9 Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga, Jangan Anggap Sepele

9 Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga, Jangan Anggap Sepele
Ilustrasi lemas. ©shutterstock.com/Jochen Schoenfeld
TRENDING | 22 Maret 2021 13:49 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah

Merdeka.com - Penyebab badan lemas tak bertenaga perlu Anda ketahui. Badan yang lemas tak bertenaga dipengaruhi oleh masalah psikis dan fisik seseorang. Badan yang lemas dan tak bertenaga tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang, bahkan bisa sampai berpengaruh pada performa kerjanya.

Meski biasanya terjadi di area tubuh tertentu seperti lengan dan kaki, tetapi tak jarang kondisi tersebut juga menjalar ke seluruh tubuh. Penderita badan lemas pun akan mengalami tremor, kesulitan menggerakkan tubuh, hingga merasakan kedutan pada area yang lemas.

Penyebab badan lemas tak bertenaga perlu Anda perhatikan agar tidak memunculkan penyakit lainnya. Badan yang lemas karena faktor psikis terjadi saat Anda merasa lemas karena adanya gangguan psikologi. Sementara badan yang lemas karena masalah fisik, disebabkan oleh gangguan dalam tubuh.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang penyebab badan lemas tak berdaya, merdeka.com telah merangkumnya dari liputan6.com. Berikut ulasan lengkapnya.

2 dari 5 halaman

Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga karena Faktor Fisik

Dehidrasi

Dehidrasi menjadi salah satu penyebab badan lemas tak bertenaga karena faktor fisik. Perlu diingat, komponen terbesar dalam tubuh manusia yaitu air.

Jika tubuh manusia kekurangan cairan, maka akan mengalami dehidrasi. Selain itu, pada kondisi kekurangan cairan yang sangat berat, dapat juga menyebabkan penurunan tekanan darah.

Hipoglikemia (Kadar Gula Darah Rendah)

Hipoglikemia berat ialah kondisi di mana gula darah jumlahnya sangat sedikit. Hal ini terutama terjadi pada pengidap diabetes dan kekurangan zat gizi.

Salah satu tanda awal dari hipoglikemia ialah badan lemas, dan jika tak ditangani dengan tepat dapat berakibat fatal pada penderitanya.

3 dari 5 halaman

Gangguan Jantung

Gangguan jantung juga dapat menjadi salah satu penyebab badan lemas. Badan lemas dapat menjadi awal serangan jantung, terutama dialami oleh pasien usai lebih dari 65 tahun serta penderita tekanan darah tinggi atau penyakit gula.

Anemia

Anemia ialah kondisi di mana seseorang kekurangan sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan badan lemas, letih, lesu, hingga gemetaran.

Hal tersebut terjadi lantaran organ tubuh tak mendapat pasokan oksigen yang cukup dari aliran darah.

4 dari 5 halaman

Hipotiroidisme (Kadar Hormon Tiroid Rendah)

Hipotiroidisme juga menjadi salah satu penyebab badan lemas tak bertenaga. Penyakit tiroid ini lebih sering terjadi pada perempuan dibanding laki-laki, dan umumnya ditandai dengan bentuk kupu-kupu kecil di depan leher.

Flu

Meski kadang dianggap sepele, tetapi flu juga menjadi salah satu penyebab badan lemas tak bertenaga. Kondisi tubuh seseorang yang menderita flu biasanya akan melemah, lemas, dan tidak bertenaga. Kondisi ini wajar karena imunitas tubuh sedang melemah.

Selain penyebab-penyebab di atas, badan lemas tak bertenaga juga dapat disebabkan oleh gangguan fisik lain, seperti kurang gizi, kebiasaan konsumsi alkohol, rhinitis alergi, kehamilan, kehilangan banyak darah saat menstruasi, Rheumatoid arthiritis, diabetes tipe 2, hingga kanker.

Tak hanya itu, efek samping dari obat-obatan seperti obat alergi, flu, obat penenang, hingga obat bius juga dapat menjadi penyebab badan lemas tak bertenaga.

5 dari 5 halaman

Penyebab Badan Lemas Tak Bertenaga karena Faktor Psikis

Kurang Tidur

Penyebab badan lemas tak bertenaga karena faktor psikis, salah satunya yaitu kurang tidur. Tubuh manusia yang terjaga dalam kurun waktu 20 jam sehari, akan rentan mengalami kelelahan ekstrem (apabila dilakukan lebih dari 7 hari).

Selain itu, berbagai gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, hingga tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga.

Depresi dan Gangguan Kecemasan

Depresi dan gangguan kecemasan dapat menjadi salah satu penyebab badan lemas tak bertenaga. Kondisi mental yang terganggu bisa berujung pada lemas dan tak bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

(mdk/add)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini