. Lalu dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology, menunjukkan bahwa pelihara kucing bisa turunkan risiko kematian akibat sakit jantung.

Para pemilik hewan peliharaan dapat menurunkan risiko sakit jantung, risiko obesitas, tekanan darah dan kolesterol, melalui kegiatan fisik yang dilakukan bersama, menurut American Heart Association.

5 dari 9 halaman

5. Baik untuk Pemulihan Pasca Pengobatan Kanker

Manfaat punya hewan peliharaan selanjutnya, mampu membantu meringankan proses pengobatan kanker dan proses pemulihan pasca operasi. Berdasarkan penelitian dari British Medical Journal, anjing peliharaan memiliki kemampuan mendeteksi perkembangan kanker usus tahap awal melalui sampel napas dan fesesnya.

Selanjutnya terapi dengan dampingan hewan peliharaan berpotensi membantu percepat penyembuhan kanker. Bermain dengan hewan kesayangan bisa membuat pikiran lebih tenang, nyaman, sekaligus meredakan nyeri di masa pemulihan.

6 dari 9 halaman

6. Menurunkan Risiko Alergi

hewan peliharaan

2020 Merdeka.com


Hasil riset oleh Clinical & Experimental Allergy, mengungkapkan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama binatang berbulu di rumah, seperti anjing dan kucing, cenderung tahan alaergi bulu-bulu hewan. Dibandingkan anak lain yang tidak punya hewan peliharaan sama sekali.

Dari hellosehat.com, berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang punya hewan peliharaan berbulu, lebih rendah terkena risiko alergi dan asma, menurut James E. Gern, MD, dokter anak di University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat.

7 dari 9 halaman

7. Perluas Interaksi Sosial

Masih dari kutipan yang sama, dari jurnal PLoS One mengungkapkan bahwa interaksi dengan orang lain dan tetangga jadi lebih terbuka bagi yang memelihara anjing atau kucing, daripada yang tidak memelihara sama sekali.

Keberadaan hewan peliharaan mampu memecah kondisi untuk membentuk pertemanan baru. Dalam sebuah studi dari University of Missouri-Columbia, AS, anjing terbukti membantu anak-anak penderita disabilitas mental untuk membuka ikatan dengan teman-temannya.

8 dari 9 halaman

8. Mengoptimalkan Kerja Otak

penyakit mental manusia yang juga dialami binatang peliharaan

2019 listverse.com

Mengutip dari hellosehat.com manfaat punya peliharaan ternyata juga ikut mengasah kemampuan otak untuk belajar atau bekerja. Ternyata punya peliharaan di rumah bisa membantu menajamkan fungsi kognitif otak.

Fungsi kognitif otak melingkupi kemampuan berpikir, memecahkan masalah, mengingat, memperhatikan, membuat keputusan, hingga berbahasa.

9 dari 9 halaman

9. Mengurangi Rasa Sakit di Masa Pemulihan Pasca Operasi

ilustrasi operasi

2012 Shutterstock/vadim kozlovsky

Masih dari kutipan yang sama, keberadaan hewan peliharaan sebagai penghilang sepi dan penghapus pelipur lara, ternyata bermain dengan mereka juga membantu mengurangi rasa sakit.

Sebuah penelitian dari data jurnal Anthrozoos, bahwa seseorang yang menghabiskan waktu sekitar 15 menit bermain bersama anjing usai operasi penggantian sendi, lebih sedikit mengonsumsi obat antinyeri.

Pasien yang tidak didampingi hewan peliharaan justru mengonsumsi obat pereda lebih sering.

Itulah beberapa manfaat punya hewan peliharaan yang patut diketahui. Mulailah untuk lebih menyayangi hewan peliharaan Anda dengan memberi tanggung jawab penuh dan bermain bersama. Semoga bermanfaat.

(mdk/kur)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami